[ASK] Turbo vs N/A
Scuto Laminating Simota Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/11896
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Kepala
    Posts
    530
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 3 Mins 24 Secs

    [ASK] Turbo vs N/A

    Hello modcomers.

    gw pgn nanya.
    1. Maksud turbo dgn boost 1 bar itu apakah sama aja dengan nambahin kompresi mesin sebesar 1 bar di ruang bakar? Maksudnya gini, kalo kompresinya 11 bar setelah boost maksimal turbo sebsar 1 bar maka kompresinya saat boost menjadi 12 bar, bener atau enggak?

    2. Kalo bener, apakah masih kencengan mobil dgn mesin std tapi kompresinya ditinggiin? misal boil std dgn kompresi 11 trus ditinggiin jadi 12, dibandingin ma boil dgn kompresi 11 dan dikasih turbo dgn max boost 1 bar. Secara spek turbo sebelum boostnya kompresinya lebih rendah dan ada hambatan pada exhaust sistemnya.

    thanks all, sori kalo salah konsep, masih newbie nih. CMIIW

    Thanks

  2. Hokinusa
  3. #2
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    gak bs disamain bos...

    bar atau psi itu tekanan udara berbading dengan tekanan atmosfir.

    udara hembusan turbo memampatkan udara jauh diatas kemampuan mesin N/A ngambil udara dari vakum pas piston turun... N/A ngandelin kompresi tinggi n udara dengan kemampuan mesin itu sendiri yang diimbangi dengan bahan bakar sesuai air-fuel ratio... makanya N/A itu "Normally Aspirated"

    klo turbo, tekanan udara udah seperti diistilahkan doping udara dimana udara dijejelin masuk ke ruang bakar diatas kemampuan mesin itu sendiri nyanggup ngambil... karena ada isitilah "dijejelin udara melebihi kemampuan mesin" makanya setiap turbo pasti dilenkapi sm wastegate baik internal maupun eksternal. ini supaya gak ada namanya "kelebihan udara saat turbo spool diatas kemampuan mesin, jadi udara masuk bisa diatur brp bar/psi yg masuk... istilahnya "overboost"

    kendala turbo cm lag... ini terjadi dimana turbo blm spool n udara dengan kemampuan mesin yg masuk dengan kompresi rendah dan exhaust yg dihalangi sm turbo... tp klo udah spool, tekanan balik dari hambatan di exhaust udah gak ada... makanya tuning mesin turbo pengennya ngurangin lag sebisa mungkin...

  4. #3
    Mayor
    Posts
    4,916
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 56 Mins 16 Secs
    Quote Originally Posted by kambingbiru
    gak bs disamain bos...

    bar atau psi itu tekanan udara berbading dengan tekanan atmosfir.

    udara hembusan turbo memampatkan udara jauh diatas kemampuan mesin N/A ngambil udara dari vakum pas piston turun... N/A ngandelin kompresi tinggi n udara dengan kemampuan mesin itu sendiri yang diimbangi dengan bahan bakar sesuai air-fuel ratio... makanya N/A itu "Normally Aspirated"

    klo turbo, tekanan udara udah seperti diistilahkan doping udara dimana udara dijejelin masuk ke ruang bakar diatas kemampuan mesin itu sendiri nyanggup ngambil... karena ada isitilah "dijejelin udara melebihi kemampuan mesin" makanya setiap turbo pasti dilenkapi sm wastegate baik internal maupun eksternal. ini supaya gak ada namanya "kelebihan udara saat turbo spool diatas kemampuan mesin, jadi udara masuk bisa diatur brp bar/psi yg masuk... istilahnya "overboost"

    kendala turbo cm lag... ini terjadi dimana turbo blm spool n udara dengan kemampuan mesin yg masuk dengan kompresi rendah dan exhaust yg dihalangi sm turbo... tp klo udah spool, tekanan balik dari hambatan di exhaust udah gak ada... makanya tuning mesin turbo pengennya ngurangin lag sebisa mungkin...
    Turbolag? is foreplay :smt003
    Lancer 4g63T AWD MANTAP 11.4s 346WHP
    Galant 4g63T AWD MANTAP 11..s 423WHP
    Galant 6a13 std+unichip 190HP 250Nm

  5. #4
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    3,702
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    wah kg ngarti..?!#$%^&
    hehe

  6. #5
    Sersan Kepala
    Posts
    530
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 3 Mins 24 Secs
    Hmmm, maksud gw bukan cara mendapatkan kompresinya. Off course itu bedanya N/A dengan Turbo.

    Maksud gw apa yang terjadi dalam mesin saat udah full boost. Misal, kalo N/A kompresinya 12 bar kan setiap saat udara n bahan bakar dibakar dengan kompresi 12 bar.

    kalo turbo kompresi sblm boost/spool kan misal 11 bar. Nah saat turbonya spool/boost di 1 bar apakah kompresi dalam mesinnya sama dengan 11 bar + 1 bar = 12 bar, atau lebih dari 12 bar?

    Atau misalnya kompresinya 11 bar trus dijejelin turbo 2 bar, apakah saat max spool kompresi mesin jadi 11 + 2 bar =13 bar? atau bukan gitu yang terjadi?

    CMIIW
    Thanks

  7. #6
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    setau gw satuan kompresi mesin bukan dalam bar deh,makanya gak bisa dibandingin dengan satuan bar-nya turbo

  8. #7
    Kapten
    Location
    Bandung
    Posts
    2,808
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 16 Mins 39 Secs
    Quote Originally Posted by VVT
    Hmmm, maksud gw bukan cara mendapatkan kompresinya. Off course itu bedanya N/A dengan Turbo.

    Maksud gw apa yang terjadi dalam mesin saat udah full boost. Misal, kalo N/A kompresinya 12 bar kan setiap saat udara n bahan bakar dibakar dengan kompresi 12 bar.

    kalo turbo kompresi sblm boost/spool kan misal 11 bar. Nah saat turbonya spool/boost di 1 bar apakah kompresi dalam mesinnya sama dengan 11 bar + 1 bar = 12 bar, atau lebih dari 12 bar?

    Atau misalnya kompresinya 11 bar trus dijejelin turbo 2 bar, apakah saat max spool kompresi mesin jadi 11 + 2 bar =13 bar? atau bukan gitu yang terjadi?

    CMIIW
    Thanks
    ya intinya mbl dgn spek NA, misal kompresi 12..
    dgn turbo kompresi 8.5 bsa aja menjadi 12 pada saat di boost gede..
    tp bkn brarti kompresi 8.5 di boost 1 bar, pd saat ngeboost kompresi jd 9.5, atau di boost 2 bar kompresi jd 10.5... besarnya tekanan boost ga bs dijadiin patokan berapa besar naeknya kompresi.. bner ga? :smt005
    History of civic:
    Sivi EG: 94 civic hatch (2003-2007)
    Viru EU: 02 civic hatch (2007-2012)
    Kenshi EF: 90 civic hatch (2004-2012)
    Tomcat EF: 91 civic sedan (now)

  9. #8
    Brigadir Jendral
    Location
    jakarta timur
    Posts
    13,085
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 9 Mins 19 Secs
    Quote Originally Posted by D102HA
    Quote Originally Posted by VVT
    Hmmm, maksud gw bukan cara mendapatkan kompresinya. Off course itu bedanya N/A dengan Turbo.

    Maksud gw apa yang terjadi dalam mesin saat udah full boost. Misal, kalo N/A kompresinya 12 bar kan setiap saat udara n bahan bakar dibakar dengan kompresi 12 bar.

    kalo turbo kompresi sblm boost/spool kan misal 11 bar. Nah saat turbonya spool/boost di 1 bar apakah kompresi dalam mesinnya sama dengan 11 bar + 1 bar = 12 bar, atau lebih dari 12 bar?

    Atau misalnya kompresinya 11 bar trus dijejelin turbo 2 bar, apakah saat max spool kompresi mesin jadi 11 + 2 bar =13 bar? atau bukan gitu yang terjadi?

    CMIIW
    Thanks
    ya intinya mbl dgn spek NA, misal kompresi 12..
    dgn turbo kompresi 8.5 bsa aja menjadi 12 pada saat di boost gede..
    tp bkn brarti kompresi 8.5 di boost 1 bar, pd saat ngeboost kompresi jd 9.5, atau di boost 2 bar kompresi jd 10.5... besarnya tekanan boost ga bs dijadiin patokan berapa besar naeknya kompresi.. bner ga? :smt005
    bener bos.....
    soalnya kan pemamapatan udara itunganya kuadrat

  10. #9
    Letnan Kolonel
    Location
    DJAKARTA TIMUR_______________
    Posts
    7,475
    Power
    26 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Day 6 Hrs 28 Mins 3 Secs
    tul,

    knp ga pke yg bolt on aja, jelas ga ngitung2 lg kan
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ ~~~~

  11. #10
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    16,791
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 11 Mins 41 Secs
    Jangan ribut lagi ya...

    Thanks

    Aerio_Standard

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Venom 300x250 NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. JUAL TURBO WHISTLER (bikin suara mobil seperti mesin turbo)
    By odadink in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 0
    Last Post: 3rd June 2012, 09:43
  2. Replies: 4
    Last Post: 27th April 2012, 00:05
  3. Replies: 8
    Last Post: 5th October 2011, 01:06
  4. Replies: 116
    Last Post: 6th March 2011, 08:28
Back to top