[WTA] Custom passive vs Equalizer
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 7 of 7
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/131440
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Posts
    51
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 10 Mins 26 Secs

    [WTA] Custom passive vs Equalizer

    bro2,

    supaya cucok di kuping, hi mid & low nya speaker 2 way, mending mana passive X-over nya yg diganti atau selipin equalizer ???

    kalo dalam bayangin gw sih, keunggulan sbb :
    - equalizer lebih bebas di frequensi
    - equalizer bebas dipindah2in ke mobil lain, ganti set speaker

    kalo kelemahannya : kualitas suara dibawah customer passive,

    yg juga kepikiran, soal ketambahan noise & desis di equalizer, soalnya equalizer kan filter aktif (menggunakan tenaga listrik accu), dibandingkan passive x-over yg cuma komponen aja. Tapi bingungnya, di equalizer ini kan bisa input gain 0 dan output gain 0, apa kalo begini noise jadi gak setinggi yg dibayangkan ya ?

    mohon sharing pengalaman & advise para modcomer. Sebelumnya nubie ucapkan terima kasihhhh :smt033

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Jendral
    Location
    Mega Glodok Kemayoran Lt.6 B2/9-10 jakarta pusat
    Posts
    35,046
    Power
    84 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 11 Hrs 46 Mins 48 Secs
    Quote Originally Posted by pac View Post
    bro2,

    supaya cucok di kuping, hi mid & low nya speaker 2 way, mending mana passive X-over nya yg diganti atau selipin equalizer ???

    kalo dalam bayangin gw sih, keunggulan sbb :
    - equalizer lebih bebas di frequensi
    - equalizer bebas dipindah2in ke mobil lain, ganti set speaker

    kalo kelemahannya : kualitas suara dibawah customer passive,

    yg juga kepikiran, soal ketambahan noise & desis di equalizer, soalnya equalizer kan filter aktif (menggunakan tenaga listrik accu), dibandingkan passive x-over yg cuma komponen aja. Tapi bingungnya, di equalizer ini kan bisa input gain 0 dan output gain 0, apa kalo begini noise jadi gak setinggi yg dibayangkan ya ?

    mohon sharing pengalaman & advise para modcomer. Sebelumnya nubie ucapkan terima kasihhhh :smt033
    ini mksd nya bukan equalizer kale, tapi active crossover yah
    karena equalizer bukan untuk cutting freq speaker, cuma buat merapi kan freq2 tertentu yg liar....

    jadi sama aja membanding kan antara system maen active apa system maen passive xo nya...

    seperti ini sih uda banyak di bahas bro

    coba simak thread2 lama

    thanks
    Mega Glodok Kemayoran Lt 6 Blok B2 No.9-10
    Kemayoran / Jakarta Pusat
    Tlp.021 99691521

  4. #3
    Kapten
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    2,131
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Days 11 Hrs 37 Mins 8 Secs
    kalo suka suara yang analog, live dan natural, main sistem passive custom XO aja bro.. mantapzzz...

  5. #4
    Kopral Satu
    Posts
    51
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 10 Mins 26 Secs
    @neusounds : oow bener juga ya, pantes banyak tipe equalizer yg skaligus ada feature active xovernya.
    apa kalau di crossover, cut frequensinya lebih besar 6 dan 12 db ? gak tau kalo di equalizer sampe berapa db ya ? kalo sama2 besar jadi gak ada beda dong antara equalizer dgn active xover.

    @potensio : maunya sih analog bro, cuman takut tebel di kuping, tipis di kantong. makanya kepikirin equalizer aja, sperti dibilangnya lebih "rapih". krn pindah speaker & mobil masi bisa kepake.

    sbenernya kasus gw ini, krn suara vokal terlalu dominan dibanding yg lain (instrumen hi & low tone), jadi passive xover nya kurang cucok di kuping.
    gak ngerti kalo sbenernya perlu di passive atau cukup dirapihin pake equalizer, soalnya kuping masi cupu nih.

    makanya kepikir kalo gak selipin equalizer atau passive xover nya yg dioprek oprek.

    thanks

  6. #5
    Kopral Satu
    Posts
    99
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by pac View Post
    @neusounds : oow bener juga ya, pantes banyak tipe equalizer yg skaligus ada feature active xovernya.
    apa kalau di crossover, cut frequensinya lebih besar 6 dan 12 db ? gak tau kalo di equalizer sampe berapa db ya ? kalo sama2 besar jadi gak ada beda dong antara equalizer dgn active xover.

    @potensio : maunya sih analog bro, cuman takut tebel di kuping, tipis di kantong. makanya kepikirin equalizer aja, sperti dibilangnya lebih "rapih". krn pindah speaker & mobil masi bisa kepake.

    sbenernya kasus gw ini, krn suara vokal terlalu dominan dibanding yg lain (instrumen hi & low tone), jadi passive xover nya kurang cucok di kuping.
    gak ngerti kalo sbenernya perlu di passive atau cukup dirapihin pake equalizer, soalnya kuping masi cupu nih.

    makanya kepikir kalo gak selipin equalizer atau passive xover nya yg dioprek oprek.

    thanks
    beda fungsi kali antara xo dan eq. memang bisa dipakai cuman tidak benar, eq gunanya sesuai dengan namanya meratakan suara dari speaker sistem supaya sampai di pendengar dalam kondisi yang relatif flat, atau sesuai dengan selera pendengar, xo di gunakan untuk membagi suara sesuai dengan porsinya, suara rendah ke woofer dan suara tinggi ke tweeter dalam sistem 2 way.
    ada satu alternarif lagi sebenarnya, yaitu penggunaan equaliser pasif. cuman yang ini juga lebih mahal lagi,,,,,,

  7. #6
    Kapten
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    2,131
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Days 11 Hrs 37 Mins 8 Secs
    Quote Originally Posted by pac View Post

    @potensio : maunya sih analog bro, cuman takut tebel di kuping, tipis di kantong. makanya kepikirin equalizer aja, sperti dibilangnya lebih "rapih". krn pindah speaker & mobil masi bisa kepake.

    thanks
    bagus dunk bro, tebel dikuping, tipis dikantong.. kualitas suaranya bagus bener dikuping, tapi duit yg keluar dari kantong cuma sedikit ... hahahhaha...
    yah bro, siapa bilang sih passive XO gak bisa dipake lagi kalo ganti speaker dan/atau mobil.. gw uda 2 kali ganti mobil (dan berkali2 ganti speaker) pasif XOnya tetap yg dulu juga (i.e. gak bikin baru lagi), cuma diadjust/disetting dikit untuk penyesuaian suara aja.. gak repot kok, cuma masalah 15 menit adjustment aja kira2... hehhee..

    Quote Originally Posted by pac View Post
    sbenernya kasus gw ini, krn suara vokal terlalu dominan dibanding yg lain (instrumen hi & low tone), jadi passive xover nya kurang cucok di kuping.
    gak ngerti kalo sbenernya perlu di passive atau cukup dirapihin pake equalizer, soalnya kuping masi cupu nih.

    makanya kepikir kalo gak selipin equalizer atau passive xover nya yg dioprek oprek.

    thanks
    hmm.. masalah cutting freq, slope db, tonal balance.. passive xovernya musti dirubah bro.. pasti beres deh.. ngapain beli equalizer, gak akan dapet kok hasilnya yg bagus krn bukan itu masalah dan solusinya..

  8. #7
    Jendral
    Location
    Mega Glodok Kemayoran Lt.6 B2/9-10 jakarta pusat
    Posts
    35,046
    Power
    84 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 11 Hrs 46 Mins 48 Secs
    Quote Originally Posted by pac View Post
    @neusounds : oow bener juga ya, pantes banyak tipe equalizer yg skaligus ada feature active xovernya.
    apa kalau di crossover, cut frequensinya lebih besar 6 dan 12 db ? gak tau kalo di equalizer sampe berapa db ya ? kalo sama2 besar jadi gak ada beda dong antara equalizer dgn active xover.

    @potensio : maunya sih analog bro, cuman takut tebel di kuping, tipis di kantong. makanya kepikirin equalizer aja, sperti dibilangnya lebih "rapih". krn pindah speaker & mobil masi bisa kepake.

    sbenernya kasus gw ini, krn suara vokal terlalu dominan dibanding yg lain (instrumen hi & low tone), jadi passive xover nya kurang cucok di kuping.
    gak ngerti kalo sbenernya perlu di passive atau cukup dirapihin pake equalizer, soalnya kuping masi cupu nih.

    makanya kepikir kalo gak selipin equalizer atau passive xover nya yg dioprek oprek.

    thanks
    ada beberapa active crossover include equalizer bro....
    yg ber slope 6db, 12db dst nya itu crossover bukan nya qualizer
    crossover guna nya buat cutting freq, sedang kan equalizer buat merapikan peak2 yg terjadi setelah di cutting freq tadi....
    jadi equalizer pun bisa dalam bentuk passive, biasa di sebut series notch filter, respon shaping, zobel, L-pad....cuma yah karena secara passive jelas pembuatan lebih ribet, tapi hasil lebih ciamik.....

    dalam kasus lo di atas itu sih, menurut gw, tonal balance nya belum bener, alias crossover passive nya belum pass tuh bro cutting freq nya, dan setelah itu baru di EQ, karena pasti butuh EQ buat di mobil, baik secara passive EQ atau active EQ

    semoga membantu deh

    thanks
    Mega Glodok Kemayoran Lt 6 Blok B2 No.9-10
    Kemayoran / Jakarta Pusat
    Tlp.021 99691521

  9. 10th October 2009, 07:18

    Reason
    spam! Banned !

 

 
Vkool Mitsubishi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [WTS] passive custom A/D/S 320i/S
    By kdbesi9 in forum Bursa Audio Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 7th June 2012, 22:41
  2. ETON ADVENTURE w ++custom passive++
    By rendy76 in forum Speaker - SubWoofer
    Replies: 0
    Last Post: 7th March 2011, 13:00
  3. JUAL SEGERA-PASSIVE CUSTOM utk 2way!!!
    By ChipiT in forum Bursa Audio Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 5th March 2011, 19:12
  4. Harga custom passive xo
    By hans in forum Diskusi Crossover
    Replies: 25
    Last Post: 26th October 2005, 14:55
Back to top