All About ORD Engineering, Question, FAQ, Tutorial, etc (Updated)
Rgotogel Simota 36Goal.com

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 21 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 202
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/127223
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Kepala
    Location
    Jakarta
    Posts
    656
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 20 Hrs 25 Mins 42 Secs

    All About ORD Engineering, Question, FAQ, Tutorial, etc (Updated)

    Pertama saya bakal posting mengenai :

    Truth and Fact about ORD Engineering
    FAQ ini dibuat untuk menjawab pertanyaan2 seperti,
    - dimana sih alamat bengkel ord? Kok pindah2
    - apa sebenernya bidang usaha ord?
    - ord kok banyak headernya di bengkel knalpot lain?
    - bla bla bla

    1. Dimana sih bengkel ORD.? Mekaniknya siapa.?
    ORD itu bukan bengkel, ORD itu adalah badan usaha Research and Development Independen yang Tidak Terikat Bengkel/Tim balap mana pun.
    Jadi karena bukan bengkel, maka ORD bukanlah kumpulan Mekanik.
    Seperti Endyn (Theoldone.com), Jim Mc Farland (My 1st guru), JG, Tom Dave (TBone of Bristol Dyno), Don Flores Enterprise (his one of my guru also), etc. Mereka independen, tidak terikat tim balap manapun, tapi mereka melakukan riset untuk beberapa mobil drag di amerika.
    Dan tujuan jangka panjang ORD pun berusaha agar menjadi besar seperti mereka dalam hal memiliki fasilitas RnD juga fasilitas Fabrikasi sendiri.

    2.Loh bukan bengkel, bukan mekanik, Lantas ORD itu apa?
    Lebih tepatnya kita bisa dibilang sebagai ”Saintis” behind the Research and Development (RnD).
    Karena di indonesia ini sudah cukup banyak bengkel/mekanik yang sangat kompeten dalam bidangnya masing2, ada yang kapalan dengan honda, mitsubishi, ada yang tangannya fasih banget dalam hal porting, etc2.
    Namun sangat jarang dari mereka yang berkesempatan untuk mempelajari Unseen Silent Power inside 4 strooke engine. Hal tersebut berkaitan dengan pergerakan gelombang dan kecepatan aliran udara yang sangat mempengaruhi Volumetrik Efisiensi yang menjadi dasar bagi POWER suatu mesin.
    Sangat jarang para teknisi/mekanik yang mengetahui mengenai konstanta yang berlaku untuk mendesain mesin mereka, berapa kecepatan aliran udara yang dibutuhkan, berapa cepat rambat pressure wave pada runner, etc, agar sesuai dengan goal setting bagi mesin yang sedang di riset (powerband, Hp and torque goal).
    Padahal hal tersebut adalah pangkal penentu bagi konstruksi :
    -Ukuran Port, Diameter dan Panjang Header, Intake Manifold Dimension, Valve Timing (Cam duration,lobe center, lift etc), Exhaust and Collector Tail Pipe Dimension.
    Nah dalam hal inilah ORD saling bekerjasama sebagai ”Grand Designer” untuk setiap project ORD, dengan Teknisi/Bengkel2 yang menjadi rekanan ORD seperti (AP Speed, Supernova, JT-Sports, Vtec Garrage, dsb2.) yang mana para Rekanan tersebutlah yang put the ”Design” to the Ground.

    3. ORD Sok saintis banget sih ! maksudnya perhitungan2 seperti apa.
    Yep, engineering is a SCIENCE, not a common sense, semuanya dapat diperhitungkan bilamana qt mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dalam gerakan dinamika mesin tersebut. Dan kontribusi terbesar ialah justru dari UNSEEN factor, (faktor2 yang tidak terlihat atau terukur dengan Micrometer/Sigmat/etc). Hal tersebut mencakup Wave Dynamic, Pressure, Velocity, etc. Oleh karena itu disinilah peran SAINS dalam motorsports engineering, qt harus mengetahui cepat rambat gelombang, suhu gas buang, Mach Speed, gelombang pantulan yang bekerja dalam mesin, kecepatan aliran udara, dsb yang terkait dengan volumetric efficiency.
    Dan dalam hal power production, Volumetric Efficiency menyumbang lebih dari 70% daripada 2 hal lainnya yaitu Thermal and Mechanical Efficiency. Namun bukan berarti ORD tidak mendalami Thermal n Mechanical Effisiensi. Dalam file Tutorial 4 stroke tunning yang akan ORD upload nanti, akan terlihat bahwa pembahasan volumetric efficiency sangat jauh lebih banyak dari pada hal lainnya. (ntar ya uploadnya, msh bingung cara uploadnya)
    Nah itulah kenapa Bisimoto lebih menyatakan dirinya sebagai Saintis daripada Mekanik.

    Nah daripada ribet2 ngomongin yang gak keliatan, Gini deh, contoh gampangnya, ada di bawah :

    ORD Engineering tidak pernah membuat Exhaust System yang sama bagi tiap mesin, tiap driving style dan tiap aplikasi. Karena dalam hal Engine Performance “Size does Matter!”. Segala perhitungan manual sampai, simulasi, sampai dengan Layout Design kami perhitungkan satu-persatu sesuai dengan spesifikasi dan aplikasi yang diinginkan customer. Sebagai contohnya ialah dalam proses pembuatan Header the Biggest Power and The Quickest 1.4L N/A Engine in Indonesia (205hp on 1.4L motor) di bawah ini (mesin honda D13B pemegang rekor dan juara nasional berturut-turut 2002-2003 :

    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/exhaustcalculation.jpg

    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/exhaustdescribe.jpg


    side exit (black monster) design after calc :
    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/sideexitblackmonster.jpg

    (sorry filenya ga nyambung, dr d13b ke black monster, words gw soalnya, gw capture atu2 br upload , anyway this just an example, the detail posted latter )

    Nah, dari seluruh proses perhitungan yang complicated tersebut, adakah TUKANG KNALPOT dan MEKANIK yang berusaha melakukan proses perhitungan serumit itu demi customer satisfaction seperti diatas? Atau jangan-jangan mereka bahkan tidak tahu bagaimana menghitung exhaust system yang semestinya? Bahasa umum yang sering kami dengan dari mereka ialah “header panjang buat trek panjang, header pendek buat trek pendek” atau “wah knalpotnya nahan nih” dan juga “tendangan balik-nya kurang nih” (For God Sake!! Do they really know what does OUR 4 Stroke ENGINE REALLY WANTED ???).
    Dalam hal engineering, semua adalah EKSAK, SAINS, jadi jangan menilai berdasarkan common sense, perasaan, etc bila tidak tahu logic behind whats works !!
    Bahkan saking eksak dan SAINSnya 4 Strooke Engineering, ORD bisa memprediksi dengan akurasi 95%, horsepower dan torsi dari mesin yang di bangunnya bahkan sebelum mesin tersebut naik ke atas dyno test. Begitu pula dengan waktu tempuh 201 ataupun 402m mobil tersebut.
    just ask them (Yose, Robet, etc).....

    Begitu pula dengan proses perhitungan untuk melakukan proses porting silinder pada mesin D13B legend tersebut :

    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/portcalc.jpg

    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/PortSimulation.jpg

    Nah, itu baru mesin D13B lho walopun record holder 2.1 (1.400cc) n the biggest hp in 1.400cc, tapi tetap tidak secomplicated black monster , dan itupun baru sekelumit contoh proses perhitungan, baru menyentuh 5-10% dari aspek keseluruhan sebuah mesin apalagi aspek keseluruhan mobil.

    Dari contoh-contoh tersebut dapat terlihat apa Job Desk ORD sebenarnya pada beberapa tim-tim balap yang kita kenal.

    4. Lantas pembagian tugas dan fungsi ORD dalam dunia motorsport beserta workshop2nya seperti apa?
    Gampangnya dibikin skema kerja dasar aja :
    *Untuk hal teknis :
    1. ORD -> 2. workshop/mekanik/teknisi/bengkel/tukang/ -> 3. End User/Owner Mobil Balap.

    Aplikasinya seperti apa ?
    Contohnya dalam engine building :
    1.ORD memberikan konsep pengerjaan, design, itung2an dsb
    2. Mekanik/teknisi menerapkan hasil perhitungan/konsep ORD
    3. End User membeli parts/membayar jasa mekanik/bengkel berikut jasa ORD yang telah dikonsepkan oleh ORD tersebut.

    Begitu pula untuk yang sering beli header dari ORD.
    1. ORD mendisain setiap header sesuai request dr customer
    2. Workshop (YOUR Fab/the best FABS in Indonesia !!, Budi Knalpot, Handoyo Knalpot, Yanto Knalpot, etc, pokoknya yang sering digunakan ORD dah) membuat header sesuai hasil itungan ORD.
    3. End user membeli header yang telah di desain oleh ORD.

    *Untuk management (tinggal di balik aja) :
    End User -> Workshop -> ORD

    1. Race Car Owner membayar fee pada workshop
    2. Workshop membayar fee kerjasama / konsultan pada ORD


    5. ooohh gitu tho… ngerti sekarang, Lantas Workshop affiliate ORD dan kategorinya siapa2 aja

    Nah, dalam hal ini ORD emang agak pilih2, ga semua workshop ORD bisa kerjasama. Karena masalah kecocokan tukar pikiran dan banyak filosofi dan perasaan nasib perjuangan sesama engineer terlibat disini (duuileeehh..)

    1. AP Speed, Imam Choiri/Apre. ORD dan Apre memiliki kebersamaan masa lalu yang cukup panjang selama tahun 2000-2004 waktu sama2 bekerja membangun JT Sports. Bersama AP Speed pula ORD membangun Black Monster milik Yose V Adrian yang berhasil mencatatkan namanya sebagai NA 4 silinder terkencang se Indonesia dengan Horsepower terbesar se Asia Tenggara.

    2. Supernova, Haviedz Pahlevi Muftie/Apit. ORD dan Apit juga punya masa lalu yaaaaannnggg cukup panjang… dari awal lahirnya JT Sport di garasi ORD (Jatiwaringin). hingga JT-Sports sempat Jaya menguasai arena pertarungan Drag Race di 2000-2003. Disini ORD meneruskan project “Black Buluk” milik Robert Gunawan yang terhenti dari ORD-Oeds Engine (Mas’oud) bersama Sunter Motorsport (Ricky Bagol) karena kesibukan dari Sunter Motorsport dan Oeds Engine dalam bidang lain.
    Namun ORD Supernova pun sedang merintis karir baru bagi ”Black Buluk” untuk mendampingi Black Monster untuk saling menumbangkan rekor the fastest NA 4 silinder di Indonesia.

    3. JT-Sports, Bambang Haryanto/Ai. Walaupun bapak Ai sudah tidak berkecimpung dalam dunia motorsports lagi, tapi ORD masih memiliki beberapa project street car bersama Ai. Namun tidak menutup kemungkinan Ai akan kembali pada dunia drag race lagi dalam waktu dekat ini dengan Civic Nouvanya ”The Blue Legend Wutang” Quickest D series in Indonesia 13.1sec.

    4. Polomas Motorsports, Alfret Kurniawan Sondakh. Sudah teruji kemampuan dari pewaris begawan4 stroke Frans Sondakh (Alm) dalam percaturan dunia motorsports. Dan seiring perjalanan waktu dalam tukar pikiran, dan melakukan beberapa kerjasama dengan Polomas.
    ORD belajar banyak tentang dunia Forced Induction dari Alfret. Dalam hal ini, ORD menggunakan kemampuan dan fabricating skill dari Polomas yang sangat apik dalam merancang kit untuk Forced Induction.
    Dalam waktu dekat ini ORD akan melaunching Project E001”nya di Polomas yang di komandoi oleh Vtec Garage untuk ikut dalam pertarungan kelas tercepat se Indonesia, Free For All !!

    5. YOUR Fabrication, Sudiarto, nama yang mulai terkenal dalam dunia Off Road sebagai Custom Fabricator, digunakan oleh Parts M, Tranka, Transmigasindon, etc, yang memiliki welding skill luar biasa, bahkan dapat dikatakan terbaik seindonesia, dimana 8 orang terlatih dipilih untuk melakukan pengelasan pada salah satu fasilitas Aircraft Maintenance Perusahaan Asing, disinilah welder YOUR Fab di akui sebagai the best welder oleh mereka. Bersama YOUR Fab ORD melakukan fabrikasi terhadap barang-barang custom State Of The ART seperti (Race Only Exhaust), Traction Bar, CNC Fabs (Throttle, Intake, Turbo Manifold), Custom Head Porting, dsb.

    6. Duren Sawit Motor, tidak lupa pula ORD mencicipi dunia roda dua dalam drag bike, Duren Sawit Motor yang dikomandoi oleh Alvin Faiz Damanik dan juga Ahmad Fauzan bersama ORD membangun beberapa Yamaha MIO untuk ikut andil dalam dunia Drag Bike.

    Next : 4 Stroke Engine Building and Tuning Tutorial (tapi uploadnya malas, ada yang mau bantuin gak? Disini ga bisa copy paste Rumus2 dari Microsoft Words ya?)


    Dah.. ah cape.. besok lg
    ------------------------------------------

    ngubek2 file photobucket, ketemu result ORD Header beat DC Sports by almost 8hp on top (7.7hp tepatnya) !!
    http://s32.photobucket.com/albums/d4...=ordvsdc--.jpg

    more history could ask sigma speed for dyno records

    regards



    Odie,



    Update :

    Udah nih
    Bisimoto vs ORD




    - - - - - - - - - -

    Stock gk5 full ord exhaust + unichip



    - - - - - - - - - -

    ORD RMF Style
    B20Vtec



    - - - - - - - - - -

    ORD VS DCSports

  2. Jayapoker
  3. #2
    Sersan Kepala
    Location
    Jakarta
    Posts
    656
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 20 Hrs 25 Mins 42 Secs
    EDITTT

    n UPDATE June 2015. (lama ga masuk modcom)

    ORD Engineering, 2013 berubah menjadi ORDExhaust.
    Dan fokus pada exhaust design.

    Jadi Beberapa informasi di thread ini yg belum di update sudah tidak valid.


    More detailnya dimari :


    http://ordexhaust.com/about-us/

    WHAT WE DO?
    We Sell Product line of Exhaust Systems for Automobile and Motorcycle from Headers, Downpipe, Resonator and Muffler.

    We started our Motorsport experienced under ORD Engineering that known to build and design many Record Breaker and National Champion Drag Racing Car and Motorcycle Started from 2000 until 2013. Every our Racing Cars was using our own ORD Exhaust parts. We’ve worked in the past with many National Racing Team such as JT-Sports, AP-Speed, Wisesa Motorsport, Polomas, Nemo Speed Surabaya, Supernova Dasa, and many others well known Racing Team. But then after 2013 , now under ORD Exhaust we’re focus our main interest only on Exhaust system that trully calculated based on our Racing Engineering Experienced, we build exhaust parts for dailly application to High End Race only cars and Motorcycle.

    One thing to add, from 2004 we’re known to sell a custom hand made exhaust system for most Jappanese Car that we named by V1, but in 2013 we starting to the next level by stepping to Machinery Fabrication process with higher and better quality of exhaust items that using unique stainless material and robotic welding. V2 introduced mostly by the use of Unique Stainless steel material for Downpipe, and Muffler. It using Stainless 306 Hairline Finished and constructed in fabrication facilities.

    With the introduction of V2 Product, it doesnt mean the older version V1 that 80% Hand maded were discontinued. It still available, because the V1 still had the capability to be made customized in very wide range of custom specs or unique design.

    In this catalog we introduced all product that we sale :
    V2 Products
    Made with Fabrication Fascilites – Could be customized also for a 10-15 work day period (Mostly for our Downpipe and Muffler product that using Stainless Material)
    V1 Products
    Hand maded – Flexible for wide range custom, for special unique design 5-10 work day period
    Note :

    For special need we could do V1 or V2 that could be tailored for certain use
    We are seller of exhaust parts items, We are not Exhaust AutoWorkshop (bengkel knalpot). Since there is so many Exhaust AutoWorkshop (bengkel knalpot), then we try to be differ from them by specializing our detail in performanced exhaust parts.
    Not all of our items was bolt on or plug and play, since we try to maximized the exhaust potential for your car, so the exhaust parts dimension lenght, diameter, collector position would be adjusted for maximum performance based on our calculation for your engine needs, not based on plug and play mode, especially on Engine Swap car or highly modified or performance oriented car. Its not an easy bolt on and plug and play autoparts. Sometimes need little bit basic knowledge about automotive modification, so you wouldnt get confuse when installing it.

    Www.ORDexhaust.com
    Race Proven Exhaust System
    FB : ORD.Exhausts
    IG : @ORDexhaust

    BBM Channel : c001c2dde

  4. #3
    Kapten
    Location
    selatan dari jakarta [AE92society]
    Posts
    2,445
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 4 Hrs 31 Mins 54 Secs

    Talking

    bagus bener ne tret..!!

    thumbs up 4 bro odi.. :smt023:smt023:smt023

    thx 4 sharing.. ogud ikutan mantau aja ahh...

  5. #4
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 8 Hrs 52 Mins 24 Secs
    edan ribet jg ya wkwkwk
    nah boz klo mesin std gmn tuh kn banya yg mst diukur...

  6. #5
    Sersan Kepala
    Location
    Jakarta
    Posts
    656
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 20 Hrs 25 Mins 42 Secs
    Quote Originally Posted by RiK_Z View Post
    edan ribet jg ya wkwkwk
    nah boz klo mesin std gmn tuh kn banya yg mst diukur...
    sama aja bro, parameternya sama... ntar dah kalo file gw bisa di posting disini, terlihat semua, sample2 nya gw buat dari desin mesin standart sampai jadi ke mesin full race....


    Quote Originally Posted by Be eR Te View Post
    bagus bener ne tret..!!

    thumbs up 4 bro odi.. :smt023:smt023:smt023

    thx 4 sharing.. ogud ikutan mantau aja ahh...
    tengkyu bro...
    makanya bantuin donk kalo ada yang bisa postingin file microsoft word 74 halaman beserta isi2nya : Rumus, gambar, diagram, dsb... biar qt bisa pelajari, bahas, n diskusi tentang engine building (N/A)

  7. #6
    Sersan Dua
    Posts
    281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 8 Hrs 52 Mins 24 Secs
    oh..gt toh bozz...
    file microsoftnya biar org donlod ja boz...wkwkwk
    jd klo mau buat header ord hubungin kemana boz..

  8. #7
    Kapten
    Location
    Bonex, Surabaya
    Posts
    2,664
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Hrs 42 Mins 5 Secs
    Quote Originally Posted by ORDengineering View Post
    Pertama saya bakal posting mengenai :

    Truth and Fact about ORD Engineering
    FAQ ini dibuat untuk menjawab pertanyaan2 seperti,
    - dimana sih alamat bengkel ord? Kok pindah2
    - apa sebenernya bidang usaha ord?
    - ord kok banyak headernya di bengkel knalpot lain?
    - bla bla bla

    1. Dimana sih bengkel ORD.? Mekaniknya siapa.?
    ORD itu bukan bengkel, ORD itu adalah badan usaha Research and Development Independen yang Tidak Terikat Bengkel/Tim balap mana pun.
    Jadi karena bukan bengkel, maka ORD bukanlah kumpulan Mekanik.
    Seperti Endyn (Theoldone.com), Jim Mc Farland (My 1st guru), JG, Tom Dave (TBone of Bristol Dyno), Don Flores Enterprise (his one of my guru also), etc. Mereka independen, tidak terikat tim balap manapun, tapi mereka melakukan riset untuk beberapa mobil drag di amerika.
    Dan tujuan jangka panjang ORD pun berusaha agar menjadi besar seperti mereka dalam hal memiliki fasilitas RnD juga fasilitas Fabrikasi sendiri.

    2.Loh bukan bengkel, bukan mekanik, Lantas ORD itu apa?
    Lebih tepatnya kita bisa dibilang sebagai ”Saintis” behind the Research and Development (RnD).
    Karena di indonesia ini sudah cukup banyak bengkel/mekanik yang sangat kompeten dalam bidangnya masing2, ada yang kapalan dengan honda, mitsubishi, ada yang tangannya fasih banget dalam hal porting, etc2.
    Namun sangat jarang dari mereka yang berkesempatan untuk mempelajari Unseen Silent Power inside 4 strooke engine. Hal tersebut berkaitan dengan pergerakan gelombang dan kecepatan aliran udara yang sangat mempengaruhi Volumetrik Efisiensi yang menjadi dasar bagi POWER suatu mesin.
    Sangat jarang para teknisi/mekanik yang mengetahui mengenai konstanta yang berlaku untuk mendesain mesin mereka, berapa kecepatan aliran udara yang dibutuhkan, berapa cepat rambat pressure wave pada runner, etc, agar sesuai dengan goal setting bagi mesin yang sedang di riset (powerband, Hp and torque goal).
    Padahal hal tersebut adalah pangkal penentu bagi konstruksi :
    -Ukuran Port, Diameter dan Panjang Header, Intake Manifold Dimension, Valve Timing (Cam duration,lobe center, lift etc), Exhaust and Collector Tail Pipe Dimension.
    Nah dalam hal inilah ORD saling bekerjasama sebagai ”Grand Designer” untuk setiap project ORD, dengan Teknisi/Bengkel2 yang menjadi rekanan ORD seperti (AP Speed, Supernova, JT-Sports, Vtec Garrage, dsb2.) yang mana para Rekanan tersebutlah yang put the ”Design” to the Ground.

    3. ORD Sok saintis banget sih ! maksudnya perhitungan2 seperti apa.
    Yep, engineering is a SCIENCE, not a common sense, semuanya dapat diperhitungkan bilamana qt mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dalam gerakan dinamika mesin tersebut. Dan kontribusi terbesar ialah justru dari UNSEEN factor, (faktor2 yang tidak terlihat atau terukur dengan Micrometer/Sigmat/etc). Hal tersebut mencakup Wave Dynamic, Pressure, Velocity, etc. Oleh karena itu disinilah peran SAINS dalam motorsports engineering, qt harus mengetahui cepat rambat gelombang, suhu gas buang, Mach Speed, gelombang pantulan yang bekerja dalam mesin, kecepatan aliran udara, dsb yang terkait dengan volumetric efficiency.
    Dan dalam hal power production, Volumetric Efficiency menyumbang lebih dari 70% daripada 2 hal lainnya yaitu Thermal and Mechanical Efficiency. Namun bukan berarti ORD tidak mendalami Thermal n Mechanical Effisiensi. Dalam file Tutorial 4 stroke tunning yang akan ORD upload nanti, akan terlihat bahwa pembahasan volumetric efficiency sangat jauh lebih banyak dari pada hal lainnya. (ntar ya uploadnya, msh bingung cara uploadnya)
    Nah itulah kenapa Bisimoto lebih menyatakan dirinya sebagai Saintis daripada Mekanik.

    Nah daripada ribet2 ngomongin yang gak keliatan, Gini deh, contoh gampangnya, ada di bawah :

    ORD Engineering tidak pernah membuat Exhaust System yang sama bagi tiap mesin, tiap driving style dan tiap aplikasi. Karena dalam hal Engine Performance “Size does Matter!”. Segala perhitungan manual sampai, simulasi, sampai dengan Layout Design kami perhitungkan satu-persatu sesuai dengan spesifikasi dan aplikasi yang diinginkan customer. Sebagai contohnya ialah dalam proses pembuatan Header the Biggest Power and The Quickest 1.4L N/A Engine in Indonesia (205hp on 1.4L motor) di bawah ini (mesin honda D13B pemegang rekor dan juara nasional berturut-turut 2002-2003 :

    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/exhaustcalculation.jpg

    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/exhaustdescribe.jpg


    side exit (black monster) design after calc :
    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/sideexitblackmonster.jpg

    (sorry filenya ga nyambung, dr d13b ke black monster, words gw soalnya, gw capture atu2 br upload , anyway this just an example, the detail posted latter )

    Nah, dari seluruh proses perhitungan yang complicated tersebut, adakah TUKANG KNALPOT dan MEKANIK yang berusaha melakukan proses perhitungan serumit itu demi customer satisfaction seperti diatas? Atau jangan-jangan mereka bahkan tidak tahu bagaimana menghitung exhaust system yang semestinya? Bahasa umum yang sering kami dengan dari mereka ialah “header panjang buat trek panjang, header pendek buat trek pendek” atau “wah knalpotnya nahan nih” dan juga “tendangan balik-nya kurang nih” (For God Sake!! Do they really know what does OUR 4 Stroke ENGINE REALLY WANTED ???).
    Dalam hal engineering, semua adalah EKSAK, SAINS, jadi jangan menilai berdasarkan common sense, perasaan, etc bila tidak tahu logic behind whats works !!
    Bahkan saking eksak dan SAINSnya 4 Strooke Engineering, ORD bisa memprediksi dengan akurasi 95%, horsepower dan torsi dari mesin yang di bangunnya bahkan sebelum mesin tersebut naik ke atas dyno test. Begitu pula dengan waktu tempuh 201 ataupun 402m mobil tersebut.
    just ask them (Yose, Robet, etc).....

    Begitu pula dengan proses perhitungan untuk melakukan proses porting silinder pada mesin D13B legend tersebut :

    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/portcalc.jpg

    http://i32.photobucket.com/albums/d46/jtsports98/PortSimulation.jpg

    Nah, itu baru mesin D13B lho walopun record holder 2.1 (1.400cc) n the biggest hp in 1.400cc, tapi tetap tidak secomplicated black monster , dan itupun baru sekelumit contoh proses perhitungan, baru menyentuh 5-10% dari aspek keseluruhan sebuah mesin apalagi aspek keseluruhan mobil.

    Dari contoh-contoh tersebut dapat terlihat apa Job Desk ORD sebenarnya pada beberapa tim-tim balap yang kita kenal.

    4. Lantas pembagian tugas dan fungsi ORD dalam dunia motorsport beserta workshop2nya seperti apa?
    Gampangnya dibikin skema kerja dasar aja :
    *Untuk hal teknis :
    1. ORD -> 2. workshop/mekanik/teknisi/bengkel/tukang/ -> 3. End User/Owner Mobil Balap.

    Aplikasinya seperti apa ?
    Contohnya dalam engine building :
    1.ORD memberikan konsep pengerjaan, design, itung2an dsb
    2. Mekanik/teknisi menerapkan hasil perhitungan/konsep ORD
    3. End User membeli parts/membayar jasa mekanik/bengkel berikut jasa ORD yang telah dikonsepkan oleh ORD tersebut.

    Begitu pula untuk yang sering beli header dari ORD.
    1. ORD mendisain setiap header sesuai request dr customer
    2. Workshop (YOUR Fab/the best FABS in Indonesia !!, Budi Knalpot, Handoyo Knalpot, Yanto Knalpot, etc, pokoknya yang sering digunakan ORD dah) membuat header sesuai hasil itungan ORD.
    3. End user membeli header yang telah di desain oleh ORD.

    *Untuk management (tinggal di balik aja) :
    End User -> Workshop -> ORD

    1. Race Car Owner membayar fee pada workshop
    2. Workshop membayar fee kerjasama / konsultan pada ORD


    5. ooohh gitu tho… ngerti sekarang, Lantas Workshop affiliate ORD dan kategorinya siapa2 aja

    Nah, dalam hal ini ORD emang agak pilih2, ga semua workshop ORD bisa kerjasama. Karena masalah kecocokan tukar pikiran dan banyak filosofi dan perasaan nasib perjuangan sesama engineer terlibat disini (duuileeehh..)

    1. AP Speed, Imam Choiri/Apre. ORD dan Apre memiliki kebersamaan masa lalu yang cukup panjang selama tahun 2000-2004 waktu sama2 bekerja membangun JT Sports. Bersama AP Speed pula ORD membangun Black Monster milik Yose V Adrian yang berhasil mencatatkan namanya sebagai NA 4 silinder terkencang se Indonesia dengan Horsepower terbesar se Asia Tenggara.

    2. Supernova, Haviedz Pahlevi Muftie/Apit. ORD dan Apit juga punya masa lalu yaaaaannnggg cukup panjang… dari awal lahirnya JT Sport di garasi ORD (Jatiwaringin). hingga JT-Sports sempat Jaya menguasai arena pertarungan Drag Race di 2000-2003. Disini ORD meneruskan project “Black Buluk” milik Robert Gunawan yang terhenti dari ORD-Oeds Engine (Mas’oud) bersama Sunter Motorsport (Ricky Bagol) karena kesibukan dari Sunter Motorsport dan Oeds Engine dalam bidang lain.
    Namun ORD Supernova pun sedang merintis karir baru bagi ”Black Buluk” untuk mendampingi Black Monster untuk saling menumbangkan rekor the fastest NA 4 silinder di Indonesia.

    3. JT-Sports, Bambang Haryanto/Ai. Walaupun bapak Ai sudah tidak berkecimpung dalam dunia motorsports lagi, tapi ORD masih memiliki beberapa project street car bersama Ai. Namun tidak menutup kemungkinan Ai akan kembali pada dunia drag race lagi dalam waktu dekat ini dengan Civic Nouvanya ”The Blue Legend Wutang” Quickest D series in Indonesia 13.1sec.

    4. Polomas Motorsports, Alfret Kurniawan Sondakh. Sudah teruji kemampuan dari pewaris begawan4 stroke Frans Sondakh (Alm) dalam percaturan dunia motorsports. Dan seiring perjalanan waktu dalam tukar pikiran, dan melakukan beberapa kerjasama dengan Polomas.
    ORD belajar banyak tentang dunia Forced Induction dari Alfret. Dalam hal ini, ORD menggunakan kemampuan dan fabricating skill dari Polomas yang sangat apik dalam merancang kit untuk Forced Induction.
    Dalam waktu dekat ini ORD akan melaunching Project E001”nya di Polomas yang di komandoi oleh Vtec Garage untuk ikut dalam pertarungan kelas tercepat se Indonesia, Free For All !!

    5. YOUR Fabrication, Sudiarto, nama yang mulai terkenal dalam dunia Off Road sebagai Custom Fabricator, digunakan oleh Parts M, Tranka, Transmigasindon, etc, yang memiliki welding skill luar biasa, bahkan dapat dikatakan terbaik seindonesia, dimana 8 orang terlatih dipilih untuk melakukan pengelasan pada salah satu fasilitas Aircraft Maintenance Perusahaan Asing, disinilah welder YOUR Fab di akui sebagai the best welder oleh mereka. Bersama YOUR Fab ORD melakukan fabrikasi terhadap barang-barang custom State Of The ART seperti (Race Only Exhaust), Traction Bar, CNC Fabs (Throttle, Intake, Turbo Manifold), Custom Head Porting, dsb.

    6. Duren Sawit Motor, tidak lupa pula ORD mencicipi dunia roda dua dalam drag bike, Duren Sawit Motor yang dikomandoi oleh Alvin Faiz Damanik dan juga Ahmad Fauzan bersama ORD membangun beberapa Yamaha MIO untuk ikut andil dalam dunia Drag Bike.

    Next : 4 Stroke Engine Building and Tuning Tutorial (tapi uploadnya malas, ada yang mau bantuin gak? Disini ga bisa copy paste Rumus2 dari Microsoft Words ya?)


    Dah.. ah cape.. besok lg
    gue udah baca secara detail boss. tapi justru setting atau bikin mesin balap seharusnya seperti yang anda lakukan sekarang. semua serba eksak dan perhitungan. tidak mengandalkan feeling apalagi coba-coba.
    teknologi memang itu yang jadi acuan sekarang. soft engine building sampe software knalpot sudah seharusnya menjadi sebuah alat bantu tuner.

    yang di lakukan ORD mungkin akan menjadi awal perjalanan dalam dunia tuning di indonesia. sebab semuanya jika ingin kompetitif harus mengarah pada yang ORD lakukan.

    yaah, bukan sok tahu tapi itulah kenyataan.

    di balap motor pun sudah mulai menggunakan software2 engine building dan terbukti ampuh.
    dulu zaman 2-tak software seperti MOTA, TSR, Bimotion dll menjadi kunci performa mesin mumpuni. prediksi power sampai torsi pun akurasinya lumayan tinggi.

    SALUT BUAT ORD



    yg jelas gue tertarik ama softwarenya boss. mantap

  9. #8
    Sersan Mayor
    Posts
    925
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    34 Mins 50 Secs
    mantap lek
    ini maksud nya software gitu ?
    bagi lha aku

  10. #9
    Sersan Kepala
    Location
    Jakarta
    Posts
    656
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 20 Hrs 25 Mins 42 Secs
    Quote Originally Posted by General Lee View Post
    gue udah baca secara detail boss. tapi justru setting atau bikin mesin balap seharusnya seperti yang anda lakukan sekarang. semua serba eksak dan perhitungan. tidak mengandalkan feeling apalagi coba-coba.
    teknologi memang itu yang jadi acuan sekarang. soft engine building sampe software knalpot sudah seharusnya menjadi sebuah alat bantu tuner.

    yang di lakukan ORD mungkin akan menjadi awal perjalanan dalam dunia tuning di indonesia. sebab semuanya jika ingin kompetitif harus mengarah pada yang ORD lakukan.

    yaah, bukan sok tahu tapi itulah kenyataan.

    di balap motor pun sudah mulai menggunakan software2 engine building dan terbukti ampuh.
    dulu zaman 2-tak software seperti MOTA, TSR, Bimotion dll menjadi kunci performa mesin mumpuni. prediksi power sampai torsi pun akurasinya lumayan tinggi.

    SALUT BUAT ORD



    yg jelas gue tertarik ama softwarenya boss. mantap
    betul banget bro... gw memang banyak belajar dari tim2 besar dunia motor indonesia.
    mereka tidak memiliki ego satu sama lain antara mekanik, enginee/saintisnya, tunernya, pembalapnya, semuanya jadi satu dalam satu wadah buat menang.
    lihat mereka, satu sama lain bekerja sama dengan sangat apik.
    lihat manajemen tim BRT, lihat, Benny Djatiutomo, Ibnu Sambodo, mereka engineer, mereka saintisnya, tapi mereka menyerahkan hasil hitungan tsbt pada mekanik2 kepercayaan mereka demi pembagian job desk agar hasil keseluruhannya sempurna.

    Jujur aja, dengan melihat kemampuan teknis dari orang2 tersebut (engineer tim balap besar dunia motorcycle tsb), saya yakin sekali, bila orang2 seperti Benny Djati, Ibnu Sambodo, dsb mendapat fasilitas riset dan dana untuk bikin All Motor Honda atau All Motor apaan kek, mereka bakal ngacak2 dunia mobil.....



    ada beberapa point penting mengenai METHOD OF engine building ini :
    1. Engine Simulator
    memang, engine sims (engine simulator) itu sangat bermanfaat, terlebih lagi software yang digunakan untuk mempelajari "wave action" seperti dynomation dsb, sangat berguna.
    namun qt hanya dapat masakan matang dari software tsbt, qt belum dapat cara memasaknya bila hanya ikut apa kata software tsb,

    2. Course or Lecture .
    oleh karena itu kuliah2 singkat seperti yang di adakan oleh Jim McFarland, tutorial smokey yunick, graham bell, harus mau tidak mau kita pelajari, mereka dapat memberikan rumus2 singkat untuk 4 stroke tuning dan juga perlu agar qt dapat pengetahuan logicnya... tapi rata2 merekapun hanya memberikan RUMUS mentah, tanpa memberi tahu logika sains di balik rumus itu.
    mereka dapat memberikan rumus2 yang terkait dengan :
    -BSFC
    -Vol. Eff
    -BHP n Torque Calc
    -CFM converter (to HP)
    -Exhaust n Intake System Design
    -Cam/Valve Timing
    -etc

    3. Scientific Detail / Reason. (penting, agar qt benar2 menemukan detail dan alasan scientific mengenai isi lecture / rumus2 tsbt.
    maka itu diluar kedua hal tsbt, juga qt harus meriset sendiri dengan berbekal pengetahuan fisika + kimia dan juga resource yang ada terkait dengan penelitian mengenai 4 Stroke engineering, agar qt dapat mengetahui logika sains apa yang ada di balik rumus2 tersebut. qt bisa dapat hal2 tersebut dari penelitian/penemuan yang di catat SAE paper yang dapat qt beli di internet, dan juga biasanya para scientist aircraft suka membagi-bagikan pengetahuan gratis mereka via email bila qt bisa mendekati mereka.

    nah ini setengah dari referensi resource science saya di 2004, yang saya pelajari hingga saya bisa seperti ini (seperti apa sih gw ?? gaya banget !! ) :


    1. Engine Analyzer Pro – Engine Building Software User’s Manual Book, Performance Trends, Inc,. 1997 Edition,. Michigan.
    2. Jim McFarland., AirFlow And Internal Combustion Engine , N2Performance.com , Copyright © 2000.
    3. Jim McFarland., Intake Manifold , N2Performance.com , Copyright © 2000.
    4. Jim McFarland., Parts Integration , N2Performance.com , Copyright © 2000.
    5. David Vizard., How To Build Horsepower Volume 1, S-A Design Books Copyright © 1990.
    6. Willard W.P., Engineering Fundamentals Of The Internal Combustion Engine, Prentince-Hall, Inc, Copyright © 1997 .
    7. Colin R.Ferguson., Internal Combustion Engine – Applied Thermosciences, Jhon Wiley & Sons, Newyork, Copyright © 1980.
    8. How Do Tuned Intake Runner Work On Your Car?, HowStuffWorks., Auto.Howstuffworks.com.
    9. Induction Systems , Grape Ape Racing., Grapeaperacing.com.
    10. Brien A. Selley., Ed Vetter., The EPG And The Aircraft Exhaust System I-IV , EAA Aviation Centre, Okosh.
    11. John Modistach., Fuels .
    12. Haltuner – Air Fuel Mixture Indicator Instruction Manual , Haltech, Sydney.
    13. Michael Dellaney., Advance on Ignition Timing, Team-Integra.Net Copyright © 2003.
    14. Arismunandar., Wiranto., Penggerak Mula Motor Bakar Torak, Edisi 3, ITB , Bandung 1980 .
    15. Marlan Davis , Metallurgy Made Simple – How to Buy The Right Crank, Rods, And Pistons , Hotrod@Primedia, Copyright © 2003 Feb.
    16. Forum oleh Larry Widmer,. Energy Dynamic.,www.TheOldOne.com.
    17. Forum oleh Jim Mcfarland., The Performance Professor., www.N2Performance.com.
    18. Forum Engine & Fuel Engineering., www.Eng-Tips.com.
    19. Engines, Petersen Publishing Company, Copyright © 1995 Edition.
    20. www.PerformanceTrends.com, Performance Trends, Inc Computer Tools for Racers and Engine Builders,. Michigan.
    21. Jim McFarland., Exhausting System , N2Performance.com , Copyright © 2000.
    22. Larry Warren, Alan Ahlstrand dan John H Hayness., Honda Civic Automotive Repair Manual., Haynes Publishing Group Copyright © 1990., Somerset England.

    sebetulnya masih sangat banyak lagi basis knowledge yang saya pakai yang direct langsung dari penelitian2 SAE Paper, namun terlalu complicated buat dibahas disini.

    nah, dengan pengetahuan tersebut, ORD bahkan bisa membuat rumus dan penyederhanaan yang sangat simple dari rumus2 yang bisa kita dapat dari Graham Bell, Jim Mc Farland, etc2.
    Saya pernah merangkum rumus2 njilmet dari Basic Engine Building n Tuning dalam 6 halaman kertas A4 dan sekarang di terapkan langsung oleh teknisi bengkel motor (warisin ilmu lah ceritanya).. dan diapun dengan mudah dapat menerapkannya dengan penyederhanaan tersebut... alhasil motor2 mereka pun sangat luarbiasa hasilnya walopun mereka mekanik baru 2 bulan... (bagi yang dah tau ceritanya diem2 aja yah, ntar hp gw di teror lg disangka calo balap liar )
    Karena toh pada realitanya, rumus2 masakan mateng yang mereka bagikan itupun hanya pendekatan agar mudah di ikuti oleh orang2 awam.. dan yang namanya koki gak akan pernah ngasih resep inti dari makanan mereka tersebut
    Nah itulah perlunya qt mengetahui logic dibelakang rumus2 yang di sajikan oleh para Begawan 4 Tak tersebut, pelajarilah lewat science (Fisika n Kimia).

    4. Find Mentor.
    nah setelah itu baru dengan landasan knowledge Software + Rumus Mentah + Science tersebut, qt benchmark lah dengan bertukar pikiran dengan orang2 yang menerapkannya langsung. hingga saat ini saya bertukar pikiran tentang hal ini belum menemukan orang indonesia yang bisa diajak sharing mengenai hal ini (mungkin saya belom ketemu langsung sama ibnu sambodo, benny djatiutomo, etc), maka hingga sekarang saya baru bertukar pikiran dengan orang2 baik yang mau berbag, beberapa dari mereka saya anggap sebagai Mentor, ente dapat cari mereka di :
    -Jim Mcfarld dari N2Performance.com, email2an aja ama dia, or join forumnya
    -para Automotive engineer di Eng-Tips.com
    -Mentor2 Honda di Honda-Tech.com yang baik bisa di minta pendapat, seperti T-Bone, DonF, D15Beta, Bisimoto, Marc77, dsb
    -dsb2...
    dan ingat, untuk mencari mentor, carilah THE BEST MENTOR IN THE WORLD. dekati mereka para juara2 dunia tersebut, banyak forum yang tersedia, and they have Email isnt it?


    insyaAllah dengan berbekal 4 langkah tersebut qt bisa deh jadi Scientis seperti mereka2 tstb.

    so rangkuman step2nya dari METHODnya :
    1. Engine Simulator
    2. Lecture, get the Formulla (Rumus)
    3. Find the Scientific Reason related with Physic and Chemical Theory from that Formulla
    4. Share with your Mentor


    ngomong2 ada yang mau bantuin posting ga

  11. #10
    Letnan Satu
    Posts
    1,830
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 5 Hrs 35 Mins 1 Sec
    mantap bung odie....!!!!!
    die gw ntar mo mesen header xenia 1300 cc non vvti bs?

 

 
Page 1 of 21 12345 ... LastLast
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 101
    Last Post: 28th March 2010, 21:24
  2. Question
    By Andreganteng in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 17th March 2008, 20:37
  3. Question
    By Andreganteng in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 6
    Last Post: 6th March 2008, 02:15
  4. Question
    By Andreganteng in forum Diskusi Mesin
    Replies: 3
    Last Post: 12th February 2008, 11:41
Back to top