Tritala
RS Speed
Scuto Laminating CK & DRD Rims Center

Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 15 of 37
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/12650
  • Share on facebook
  1. #1
    Mayor
    Posts
    3,260
    Power
    16 
    Online
    1 Mth 3 Wks 1 Day 2 Hrs 6 Mins 56 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Biaya Service Honda (vs. Toyota) Lebih Mahal???

    Di thread lain ada yg menyatakan bhw biaya service Honda lebih mahal daripada Toyota.

    Tapi....

    Ada salah seorang teman saya di milis Honda yg juga memakai Toyota menanyakan ke masing2 beres, ternyata biaya service Camry yg dipakainya masih lebih mahal dibandingkan biaya service Accord utk tahun dan periode service yg sama.

    Honda lebih murah dari Toyota??? Hrs dilihat dulu kenapa...

    Pengalaman saya antara biaya service kedua merek ini, berhubung saya juga selalu pakai kedua merek ini, adalah sama-sama mahal. Namun jangan langsung ngebandingin antara beres Toyota vs. beres Honda (tentunya utk service mobil yg sekelas) secara gamblang, melainkan bandingin langsung biaya service dan parts yg sama/sejenis satu per satu. Biasanya yg bikin mahal di beres Honda adalah krn di sana sering terlalu gampang memasukkan penggantian parts ke dalam daftar kerja service, baik fast maupun slow moving.

    Misalnya, utk mobil Toyota keluaran terbaru, bahkan sekelas Avanza sekalipun, jika menggunakan oli berkualitas mereka berani merekomen penggantian oli sd. 10.000 Km. Tapi kalo bengkel Honda, kadang2 ada beres yg seenaknya aja memperlakukan oli hi-grade ataupun yg lower grade disuruh ganti per 5.000 Km.

    Trus, ada lagi... Kampas rem yg udah dipakai selama 40.000 Km dan masih tersisa 25% kalo lihat dari ketebalannya, dibilang udah tipis dan harus diganti. Padahal kalo dari hitung2an 40.000 Km = 75%, berarti sisa kampas rem tsb masih bisa bertahan paling gak 13.000 Km lebih lagi, shg kalopun diganti pas service 50.000 masih bisa. Menurut pengalaman saya yg seperti ini sering terjadi di beres Honda. Sedangkan di beres Toyota lebih rasional, krn kalo seperti ini mrk tidak akan langsung mengganti kampas rem dan menyarankan hanya diganti nanti, di perkiraan Km yg lebih tepat.

    Ada lagi...

    Penggantian shock absorber... Dulu mobil CR-V saya krn bocor shock depannya, dgn enak aja beres Honda ngerekomen diganti shock tsb lengkap sekaligus dgn per/spring dan supportnya dgn alasan kalo gak diganti komplit nanti bunyi2. Lah!!! Saya kan sengaja gak mau pake per standar krn keras dan udah diganti dgn Eibach!!! Masa hrs beli lengkap dgn per nya? Padahal, setelah ditanya lebih lanjut, saran mrk ini ternyata krn tiap beres Honda diharuskan punya stock spare part shock depan CR-V tsb dlm keadaan komplit secara utuh, bukan hanya shocknya saja. Kalo mau ganti shock nya aja, mrk hrs order dulu ke pusat spartpart mereka.

    Penggantian kipas electric... Juga terjadi pada CR-V saya. Berhubung kipas electric nya udah lemah dan hrs diganti, saya menyetujui saran penggantian ini. Tapi ternyata berhubung beres hanya punya stock kipas electric ini dlm keadaan utuh yaitu komplit motor, kipas, dan housing-nya, maka saya terpaksa ganti keseluruhan parts ini yg tentunya bikin keluar duit lebih banyak. Padahal, ini hanya krn beres tsb sedang tidak punya stock spare part yg berupa motor electric-nya saja.

    Gebleg kan kalo begini!!! Masa kita hrs membayar mahal krn mrk gak punya stock spare part yg tepat??!?!?! :smt013

    Jadi, utk yg pakai Honda dan service di beres, mending teliti dulu item per item service order dan penggantian parts yg dilakukan. Jangan asal ngikutin omongan orang bengkel.

    Tapi ada juga praktek di beres Toyota yg bikin murah biaya service namun jangan langsung kita setuju utk diikuti. Contohnya oli matic mobil Toyota saya direkomendasikan utk diganti tiap 80.000 Km. Walau secara teori mungkin bisa, tapi kenyataannya kalo baca media di cetak, mobil2 matic di negara kita ini yg terlalu ngikutin anjuran beres yg ngerekomendasikan pergantian oli matic yg lama seperti ini justru adalah yg paling sering nantinya mengalami masalah transmisi matic. Mobil2 Eropa yg katanya oli maticnya bisa dipakai lifetime juga pada kenyataanya justru adalah yg mengalami kerusakan pada transmisi matic nya. Jadi... Mending saran beres (lebih tepatnya malahan ini adalah saran dari ATPM) yg seperti jgn diikuti. Kalo saya sih ganti oli matic paling gak tiap 20.000 Km. Malahan kalo yg udah CVT, biar awet saya ganti tiap 10.000 Km.

    Jadi kesimpulannya gimana? Mahal mana antara biaya Honda vs. Toyota??? Kalo saya bilang sih sama aja. Relatif lah! Lebih tepat hrs dilihat item per item. Makanya teman saya yg membandingkan antara service Camry miliknya vs. Accord seperti yg saya tulis di atas bisa mengetahui bhw lebih justru murah Accord, krn dia membandingkan langsung item per item, bukan keseluruhan/secara kasar. Dan di sisi lain juga banyak yg mengalami bhw service mobil Honda nya lebih mahal ketimbang mobil Toyota nya.

    Namun... Kalo dibandingkan dgn mobil Suzuki, tentunya yg sekelas, utk service yg setara juga, dari perbandingan yg saya lakukan dgn teman yg memakai mobil merek Suzuki, saya hrs mengakui bhw biaya service Suzuki lebih murah dari Honda dan Toyota.

  2. Giro Modcom 728x90 Dalam Thread
  3. #2
    Mayor
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    4,897
    Power
    Online
    8 Hrs 15 Mins 37 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Betul juga seh oom....

    tapi kalo menurut saya..... dari biaya service antara honda dan toyota lebih murah honda sepertinya........

  4. #3
    Mayor
    Location
    WTC Mangga 2 pasar onderdil c2 829-830
    Posts
    4,769
    Power
    93 
    Online
    1 Day 2 Hrs 47 Mins 10 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    thx infonya....
    i will be more carefull....
    www.auto-seats.com
    087788348068,23b3d12f
    Leather Seat Specialist

  5. #4
    Dua2 nya mahal.

    Toyota murah..? Coba tanya biaya service Camry, Crown, Landcruiser. Ternyata sama aja dgn BMW sekalipun.

    Toyota terkesan murah khan karena image dari service kijang Non Innova nya dulu relatif murah. Kalo sekelas kijang khan dulu Honda nggak punya mobil. Kalo mobil sekelas mah pasti sama aja mahalnya. Carry vs Accord, Stream vs Wish, CRV vs Fortuner, City Vs Vios, Civic vs ALtis.. Jgn dibandingin Kijang vs Stream.

    Tapi kalo menurut gw, BERES mah kagak ada yg masuk akal harganya. Garansi diperpanjang 3 thn, tapi harus service rutin dan nggak boleh diotak-atik bengkel diluar ATPM... ini khan jaring2 laba2 yg menjerat. Tapi kadang konsumen nggak sadar dia udah terperangkap.

  6. #5
    Mayor
    Location
    sumbagteng
    Posts
    4,841
    Power
    Online
    1 Day 13 Hrs 43 Mins 47 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    kalo kita menghitung biaya service adalah biaya jasa yg kembali kepada konsumennya sendiri apakah kritis dan mengerti apa yg rusak pada kendaraannya dan tergantung tempat servis..soal spare part menurut gw, honda jauh lebih murah dibanding toyota dan mitsubishi serta mercy sekalipun yg terkenal mahal justru lebih murah dibanding toyota dengan rentang tahun yg baru

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    california
    Posts
    12,500
    Power
    16 
    Online
    1 Wk 4 Days 14 Hrs 3 Mins 35 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    makanya kalao servis gw ga pernah di beres....gw ke oil center atau aftermarket aja.....jatoh2nya lebih murah,bebas biaya servis dan lain sebagainya...

  8. #7
    Kolonel
    Location
    bandung
    Posts
    9,594
    Power
    Online
    14 Hrs 21 Mins 47 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    ini alesannya gw g pernah ke beres......mahal...tp sama ajah sih kl gw bilang mah antara honda ato toyota....cm gara2 imej kijang sebelum inova ajah yg bikin toyota punya kesan lebih murah....

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    dihatimu
    Posts
    6,954
    Power
    Online
    1 Hr 17 Mins 47 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    tp ga banding2in harga servis avanza 1.3 lama non vvti ama stream 2.0L ga beda jauh2 amat...

    ya emang sih mahalan yang stream..
    tp ya itukan udah 2000cc trus ivtec..
    lah avanza, 1300cc EFI...

    bener kata bos aidil...
    kita mesti jeli milih2...

    namanya orang bengkel..
    maen "ganti" aja muluu,,,

    gw pengalaman di beres honda..
    tiap ganti oli (5000km), jg ganti oil filter...
    trus pas gw ngobrol2 ama mekanik honda..
    kata dia... filter oli ganti tiap 10rb-15rbkm...
    itu juga tercantum di label nya...

    dasar!

  10. #9
    Mayor
    Posts
    3,260
    Power
    16 
    Online
    1 Mth 3 Wks 1 Day 2 Hrs 6 Mins 56 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Oh iya baru keinget kalo ngomongin oli...

    Salah satu yg bikin perawatan mobil Honda terkesan lebih mahal adalah beres Honda yg keterlaluan dlm ngambil keuntungann dari oli. Utk jenis oli yg sama, beres Honda lebih mahal dari Toyota.

    Makanya, kalo saya sih ttg oli ini, udah gak mau lagi ganti di beres.

    Jadi, penting utk bisa milih2 tempat perawatan mobil sesuai dgn kebutuhan perawatannya. Jangan terlalu mengandalkan beres utk semua urusan. Misalnya mau spooring/balancing... Ya di bengkel khusus spooring/balancing, mau ganti oli... Ya di bengkel khusus ganti oli, dll. Tapi tentunya kita hrs tau bengkel2 tsb adalah bengkel yg teruji kinerja montir2nya dan keaslian produk2 yg dijualnya.

    Hal seperti ini sering jadi bahan diskusi di milis2. Dan setelah di-tanya2 ke pihak yg kompeten, baik utk Honda maupun Toyota, garansi masih tetap berlaku walau kita tidak mengganti oli di beres, asal kita tetap datang ke beres utk service sesuai jadwal.

  11. #10
    Brigadir Jendral
    Posts
    12,197
    Power
    130 
    Online
    1 Day 17 Hrs 26 Mins 18 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    2-2nya sama mahal
    terutama di jasa

    untuk part oli mending bw oli dr luar ( ini ud pernah gw laku-in ).
    bli oli diluar jauh lebih murah dibanding "beres"

    klo udah abis garansi, menurut gw mending service di bengkel non beres, tapi yg bisa dipercaya

    gw pernah tune up new city
    ~ eletronik full scan ( bener ga nih namanya )
    ~ cek semua rem
    ~ slap cakram
    ~ ganti oli TOTAL Quartz 10/40

    cuma abis 400-rb an

    gw pernah nanya sebelumnya di beres
    buat cek rem aja, biayanya 200 rb
    blum tune up
    blum ganti oli

    walah....walah.......

  12. #11
    Letnan Kolonel
    Location
    Rotterdam
    Posts
    5,408
    Power
    11 
    Online
    1 Wk 3 Days 18 Hrs 1 Min 10 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    iy juga sih kalo jasanya emang lebih mahal dari bengkel nonres. tapi gw emang ga kenal bengkel honda yg bisa dipercaya si d bdg, selain beres..

  13. #12
    Sersan Mayor
    Location
    bintaro V -> jurangmangu ->pondok karya -> kreo
    Posts
    924
    Power
    Online
    16 Hrs 33 Mins 51 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    setahu gw sih honda ganti ga cuman satu part tapi lengkap (seperti yg disebut diatas bukan satu kipas aja) sebenernya buat menjaga kualitas dia ndiri ...... ini kata temen gw yg kerja di honda lho

  14. #13
    Sersan Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    817
    Power
    Online
    4 Hrs 43 Mins 19 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Kalo menurut gw mahal engga nya juga servis di Bengkel Resmi tergantung kita perhatiin part2 apa saja yg perlu di ganti atau tidak. Tapi buat mobil yg masih baru dan ada garansi yah sebaiknya service di Bengkel Resmi, karena tiap mobil baru pasti tidak ada yg sempurna. Biar aman emang selama garansi yah servis di Bengkel Resmi, Krena gw pernah ngalamin Shock gw belakang mati dan minta ganti yg baru waktu KM 15000an kalo ga salah, trus ada selang rem bocor di ganti baru juga.
    Alpine 9855 ; Twt Acoustic Research (AR) ; Mid Vifa TC18SG49 ; Custom Passive by Jentzen ; Venom 4.100 ; Venom 500.2 ; VENOM VC - 1.8F ; 2xRF P1 ; Van Den Hul Wiring
    http://i19.photobucket.com/albums/b155/ventorxxx/poco2.gif

  15. #14
    Kalo soal oli gw setuju banget
    Misalnya gw pernah tanya oli shell plus yang di pasaran kr 45-50rb@liter kalo di beres honda dijualnya 75rb@liter
    Mahalll banget man!

  16. #15
    Letnan Kolonel
    Location
    dihatimu
    Posts
    6,954
    Power
    Online
    1 Hr 17 Mins 47 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    oiya...ada yang tau beres honda yang bisa bawa oli sendiri gak???
    setau gw di honda fatmawati gak bisa...

    yang bisa di honda kalimalang...

    trus kemarin gw iseng nyoba servis ke honda clinic..
    harganya lebih murah,, dan gw puas banget ama hasilnya..!

    mungkin bisa jadi bengkel cadangan selain beres...
    gw taunya dari milis2

    he3

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
TimeAttack Mistershine Otostereo

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Toyota Recall Yaris Hingga Camry Tanpa Biaya
    By agoesvitara in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 30
    Last Post: 31st July 2013, 08:43
  2. Mobil Murah Agya Versi TRD Lebih Mahal 10 Jutaan
    By AutechVersion in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 36
    Last Post: 9th October 2012, 13:17
  3. Mahal Oli, BBM, atau Biaya Maintenance Mesin?
    By amsoil_jakarta in forum Diskusi Mesin
    Replies: 11
    Last Post: 16th May 2011, 10:27
  4. WTB> per untuk toyota yaris . yang ga trlalu mahal.
    By blitzmegaplex in forum Per & Shockbreaker
    Replies: 3
    Last Post: 2nd March 2010, 19:08
  5. Harga di Indo jauh lebih mahal.
    By Victor Pribadi in forum Diskusi Power Amplifier
    Replies: 62
    Last Post: 28th August 2007, 02:16
Back to top
Silikon Motorsport
Street Race Rajawali