(PENTING!!): Salah kaprah di jalan raya yg membahayakan...

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 42
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/115754
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,185
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs

    (PENTING!!): Salah kaprah di jalan raya yg membahayakan...

    sebelumnya mohon maaf klo repost...tp selama ini gw lom ada ngeliat thread ttg ini jd gpp ya klo qta bahas...
    agak panjang nih..tp gpp lah penting utk dibaca...)

    dalam berkendara di jalan raya, banyak pengendara mobil ato motor yg salah kaprah...berikut contoh2 salah kaprah yg sering terjadi:

    1. menyalakan lampu hazard ketika hujan
    Banyak pengemudi mobil ato motor yg menyalakan lampu hazard ketika sedang hujan. Di dunia internasional, menurut mantan pembalap nasional Aswin Bahar, menyalakan lampu hazard ketika mobil sedang bergerak, apalagi ketika hujan, adalah PELANGGARAN BERAT ATAS ATURAN LALU LINTAS DARAT. "Kalau di negara lain pasti telah ditindak oleh petugas," urai Aswin. Karena itu pemegang sejumlah sertifikat sekolah mengemudi dari beberapa negara Eropa, Amerika Serikat,dan Jepang menyatakan bahwa budaya menghidupkan lampu hazard kala hujan harus segera dihentikan.
    Sebenarnya ketika hujan, pengemudi cukup menyalakan lampu kecil (senja) dan foglamp (kalau ada). Apabila hujan semakin besar, boleh saja menyalakan lampu besar. Tidak perlu menyalakan lampu hazard krn ketika kita menyalakan lampu kecil saja, lampu belakang jg akan menyala dan sudah cukup memberikan tanda kepada pengemudi lain.
    Lampu belakang berwarna merah, merupakan pilihan tepat bagi upaya memberitahukan posisi mobil. Pilihan warna ini telah melalui serangkaian riset pabrikan otomotif selama bertahun-tahun. Artinya, hanya warna itu yang dianggap aman dan bisa menembus gelombang cuaca hujan hingga kabut. Nyala lampu belakang itu telah cukup menerangi sekitar mobil. Makanya semua produsen otomotif di berbagai belahan dunia selalu menggunakan warna merah utk lampu belakangnya.
    Selain itu selalu gunakan lampu sein ketika hendak berpindah jalur. Bisa dibayangkan jika pengendara menyalakan lampu hazard, maka lampu sein menjadi tidak berfungsi dan ini sangat berbahaya!
    Pasti pernah kan di saat hujan besar kemudian ada mobil di depan anda yg menyalakan lampu hazard dan tiba2 saja dia berpindah ke jalur di depan anda dan membuat anda cukup kaget.

    2. menyalakan lampu hazard ketika hendak berjalan lurus di perempatan
    Lagi2 salah kaprah ttg lampu hazard. Berikut rekomendasi mengenai penggunaan lampu hazard.
    Gunakan hazard hanya bila dalam keadaan darurat. Lampu hazard, nyala berkedip pada keempat sein, merupakan tanda darurat bagi sebuah mobil. Oleh karena itu, lampu hazard hanya boleh diaktifkan bila mobil mengalami kondisi darurat. Bisa akibat mogok atau harus berhenti karena sesuatu alasan. Pendeknya, hazard hanya diperuntukan memberi tanda peringatan bagi kendaraan lain dan hanya boleh dinyalakan kala mobil berhenti dipinggir jalan atau hendak akan berhenti di pinggir jalan karena kondisi darurat.

    3. menyalakan lampu hazard ketika melakukan convoy
    Entahlah ini sebenarnya salah kaprah atau bukan. Karena polisi2 pun ketika melakukan convoy atau mengawal pejabat pun menggunakan lampu hazard. Padahal sudah jelas hazard dinyalakan hanya utk kondisi darurat. Pernahkah anda mengalami ketika di jalan raya, ada sekelompok mobil yg sedang convoy dan mereka menyalakan lampu hazard. Dan dengan kecepatan cukup tinggi mereka melakukan manuver selap selip dengan kondisi lampu hazard menyala? Bukankah hal tsb sangat berbahaya karena lampu sein menjadi tidak berfungsi dan membingungkan pengendara lain?
    Utk masalah convoy ini, kita kembalikan saja ke diri kita masing2.

    4. Mengganti lampu sein, lampu belakang, lampu rem, lampu mundur dengan warna lain.
    Hal mengenai ini sudah diatur di dalam undang-undang. Berikut pasal-pasalnya:

    Pasal 32, ayat 1, Peraturan Pemerintah No. 44, Tahun 1993, tentang Kendaraan dan Pengemudi: Lampu penunjuk arah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 huruf c berjumlah genap dan mempunyai sinar kelap-kelip berwarna kuning tua dan dapat dilihat pada waktu siang atau malam hari oleh pemakai jalan lainnya.
    Pasal 33, ayat 1 Peraturan Pemerintah No. 44, Tahun 1993, tentang Kendaraan dan Pengemudi: Lampu rem sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 huruf d, berjumlah dua buah dan berwarna merah yang mempunyai kekuatan cahaya lebih besar dari lampu posisi belakang.
    Pasal 35, ayat 1 Peraturan Pemerintah No. 44, Tahun 1993, tentang Kendaraan dan Pengemudi: Lampu posisi belakang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 huruf f, berjumlah genap,
    berwarna merah dan dipasang pada bagian belakang kendaraan.
    Pasal 36, ayat 1 Peraturan Pemerintah No. 44, Tahun 1993, tentang Kendaraan dan Pengemudi: Lampu mundur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 huruf g, berwarna putih atau kuning muda dan tidak menyilaukan atau mengganggu pemakai jalan lain.

    Banyak pengendara yg mengganti lampunya dengan warna lain. Misalnya lampu sein menjadi warna biru, putih, ungu, atau bahkan merah.
    Beberapa tahun yg lalu, Opel pernah menarik ribuan unit Blazer yg telah dipasarkan karena lampu sein nya menggunakan warna merah dan ditegur oleh dunia internasional.
    Mengapa lampu sein harus berwarna kuning tua? Karena warna kuning tua setelah melewati rangkaian riset dari pabrikan dianggap paling cocok sebagai lampu sein dan kelihatan di berbagai cuaca dan kondisi cahaya baik siang maupun malam. Ini tentu berbicara masalah safety.
    Soal lampu belakang dan lampu rem pun begitu. Sudah dijelaskan di atas bahwa lampu merah dianggap paling cocok. Dan hal ini juga berbicara masalah safety.
    Jadi para pengendara yg mengganti lampunya menjadi warna lain, jgn protes dan mengeluh ya klo kena tangkep polisi. Karena kan uda ada undang-undang yg mengatur...
    Percayalah undang-undang tsb dibuat demi keamanan dan kenyamanan kita semua di jalan raya.

    5. Berjalan dengan kecepatan lambat di jalur kanan (terutama di jalan tol).
    Banyak pengendara mobil yg berjalan lambat di jalur kanan. Tentu hal ini seringkali membuat jengkel pengendara lain dan tentu nya ini berbicara masalah safety juga.
    Peraturan umum di jalan tol Indonesia.
    Bahu jalan hanya utk berhenti pada keadaan darurat.
    Jalur kiri utk berjalan dengan kecepatan lambat.
    Jalur tengah utk berjalan dengan kecepatan sedang/tinggi.
    Jalur kanan utk memotong.
    Berkendaralah di jalur yang benar sesuai dengan kecepatan anda. Berkendara dgn kecepatan terlampau tinggi akan berbahaya. Tetapi berkendara dgn kecepatan terlampau lambat pun juga berbahaya!
    Sebenarnya berkendara yg aman (terutama di tol) adalah menyesuaikan kecepatan kendaraan anda dengan kendaraan yg lain dan pastikan berada di jalur yg sesuai dgn kecepatan anda.

    6. Memotong kendaraan lain melewati bahu jalan.
    Hal ini sangat berbahaya! Karena bahu jalan hanya utk kondisi darurat. Apalagi bahu jalan terletak di sebelah kiri. Posisi setir mobil di Indonesia adalah sebelah kanan. Sedangkan bahu jalan di sebelah kiri. Tentu kondisi ini akan sedikit memperlambat pandangan ke depan ketika sampai di bahu jalan. Tahu2 saja tiba2 di depan ada mobil atau truk sedang berhenti. Dan anda berada pada kecepatan tinggi. Berbahaya kan? Ditambah lagi biasanya bahu jalan di bersebelahan dengan rerumputan. Jika mobil berada pada kecepatan tinggi dan ban melindas rerumputan secara tiba2 dalam kecepatan tinggi, dapat menyebabkan kehilangan traksi dan bisa berdampak mobil menjadi tidak stabil dan melintir. Yang paling parah dapat menyebabkan mobil kehilangan kendali dan terjungkir balik ke rerumputan.
    Saya pernah melihat mobil memotong lewat bahu jalan dengan kecepatan tinggi dan tidak lama kemudian, tiba2 mobil tsb terjungkir balik ke rerumputan karena kehilangan kendali.

    7. Jarak dengan kendaraan di depan terlampau dekat
    Banyak pengemudi yang tidak paham mengenai bahayanya jarak dengan kendaraan di depan yg terlampau dekat. Jagalah jarak aman dalam mengemudi.
    Semakin dekat jarak anda dengan kendaraan di depan, maka semakin besar resiko anda menabrak kendaraan di depan jika terjadi rem mendadak. Belum lagi jika kendaraan di depan anda lampu remnya mati atau nyala sebelah. Tentu akan semakin menunda respons anda melakukan rem dan sangat besar resiko terjadi kecelakaan.
    Selain itu jika jarak anda terlampau dekat dengan kendaraan di depan, anda tidak dapat memonitor atau memantau kondisi jalan di depan anda. Dan ini sangat berbahaya.

    8. Tidak ada/ tidak sesuai standar pada kaca spion (terutama motor)
    Mengapa saya bilang terutama motor? Karena bnyk sekali pngendara motor yg tidak menyadari mengenai pentingnya masalah ini. Banyak di antara mereka yg mencopot kaca spionnya. Atau memposisikan kaca spionnya serendah mungkin. Mungkin maksudnya supaya lebih gaya. Tapi kaca spion tsb jadi tidak berguna. Padahal kaca spion adalah bagian yg sangat VITAL pada kendaraan baik itu mobil maupun motor!! Coba bayangkan setiap kali mau berpindah jalur, karena kaca spion jadi tidak berfungsi, mereka kalau berpindah jalur harus menengok2an kepalanya ke belakang atau ke arah samping belakang. Hal ini akan membuat jadi capek dan berbahaya juga. Dan seringkali karena malas menengok, mereka berpindah jalur tanpa melihat2 dulu. Dengan asumsi jika mereka berpindah jalur, pengemudi di belakang akan mengerem atau menjaga jarak. Bukankah pikiran seperti itu adalah pikiran yg bodoh dan berbahaya?
    Tidak adanya atau tidak dapat berfungsinya kaca spion dapat meningkatkan resiko kecelakaan.

    Selain itu klo ada yg mau nambahin, silakan bgt loh! Dan klo ada yg salah, mohon maaf dan dengan senang hati akan menerima koreksi...
    Cendolnya gak nolak yah...

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Location
    Theater of Dreams
    Posts
    5,500
    Power
    48 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 8 Mins 20 Secs
    nice inpo boss....

  4. #3
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,185
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs
    klo ada yg mau nambahin silakan yah...

  5. #4
    Letnan Satu
    Location
    soerabaya
    Posts
    1,654
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mins 26 Secs
    bagus broo, spy kita2 lbh ngerti nih

  6. #5
    Kapten
    Location
    Bandung Kota Mercy
    Posts
    2,521
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 5 Days 16 Hrs 47 Mins 43 Secs
    Nice info bro....
    Oh ya gw mau nambahin juga soal salah kaprah pemakaian foglamp belakang
    Foglamp belakang di negara eropa berguna saat cuaca lagi bersalju....tapi di indonesia udah banyak juga mobil2 yang punya foglamp belakang sebagai standarnya,kayak all new vios,altis,dll...dan sering juga yang menggunakannya di kondisi cuaca normal...
    Nyala lampu kabut belakang ini sama terangnya dengan nyala lampu rem saat rem diinjak...
    Nah karna intensitas cahaya yang sama dengan lampu rem ini,akan membuat mata lama2 "terbiasa" dengan sinar yang sama dengan lampu rem,sehingga jika lampu rem diinjak,reflek akan menurun,diakibatkan oleh mata yang terbiasa itu...
    Foglamp ini sebaiknya digunakan hanya dalam kondisi tertentu,seperti hujan lebat atau kabut....
    Sebetrulnya aturan yang sama berlaku buat foglamp depan....
    Tapi berhubung tidak begitu berbahaya,karena letaknya dibawah,silahkan aja mau pake di cuaca normal...
    Toh,gak ada efek apapun,hanya lebih terang sedikit...
    Gitu aja bro,tambahan dari gw...

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,185
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs
    Quote Originally Posted by andhikarahadian View Post
    Nice info bro....
    Oh ya gw mau nambahin juga soal salah kaprah pemakaian foglamp belakang
    Foglamp belakang di negara eropa berguna saat cuaca lagi bersalju....tapi di indonesia udah banyak juga mobil2 yang punya foglamp belakang sebagai standarnya,kayak all new vios,altis,dll...dan sering juga yang menggunakannya di kondisi cuaca normal...
    Nyala lampu kabut belakang ini sama terangnya dengan nyala lampu rem saat rem diinjak...
    Nah karna intensitas cahaya yang sama dengan lampu rem ini,akan membuat mata lama2 "terbiasa" dengan sinar yang sama dengan lampu rem,sehingga jika lampu rem diinjak,reflek akan menurun,diakibatkan oleh mata yang terbiasa itu...
    Foglamp ini sebaiknya digunakan hanya dalam kondisi tertentu,seperti hujan lebat atau kabut....
    Sebetrulnya aturan yang sama berlaku buat foglamp depan....
    Tapi berhubung tidak begitu berbahaya,karena letaknya dibawah,silahkan aja mau pake di cuaca normal...
    Toh,gak ada efek apapun,hanya lebih terang sedikit...
    Gitu aja bro,tambahan dari gw...
    iya nih betul bgt...malah kadang foglamp belakang itu bikin mata jadi silau...gak enak bgt liatnya..

  8. #7
    Honoured Member
    Location
    MODIFIKASI.COM
    Posts
    18,296
    Power
    127 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 4 Days 16 Hrs 51 Mins 22 Secs
    kayanya pernah baca, tapi nice info d bro..........

  9. #8
    Honoured Member
    Location
    dirumah....tidur...sendiri...
    Posts
    5,828
    Power
    62 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 18 Hrs 55 Mins 25 Secs
    nice post bro...setuju banget..d indo kurang sosialisasi nih...

    g pernah dpt info ini dr om aswin nya langsung pas acara safety driving

  10. #9
    Kapten
    Location
    Bandung Kota Mercy
    Posts
    2,521
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 5 Days 16 Hrs 47 Mins 43 Secs
    Quote Originally Posted by AP View Post
    iya nih betul bgt...malah kadang foglamp belakang itu bikin mata jadi silau...gak enak bgt liatnya..
    Iya bener...
    Silau bgt,palagi yg vios punya...
    Sama aja yg pake lampu sein putih juga pas nyala...buset...nonjok bgt dah ke mata...

  11. #10
    Letnan Dua
    Location
    next to gaia, earth goddess
    Posts
    1,269
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 49 Mins 11 Secs
    wah bener banget tuh om, yang point nomer 5 sering banget gw pengen makan mobil yang kayak gituh, beh...
    lagi kencengnya naudubile, kasih dim malah masuk ke kanan asu asuu !!!

    nih dapet kiriman om, cek kulkas yah

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Drift di jalan raya ? Why not
    By asd123 in forum Merk Lainnya
    Replies: 87
    Last Post: 13th July 2015, 00:36
  2. 6 Mitos Kontrasepsi Yang Salah Kaprah
    By Valerie in forum Health
    Replies: 6
    Last Post: 14th September 2013, 21:33
  3. iklan motor (?) ngebut di jalan umum membahayakan
    By Rear_Disc in forum Automotive
    Replies: 43
    Last Post: 25th September 2012, 11:48
Back to top