Kisah WONG FEI HUNG [/w pic]

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 43
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/113011
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    4,546
    Power
    43 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 53 Mins 5 Secs

    Kisah WONG FEI HUNG [/w pic]

    1st Thread of Wong Fei Hung History



    Wong Fei Hung lahir dalam keluarga yg mempunyai reputasi bagus dalam dunia bela diri. Wong Fei Hung lahir di tahun 1847 di propinsi Kwantung. Dia belajar kungfu tradisional China saat usianya masih sangat muda di bawah bimbingan ayahnya Wong Kei Ying. Saat kecil Fei Hung telah banyak bertualang kesetiap daerah di China bersama ayahnya.

    Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Fei Hung untuk belajar dan dilatih oleh guru2 kungfu terbaik di tiap daerah. Dalam perjalanannya Fei Hung ketemu dengan Lam Foon Sing (Murid dari master kungfu terkenal saat itu/Tid Kiu San) Lam Foon Sing menurunkan semua ilmunya untuk Wong Fei Hung.



    Setelah Wong Fei Hung dewasa dia menjadi pemuda yg mempunyai reputasi yg sangat bagus di bidang Kung FU dan pengobatan tradisional China. Selain itu dia menjadi panutan bagi masyarakat sebagai pemuda yg berkarakter kuat, jujur, gigih dan bermoral.

    Kungfu Hung Gar (yg diciptakan Fei Hong) terbukti efektif setelah banyak diuji coba (lawan tanding) oleh master2 kungfu. Banyak sekali Master2 kungfu seluruh penjuru China datang dan tak ada yg pernah mengalahkannya selama Fei Hung hidup.



    Selain jago kungfu, dia juga menguasai Barongsai (Lion Dance) sehingga dia dijuluki "King Of Lions".
    Selain berprofesi sebagai Sensei, Guru kungfu, dia juga menjadi instruktur untuk Kwuntung Army dan Pemimpin Mileter.


    Keluarga Fei Hung yang malang

    Wong Fei Hung pernah menikah sebanyak 4 kali (3 istrinya mati) dan memiliki banyak anak. Ketiga istri terdahulunya mati
    karena sakit. Istri yg pertama meninggal tak lama setelah mereka menikah dan mereka tidak mempunyai anak. Dan istri yg
    kedua juga meninggal setelah memberikan 2 anak (Wong Hon Sum dan Wong Hon Lam). Istri yg ketiga juga mati setelah melahirkan
    2 anak untuknya (Wong Hon Hei dan Wong Hon Hsu).

    Yang paling menyedihkan adalah kematian anak pertamanya yg paling jago kungfu Wong Hom Sum setelah ditembak oleh gangsters.
    Setelah kejadian itu Fei Hung tidak lagi mengajarkan kungfu kepada anak2nya.


    Pertemuan dengan istri ke 4 (insiden memalukan)

    Fei Hung mengenal istrinya yg ke 4 di insiden yg memalukan dirinya. Saat itu Fei Hung dan muridnya melakukan demonstrasi Lion Dance entah kenapa sepatu Fei Hung lepas (demo tendangan tanpa bayangan kale) dan terbang mengenai wajah seorang wanita muda (sengaja nih ye...) Fei Hung pun buru2 meminta maaf pada wanita tersebut, permintaan maaf Fei Hung tidak manjur, wanita tersebut marah besar dan menampar wajah Fei Hung. Wanita itu mengkritik pedas Fei Hung "Tidak ada kata tak sengaja karna Seorang master Kungfu seharusnya lebih berhati hati"



    Fei Hung tak pernah melupakan peristiwa itu dan mencari tau nama wanita tersebut yg ternyata bernama Mok Gwai Lan dan masih gadis (busyet... playboy jg). Mok Gwai Lan juga berasal dari keluarga kungfu. Nama kungfu keluarganya adalah "Mor Gar". Mok Gwai memperlajari kungfu dr pamannya yg juga teman baiknya Fei Hung.

    Setelah Fei Hung meninggal dunia tahun 1924, Mok Gwai pindah ke Hongkong bersama anaknya dan tinggal di Wanchai. Istrinya juga membuka sekolah kungfu di Hongkong dan pernah diinterview oleh stasiun TV hongkong.

    Fei Hung mempunyai banyak murid yg luar biasa, kehidupannya telah banyak difilmkan lebih dari 100 judul film dari hitam putih sampai berwarna. Aktor yg pernah membintangi filmnya antara lain : Jacky Chan dan Jet Lie.

    Patung Peringatan Wong Fei Hung


    Istri Fei Hung (si nenek lincah)
    http://www.youtube.com/watch?v=1k1u7Fn0ahM
    Sudah 90 tahun masih loncat2 bawa pedang.


    2nd thread of Wong Fei Hung + Penjelasan asal usul kung fu nya

    Wong fei hung mungkin hanya sebuah karya fiksi dalam suatu novel silat yg terkenal... namun keberadaan sang tokoh tersebut emang exist dan toko obatnya yg terkenal itu "Pho chi lam" emang ada...

    Wong Fei Hung (1847-1924) adl seorang guru bela diri, tabib, guru ilmu pengetahuan, dan revolusioner. Moto hidupnya "menolong yg lemah dan yg gak mampu". Dia anak dari seorang ahli fisika, ahli obat2an dan guru bela diri, namanya Wong Kay Ying. Ayahnya ini yg mendirikan klinik obat yg namanya Poh chi lam dan Fei Hung sbg asisten ayahnya.
    Fei Hung juga seorang revolusioner krn dia diam2 menentang org2 man chu.
    klo soal Kung Fu.....dia belajar kung fu dari guru ayahnya. Ia belajar dasar2 seni bela diri Hung Gar. Ia juga ahli memainkan berbagai senjata terutama tongkat. Konon legendanya dia pernah melawan 30 org di Kanton.
    soal ilmu obat2an dia belajar banyak dari ayahnya.

    Anaknya, Wong Hawn-Sum juga mengikuti jejaknya. Ahli bela diri dan suka menolong org. Namun taon 1890 Hawn sum mati ditembak oleh gangster. Sejak kejadian itu Fei Hung tdk pernah lagi mengajarkan kug fu kpd anak2nya yg lain.
    Istrinya ada 3, dan semuanya mati muda. Sampai saat dia menikah dg gadis remaja Mok Gwai Lan. Dia juga ahli bela diri. dan mengajar kung fu.
    Taon 1924 Fei Hung meninggal dunia.sedikit sejarah ttg kung fu-nya Wong Fei Hung..., kung fu Hung Gar, sejak manchuria mengusai cina, banyak para revolusioner berlatih kung fu di kuil shaolin di bagian selatan cina. ada bermacam2 style yg dianjarkan spt style Wing Chun, yg merupakan bela diri original bruce lee (sebelum dimodifikasinya) dan style Hung Gar.

    Hung Gar sendiri dicipatakan oleh Hung Hei-Kwun (sound familiar heh?). Dia dulunya seorg pedagang teh di fukien. sekitar taon 1700 dia jadi murid Shaolin. disaat pemerintah Ching menguasai kuil dg maksud utk menangkap para revolusioner. Hung hei kwun salah satu dari 30 org yg berhasil melarikan diri.

    kemudian hei kwun mendirikan sekolah bela diri yg diberi nama Hung Gar. Dia beri nama begitu dg maksud utk menyembunyikan identitasnya sbg mantan shaolin. krn saat itu pemerintah ching anti shaolin. Hei kwun menikah dg Fong wing chun, yg mana adl seorang ahli beladiri shaolin crane. Konon kabarnya Hei kwun menggabungkan style-nya dg style shaolin crane.

    Hung hei kwun memiliki memiliki murid yg bernama Luk Ah Choy.
    Luk Ah Choy kemudian memiliki seorang murid yg berbakat, Wong Tai.
    Luk Ah Choy juga mengajar kung fu kpd anak Wong tai, yg bernama Wong Kai Ying.
    Wong Kai Ying kemudian mempunyai seorang anak yg bernama Wong Fei Hung.
    Wong Fei Hung belajar dasar2 Hung Gar langsung dari Luk Ah Choy.

    Wong Fei Hung selain merupakan guru bela-diri dan tabib terkenal, dia juga dikenal sebagai patriot bangsa yang cinta tanah air. Ia merupakan salah satu anggota dari "Ten Tigers of Guangdong" yang anti terhadap kolonialisasi bangsa Asing di China.Kungfu yang digunakan Wong Fei Hung adalah kungfu Hung Gar (dalam dialek Mandarin disebut "Hung Cia" atau "kungfu keluarga Hung"). Pada masa kini kungfu aliran Hung Gar merupakan salah satu style kungfu yang paling populer di dunia (terutama di Eropa) selain kungfu aliran Wing Chun. Kedua kungfu ini diciptakan kurang lebih pada saat yang sama. Bedanya, kungfu Hung Gar diciptakan oleh murid Shaolin yang bernama Hung Hei Kwun (Hung H'si Kuan atau Ang Hi Kuan ; kakak seperguruan Fong Saiyuk). Sedangkan kungfu Wing Chun diciptakan oleh seorang pendekar wanita murid dari bhiksuni Ng Mui yang bernama "Yip Wing Chun".

    Satu hal yang diingat, Yip Wing Chun tidak sama dengan Fong Wing Chun istri dari Hung Hei Kwun. Fong Wing Chun yang dikenal sebagai istri Hung Hei Kwun adalah pewaris dari jurus Bangau, sedangkan suaminya adalah master dalam jurus Harimau. Karena itulah, style Tiger and Crane menjadi salah satu jurus utama dalam kungfu Hung Gar. Hal ini bisa dilihat pada lambang perguruan mereka.

    Jurus Hung Gar


    Menurut kabar burung, kungfu ini tercipta pada saat biara Shaolin diserang oleh serdadu Dinasti Qing dan salah satu tokoh yang berpartisipasi dalam penyerangan tersebut adalah seorang tokoh bela-diri terkenal bernama Bak Mei. Bak Mei yang terus memburu sisa-sisa kekuatan Shaolin tidak pernah terkalahkan dalam pertarungan karena ia menggunakan jurus 'kebal'.

    Hung Hei Kwun sempat memikirkan cara yang tepat untuk mengalahkan Bak Mei (kabarnya ia pendekar aliran Wu Tang), yaitu dengan menggabungkan ilmu Harimau miliknya dengan ilmu Bangau kepunyaan istri-nya. Tapi sayang...sebelum ia sempat mempelajarinya Bak Mei keburu menghabisinya. Adalah Hung Man Ding, putra dari Hung Hei Kwun, yang akhirnya membalaskan dendam ayahnya dengan cara yang pernah diutarakan oleh ayahnya itu.

    Dari sanalah tercipta kungfu Hung Gar....Untuk jurus-jurus aneh yang dimiliki Wong Fei Hung di film OUATIC series seperti "tiger and crane" maupun jurus "tendangan tanpa bayangan" adalah nyata walaupun enggak sebombastis yang digambarkan dalam film. Jurus tendangan tanpa bayangan merupakan kreasi dari Wong Fei Hung sendiri dan berupa tendangan bertubi-tubi ke arah lawan (jurus tendangan tanpa bayangan di film yang paling mendekati bentuk asli-nya mungkin seperti tendangan yang diperagakan Donnie Yen di film Iron Monkey).

    Di kehidupan aslinya, Wong Fei Hung memiliki banyak murid. Salah satunya yang paling terkenal dan paling berjasa mengembangkan kungfu Hung Gar ke seluruh dunia adalah Lam Sai Wing (Lin She Rong) yang sering dijuluki "Porky Lam" karena ia dulu berprofesi sebagai tukang daging.Mengenai Hung Hei Kun...
    Mungkin yang ciptain Hung Gar itu bukan bener2 Hung Hei Kun. Pada jaman setelah shaolin diratakan dengan tanah, banyak biksu2 shaolin yg lari ke selatan dan menyamar dan hidup seperti orang biasa, sambil juga mempersiapkan diri mereka dengan bergabung dgn organisasi2 rahasia utk menjatuhkan Ching.
    Nah pada masa itu mereka melatih wushu (kungfu) yang memang sudah pernah diformulasikan di Kuil Shaolin (wushu yang gak butuh waktu banyak utk dipelajari, sekitar 4-5 taon udah jago, krn mau dipake buat revolusi). Pada saat ini utk menghindari identitas mereka sebagai ex shaolin banyak wushu yang diganti namanya. Dan sejarah pun mereka acak2 supaya mereka gak terlihat sebagai ex shaolin dan bisa terhindar dari incaran tentara Ching. Jadi bisa aja kalo Hung Gar itu udah diformulasikan di kuil Shaolin dan kebetulan Hung Hei Kun ditunjuk sbg pewarisnya dan wushu itu dinamakan after Hung's name.

    Mengenai Yim Wing Chun...
    Mungkin yang namanya Wing Chun itu gak betul2 ada loh. Sekali lagi karena wushu wing chun ini juga adalah wushu yg diformulasikan di kuil Shaolin, maka utk mengaburkan sejarah asal wushu tsb dari tentara ching, dibuatlah cerita tentang Yim Wing Chun tersebut. Supaya para revolusioner yg berlatih Wing Chun bisa terhindar dari incaran tentara Ching.
    Kalopun Yim Wing Chun itu bener2 ada, bukan dia yang ciptain Wing Chun Kuen, sekali lagi penyamaran..

    mengenai Bak Mei...
    gua pernah baca di site apa ya, gua lupa.
    Setelah dilakukan penelitian.. ternyata tokoh Bak Mei itu gak pernah terkait dengan Shaolin ato pun Bu Tong... Memang tokoh Bak Mei itu yang menciptakan wushu Bak Mei Kun (Tinju Alis Putih) yang dia ambil berdasarkan gerakan Harimau.
    Wushu yang Bak Mei ciptain ini lumayan hebat dan dahsyat.
    Tapi entah kenapa dia jadi kambing hitam dalam peristiwa pembakaran kuil shaolin.mengenai tendangan tanpa bayangan...
    tendangan tanpa bayangan ini emang ciptaan Wong Fei Hung. Tapi bentuknya bukan tendangan bertubi2 ke tubuh lawan...
    Tendangan tanpa bayangan itu maksutnya "si korban gak akan pernah tau dia itu ditendang darimana dengan kaki yang mana sampe sesaat setelah dia terkena tendangan itu sendiri". jadi bukan tendangan bertubi2, trus cepet banget, jadi dibilang tanpa bayangan. lebih tepat kalo dibilang tendangan tanpa permisi... tendangannya itu tersembunyi dibalik gerakan2 yang laen..
    aduh kena tendang, darimana tadi dia nendang... begitu kira2 pikiran orang yg kena tendangan tanpa bayangan.

    daftar penurunan jurus:





    Gw bela2in CoPas dr forum tetangga
    I think its very worthed to share this info

    WARNING
    Jangan menatap mata Wong Fei Hung dengan terlalu lama di foto yg paling atas!!!

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor
    Location
    ~ɯɐɾ ɔıɟɟɐɹʇ ɟo ʎʇıɔ~
    Posts
    3,896
    Power
    60 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 22 Hrs 35 Mins 9 Secs
    very nice bro....one of the world's greatest kung fu master

  4. #3
    Mayor
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    4,546
    Power
    43 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 53 Mins 5 Secs
    Gw yakin banyak orang meragukan keaslian keberadaannya, bener ga sih Wong Fei Hung itu dulu bener2 hidup? Bener ga sih ada yg namanya 10 macan Canton? Bener ga sih Tendangan tanpa bayang?

    SEMUA ITU BENAR, Wong Fei Hung adalah benar tokoh yg pernah ada, bukan karangan. Tendangan tanpa bayang juga beneran ada tapi bukan berarti kita nendang n bayangan kita tertinggal atau ga ada bayangannya, tapi yg disebut SHADOWLESS KICK adalah tendangan beruntun ke 1 titik yg dilakukan di udara, dan hal tsb bisa dilakukan walaupun ga sebanyak di film Kungfu master versi Jet Li yg 8 tendangan. Kenyataan nya tendangan ini bs dilakukan kembali oleh Donny Yen dengan 3 tendangan di udara beruntun ke arah dada, bahkan mungkin bs lebih klo momentumnya lebih kuat lg.
    Di versi lain ada jg yg mengatakan Shadowless Kick hanyalah tendangan2 cepat dimana musuh tidak tahu tendangan itu asalnya drmana.

    Jet Li - as Wong Fei Hung doing Shadowless Kick
    http://www.youtube.com/watch?v=SMPtpcmVfxE

    Donny Yen - Practice video, he do the Shadowless Kick at 0:25
    http://www.youtube.com/watch?v=hPM2xkLAcJo

    Tendangan di udara versi Taekwondo
    http://www.youtube.com/watch?v=8qI6LsV5_-c
    dan
    http://www.youtube.com/watch?v=jxSj3FAa01E
    dan
    http://www.youtube.com/watch?v=_gzfjBUtPeY
    dan
    http://www.youtube.com/watch?v=ESgl2yfncsI

  5. #4
    Mayor
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    4,546
    Power
    43 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 53 Mins 5 Secs
    Quote Originally Posted by E200K View Post
    very nice bro....one of the world's greatest kung fu master
    Cepet banget lo bro, baru aja gw submit

  6. #5
    Mayor
    Location
    ~ɯɐɾ ɔıɟɟɐɹʇ ɟo ʎʇıɔ~
    Posts
    3,896
    Power
    60 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 22 Hrs 35 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by Gran Turismo View Post
    WARNING
    Jangan menatap terlalu lama mata di foto Wong Fei Hung yg paling atas!!!
    ngapa emang ???jadi penasaran

  7. #6
    Mayor
    Location
    ~ɯɐɾ ɔıɟɟɐɹʇ ɟo ʎʇıɔ~
    Posts
    3,896
    Power
    60 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 22 Hrs 35 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by Gran Turismo View Post
    Cepet banget lo bro, baru aja gw submit
    kepagian nyampe kantor nih.....eh ada si fei hung..

  8. #7
    Kolonel
    Location
    Jakarta dulu aja deh
    Posts
    9,680
    Power
    92 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 7 Hrs 42 Mins 55 Secs
    widihhhh.. kerenn.... manteps broo....

    emang keren nih wong fei hung. hehehhehe...

    @widi : YM ol teuu.... wkwwkwk... payah neee geus pake BB masa ga ol YM sih..

  9. #8
    Mayor
    Location
    ~ɯɐɾ ɔıɟɟɐɹʇ ɟo ʎʇıɔ~
    Posts
    3,896
    Power
    60 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 22 Hrs 35 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by andri_hidayat View Post
    widihhhh.. kerenn.... manteps broo....

    emang keren nih wong fei hung. hehehhehe...

    @widi : YM ol teuu.... wkwwkwk... payah neee geus pake BB masa ga ol YM sih..
    ym??apa tug...gw pake BB Messenger..wakakakakakakak,,sakeudeung nyak

  10. #9
    Mayor
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    4,546
    Power
    43 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 19 Hrs 53 Mins 5 Secs
    Ajang chat dah... oot oyyy

  11. #10
    Kolonel
    Location
    Jakarta dulu aja deh
    Posts
    9,680
    Power
    92 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 7 Hrs 42 Mins 55 Secs
    Quote Originally Posted by E200K View Post
    ym??apa tug...gw pake BB Messenger..wakakakakakakak,,sakeudeung nyak
    oiya ya.... disingkatnya jadi BBM hehehhee.....

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Venom 300x250 Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Kisah derita Djie (Berdasarkan kisah nyata)
    By Adward in forum Automotive
    Replies: 31
    Last Post: 26th July 2013, 15:46
  2. Susan Wong
    By J4C in forum Diskusi Reference Song
    Replies: 46
    Last Post: 7th October 2009, 19:24
Back to top