[DISKUSI] N/A (Natural Aspirated) & VTEC & VVTI
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 14 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 132
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/112718
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Kepala
    Posts
    147
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    [DISKUSI] N/A (Natural Aspirated) & VTEC & VVTI

    Kalo sekiranya thread nya bagus dan ada sisa cendol , boleh donk di bagi ke newbie ini.......sankyu..!

    Newbie yg baru banget mau tanya beberapa tentang N/A dan Turbo (kl turbo seh udah banyak thread nya sehh, terserah mau di jelasin lagi disini ato kaga)

    Kepada teman-teman dan senior2 yg berpengalaman disini, silakan sharing pendapat nya yaaa

    1) Pertama-tama, penjabaran secara umum dan secara khusus N/A dan Turbo :confused:
    2) Suka N/A atau Turbo? sebutkan alasan panjang lebar nya di sertain sebab2nya.... :smt045
    3) Kalau mau pasang N/A, mending urut-urutan nya gimana? Biasa nya habis berapa? :shock:
    4) Kalau mau pasang Turbo urut-urutannya gimana? <<<<< Udah banyak di jawab di beberapa thread turbo, jadi terserah mo di jawab lagi ato engga, gpp kok
    5) Product N/A lebih banyak di pakai ke Honda kan? Contoh nya kek NSX bukan? Nah ada yg tahu, kenapa Honda suka mesin N/A ? Jujur aja gw lebih seneng N/A, sebabnya apa? kaga tau brow....nama nya jg newbie hehehehe :smt023



    Tambahan2 pertanyaan:

    6) Gaya nyetir nya N/A dengan Turbo jelas beda donk yah?
    Kira kira gimana gaya nyetir nya N/A dibanding dengan turbo itu sendiri?
    Dari ambil tikungan itu sendiri + strategi mengalahkan lawan baik N/A ataupun Turbo

    7) Penjabaran secara umum dan secara khusus cara kerja Mesin VTEC dan VVTI

    8) Kenapa kalo Vtec, ngangkat nya ato bekerja nya pada waktu 3000 rpm ke atas? apa di buat irit?
    Kalo VVTI ngangkat nya waktu kapan yah?

    9) dan di tambah dengan penjabaran I-VTEC dan VVTi (apa ya kl VVTI?maklum kurang ngikutin toyota), sekalian penjabaran Dual VVTI yang di pake Altis baru itu


    Sementara pertanyaan2 nya ini dulu...........nanti kalo ada bakal di tambahin, makasih :smt026







    Quote Originally Posted by RETROtuning View Post
    Yg udah2 mlh jd kontroversi bos.....
    Quote Originally Posted by RLX View Post
    Biasanya seh PANAS nih yg ginian.

    Cocok2an aja lah,,, Selera,,,
    Quote Originally Posted by satyaganteng View Post
    n/a vs turbo .... = berantem yang ada huahuahuahuahua

    gw mah mau turbo mau n/a yang penting nyaman dan enak dikendarai ...
    Aduhhhh masak seh berantem? jangan donk yah? kek orang yg ga berpendidikan aja, ayo donk, jangan berdebat.....debat sehat boleh dengan kepala dingin....masak kita kita bisa modif ampe jutaan - ratusan juta, tapi ga bisa debat sehat dengan kepala dingin.....jangan terbawa emosi yah?


    Peraturan posting di thread saya ini adalah:

    TIDAK BOLEH MENJELEK-JELEK KAN ORANG LAIN ATAUPUN PENDAPAT NYA, NANTI SAYA MINTA PAK MOMOD UTK HAPUS POSTINGAN YG MENJELEK JELEK KAN ORANG LAIN ATAUPUN PENDAPAT NYA, yang boleh disini mengemukakan pendapat nya tentang kesukaan nya (kalo kesukaan nya otomatis ngomong yg bagus2 donk)








    Quote Originally Posted by dexza View Post
    saya pernah punya mbl performance N/A n turbo
    n/a: DC2
    turbo evo, 2jz

    hmm kalo driving mbl N/A kadang kangen bgt denger suara blow off n hentakan turbo
    sebaliknya pas drivin turbo car, suka kepikiran teriakan vtec on n kekaguman terhadap mesin vtec tsb

    hmmm ribet ya kalo lbh suka yg mana kalo hrs bener2 milih.....mungkin tuk jkt n kegunaan saya...N/A kali d.
    Tp tuk TS keperluan, rasa penasaran, dana, dll yg menjadi penentu saya rasa..ribet lah mutusinnya
    Quote Originally Posted by dailyfastrwd View Post
    Kalo na dimodif sampai ganti komponen internal mesin maka pasti kenyamanan dan kehalusannya turun jauh, karena standar dari pabriknya itu pasti sudah yang optimal untuk segala kondisi.

    Sementara kalo pasang turbo di mesin n/a, asal boostnya rendah sehingga gak perlu rubah settingan mesin secara drastis masih bisa tetap nyaman dan halus karena internal mesin tidak ada yang diganti.

    Dan ini sering dilakuin sama pabrikan (walau biasanya pabrikan upgrade internal mesinnya biar gak ada warranty issue), misal Mitsubishi 4G63 (mesin eterna 2000cc) yang di eterna na standar 140 hp kalo gak salah, pas udah di eterna vr4 dan di lancer evo 1-9, standar bisa 280hp. Nah naikin hp 2x lipat begini kalo pake na pasti mesinnya dah gak bisa buat street harian. Tapi kalo buat pasang turbo di mesin na tanpa ganti internal mesin sih mungkin yang aman cuma targetin 30an% naiknya.

    Soal dana relatif sama lah, tergantung seberapa ganas maunya.

    Yang jelas pasang turbo masih bisa pertahankan kenyamanan (sampai hp naik sekitar 30%), sementara ngincer kenaikan tenaga yang sama dengan na pasti dah turun kenyamanannya.

    Kalo gw pilih cari mesin yang standarnya dah berturbo, karena pasti pabrikan dah ngetes sampe puluhan ribu km dengan dana seabrek dan insinyur jagoan, jadi hasilnya jaminan mutu, tinggal dari situ kita mau modif seberapa banyak.
    Quote Originally Posted by dailyfastrwd View Post
    Modif na mulai dari ganti komponen luaran seperti header knalpot, air filter, coil, busi, mulai sentuh mesin port/polihsh manifold dan head, naikin kompresi, ganti kem n per katup, ganti piston, stang piston yang enteng dan kuat, dst..

    Modif turbo yah harus komplit, header buat turbo, turbonya, blow off valve, waste gate, intercooler (kalo boost tinggi wajib), pipa2 dari turbo ke intercooler ke mesin, fuel system upgrade (pump, regulator, line, injektor), trus harus tuning mesinnya deh..

    Kalo modif na bisa nyicil kalo turbo harus langsung keluar banyak duit
    Lihat lah ke-3 postingan di atas.......

    Bagus!
    Tidak aneh2
    Terutama tidak menjelek-jelekkan!
    Ini contoh postingan yg bagus di thread ini







    Beberapa saja dari sekian banyak postingan yg bagus2 dari sini, silakan liat2 per halaman ke belakang, karena ini hanya beberapa saja....*Nanti saya tambahin lagi, kl kebanyakan di postingan pertama ga cukup neh*

    Quote Originally Posted by andhikarahadian View Post
    Buat n/a tahap awalnya gampang kok bro...

    1.Filter standar diganti replacement ato open air (sampe sekarang masih jadi perdebatan mana yang lebih bagus)..replacement maksudnya box std tetep dipake,tapi filternya diganti sama yang hambatan rendah..open boxnya gak dipake sama sekali...
    2.Ganti busi dan kabel busi
    3.Porting polish saluran masuk dn buang
    4.Ganti header
    5.Naekin kompresi

    Dari semua yg diatas butuh dana sekitar 5 jutaan...
    Lebih optimal kalo pasang piggyback,jadi timing dan afr bisa diatur semau kita...
    Quote Originally Posted by Alpha-510 View Post
    hehehe,,,,

    N/A ato turbo yaaa,, gw sih pengen nya turbo hehehe,, soal nya setau gw kalo N/A mau dapet power yang setara sama mesin diturboin jadi ga harian lagi... dan lagi ada bonus suara bov kalo pake turbo hehehe,,

    cara kerja mesin nya sih setau gw sama, beda nya kalo mesin yang diturboin dapet bantuan dari turbo yang niupin udara lebih daripada mesin N/A yang ngandelin isapan langkah piston,, jadi efisiensi mesin N/A ga sampe 100%.

    modifan mesin N/A banyak, dari ganti exhaust system dari header ampe blkang,air filter,PnP,papas head biar kompresi naek,ganti cam durasi gede, dsb,, dan hasil nya hampir ga bisa harian,, dengan kompresi statis mesin yang besar perlu bensin yang beroktan tinggi (mesin turbo jg bgitu demi menghindari knocking yang bisa rusakin mesin.tapi karena dapet tambahan udara dari turbo, kompresi statis mesin turbo umum nya dibawah 9.malah ada yang 8,5 nah jadi bisa di boost sampe lumayan gede, gw ga tau brapa bar, tapi mgkn bisa 1 bar dengan minum pertamax) juga panas mesin yang bertambah karena kompresi naek (turbo jg sih), butuh pasokan bensin yang lebih dari normal (turbo jg biar ga kekurangan bensin dan kebanyakan udara hasil nya katanya bisa bkin piston meleleh.tapi karena injektor ekstra di mesin turbo nyala waktu turbo nya udah ngasih boost jadi kalo jalan tanpa nyampe rpm si turbo muter bisa irit2 jg tergantung make nya) hehe,,


    yaa kesimpulan tergantung kebutuhan.. mau pure mesin yang kerja, ato ada bantuan dari turbo ato supercharger...


    ni sotoy nya gw nih hehehehe mohon koreksi kalo ada yang salah
    Quote Originally Posted by toyota12 View Post
    kalo turbo, mirip ningkatin kapasitas mesin, selain power, torsi juga ikut naik, misal dari 100hp/100lb-ft pake turbo power naik ke 150hp yah torsi ikut naik ke 150lb-ft.

    n/a = lebih ke ningkatin power, tidak terlalu signifikan ke torsi, besar torsi lebih ngikut kapasitas mesin.

    Plus turbo:
    torsi ikut naik, peak rpm relatif ikut karakter asli mesin itu sendiri, bisa tinggi bisa rendah.

    Minus turbo:
    Stabilitas;
    throttle control in cornering, makanya mobil turbo hi-power, banyak dilengkapi AWD, avoid sudden boost => grip changing when cornering. => Skyline, Evo dll
    Plumbing.


    Plus n/a:
    handling relatif lebih baik, better throttle control in cornering karena rpm lebih dinamis dan kontrol mesin lebih direct dari pedal driver saat cornering => f1.

    Minus n/a:
    Power diikuti dgn rpm, makin tinggi power, cenderung bikin makin tinggi rpm, yg makin susah di sektor2 =
    Head : maintain avoid floating valves,
    n/a juga tergantung luas penampang valves yg mungkin dibuat or besar cylinder bore. klo bore dibikin besar, piston speed lebih rendah tapi malah korbanin lagi torsi n/a yg udah rendah kalo stroke diperpendek.
    Cylinder : stroke limit yg bisa dibikin => pengaruh piston speed yg tinggi / limit, bikinnya makin susah.
    Blok : siksaan twist-force di blok mesin & crank & bottom-frame terutama di atas 7/8000rpm yg susah maintain clearance2 asalnya.

    honda juga udah bikin turbo, kalo yg lama : city pertama, legend.
    kalo yg sekarang : idsi turbo, acura RDX, & mesin2 diesel nya.
    Quote Originally Posted by anakjalanan View Post
    kebetulan gw dulu pernah pake cityZ,skrg beralih ke jazz (tetep Honda cintanye hehe..)
    cityz emg tendangannya lebih berasa pada saat vtec kick in..

    kl mau modif mesin NA..ada step2nya..
    pertama modif dulu komponen external pendukung mesin spt:IHE(intake,header,exhaust systemnya)
    setelah step di atas,masih kurang?saatnya step 2 spt:piggyback,dan komponen2 sekitar head engine..
    kl masih kurang juga..uda saatnya brubah total..standalone ECU,komponen2 blok mesin diganti,gear ratio,piston,bore up,dll
    masih kurang jg? call Mr. B18C type R
    VTEC & VVTI

    Quote Originally Posted by The Maestro Man View Post
    sebenernya udah sering dibahas di forum nih, tapi gw tak pernah lelah buat menjelaskan secara sederhana he3...

    (1 dan 2). secara umum cara kerja vtec dengan vvti itu berbeda, walaupun sama2 berhubungan dengan katup.vtec dulu dikenal dengan vtec biasa, vtec-e dan 3 stage vtec.berbeda dengan vvti yang mainnya di timing gear, vtec mainnya langsung di camshaftnya.(mekanismenya ada di camsaftnya bukan di timing gear)

    vtec biasa : punya dua profil cam, saat putaran rendah pake profil cam dengan durasi dan lift yang kecil, sedangkan pada putaran tinggi pake profil cam dengan durasi dan lift yang lebih besar.

    vtec e : ga mengubah durasi dan lift, cuma mengubah banyaknya katup masuk yang terbuka sesuai dengan putaran mesin.pada putaran rendah yang terbuka cuma satu katup hisap, putaran tinggi dua katup hisap.

    3 stage vtec: gabungan mekanisme vtec biasa dengan vtec e.

    sedangkan vvti mengatur lambat cepatnya bukaan katup terhadap pergerakan piston lewat timing gear sesuai dengan putaran mesin.kalo vtec cuma punya 2 variabel, vvti variabelnya banyak.
    misal pada putaran rendah katup terbuka 10* sebelum TMA, agak tinggi dikit 11* sebelum TMA, tinggi lagi 12* sebelum TMA, dan pada putaran tinggi pada 15* sebelum TMA. kira2 seperti itu, intinya sesuai kebutuhan mesin..

    (3). demi memperluas power band. pada putaran rendah mesin ga butuh yang namanya lift yang tinggi atau durasi yang panjang, makanya pada vtec biasa yang bekerja adalah cam dengan profil lebih rendah.sedangkan pada putaran tinggi sebaliknya..
    kalo diputaran rendah dipaksakan pake profil tinggi malah mubazir, selain ga ada tenaganya malah boros.
    begitupula dengan vtec e, sebenernya pada puataran rendah mesin juga ga butuh dua katup hisap terbuka sekaligus, tenaga malah jadi memble, makanya cukup satu saja yang terbuka.

    intinya mekanisme seperti ini meningkatkan efisiensi volumetrik (kalo ga salah istilahnya) yang hasilnya adalah pwer band lebih luas yang nantinya adalah kombinasi terbaik antara tenaga dan irit bbm..

    kalo vvti selalu berubah sesuai dengan putaran mesin, jadi ga pake tahapan kaya vtec..

    (4). i vtec bisa dibilang gabungan vtec dengan vvti.
    dual vvti mekanisme vvtinya ada di katup masuk dan buang, vvti cuma di katup masuk aja..

    mudah2an bisa membantu..
    Quote Originally Posted by toyota12 View Post
    tambahan,
    honda rubah lagi di sohc i-vtec;
    mode defaultnya: "normal-cam" yg bisa bekerja terus menerus di semua rentang rpm buat seluruh klep;
    mesin mau masuk "low-cam" hanya kalo beban mesin ringan & pedal throttle ringan,
    low-cam ini pun cuma bekerja sampe rpm 3500, di atas itu pasti "normal-cam" apapun kondisi load mesin/pedal.

    "variable"nya dohc i-vtec, selain ada "geser" maju-mundur timing buka klep, juga ada 2 perubahan tinggi valve-lift atau terjadi perluasan di kurva bukaan klep (lebih jarang ditemuin di mesin2 umum);
    tidak demikian di vvti karena "variable"nya cuma "geser" maju-mundur timing bukaan klep, (ini lebih gampang ditemuin di mesin2 umum 2000cc ke atas belakangan ini).

    dohc vtec = vvtL-i, sama2 bisa merubah 2 tinggi valve-lift atau terjadi perluasan di kurva bukaan klep.
    Quote Originally Posted by toyota12 View Post
    kalo perlu peningkatan signifikan di torsi juga, misal di MPV/SUV (mobil berat or non-sedan); FI lebih diperlukan.
    soalnya tuning N/A, signifikan increase di power, tapi tidak signifikan di torsi.
    increase s/d 50% power di N/A, misal dari 70hp/liter ke 105hp/liter; mungkin hanya menambah 10-20% di torsi. tidak demikian di FI, dimana powernya naik torsinya ikut naik, mirip naikin cc.

    contoh mesin yg sama 2000cc :
    N/A dohc umum : 150hp, 193nm (common 75hp/liter)

    *N/A dohc s2000 : 240hp, 218nm (factory tuned 120hp/liter => perbedaan power 60%, perbedaan torsi 13%)
    *Turbo dohc VR-4 : 240hp, 304nm ==> perbedaan power 60%, perbedaan torsi 56%. figur power/torsi setara common n/a 3200cc di mesin umum yg 75hp/liter => efek FI mirip gedein cc.

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Brigadir Jendral
    Location
    BJAmodified Bandung
    Posts
    10,744
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 18 Hrs 39 Mins 17 Secs
    Yg udah2 mlh jd kontroversi bos.....

  4. #3
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta muter2. @-@
    Posts
    858
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Biasanya seh PANAS nih yg ginian.

    Cocok2an aja lah,,, Selera,,,

  5. #4
    Sersan Mayor
    Location
    JAKARTA
    Posts
    984
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 3 Hrs 20 Mins 26 Secs
    n/a vs turbo .... = berantem yang ada huahuahuahuahua

    gw mah mau turbo mau n/a yang penting nyaman dan enak dikendarai ...
    Swift ST ...AT ...2008
    163 HP / 220 NM
    TUNING ? ---> REV ENGINEERING
    satyavice@gmail.com

  6. #5
    Mayor
    Location
    Batavija
    Posts
    4,396
    Power
    30 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 14 Mins 30 Secs
    saya pernah punya mbl performance N/A n turbo
    n/a: DC2
    turbo evo, 2jz

    hmm kalo driving mbl N/A kadang kangen bgt denger suara blow off n hentakan turbo
    sebaliknya pas drivin turbo car, suka kepikiran teriakan vtec on n kekaguman terhadap mesin vtec tsb

    hmmm ribet ya kalo lbh suka yg mana kalo hrs bener2 milih.....mungkin tuk jkt n kegunaan saya...N/A kali d.
    Tp tuk TS keperluan, rasa penasaran, dana, dll yg menjadi penentu saya rasa..ribet lah mutusinnya
    - Try to make your system beat the next guys!? In the end, it is still going to be an opinion -
    http://img213.imageshack.us/img213/2989/washermod3fq0.jpg

  7. #6
    Sersan Dua
    Posts
    203
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 15 Hrs 21 Mins 25 Secs
    Kalo na dimodif sampai ganti komponen internal mesin maka pasti kenyamanan dan kehalusannya turun jauh, karena standar dari pabriknya itu pasti sudah yang optimal untuk segala kondisi.

    Sementara kalo pasang turbo di mesin n/a, asal boostnya rendah sehingga gak perlu rubah settingan mesin secara drastis masih bisa tetap nyaman dan halus karena internal mesin tidak ada yang diganti.

    Dan ini sering dilakuin sama pabrikan (walau biasanya pabrikan upgrade internal mesinnya biar gak ada warranty issue), misal Mitsubishi 4G63 (mesin eterna 2000cc) yang di eterna na standar 140 hp kalo gak salah, pas udah di eterna vr4 dan di lancer evo 1-9, standar bisa 280hp. Nah naikin hp 2x lipat begini kalo pake na pasti mesinnya dah gak bisa buat street harian. Tapi kalo buat pasang turbo di mesin na tanpa ganti internal mesin sih mungkin yang aman cuma targetin 30an% naiknya.

    Soal dana relatif sama lah, tergantung seberapa ganas maunya.

    Yang jelas pasang turbo masih bisa pertahankan kenyamanan (sampai hp naik sekitar 30%), sementara ngincer kenaikan tenaga yang sama dengan na pasti dah turun kenyamanannya.

    Kalo gw pilih cari mesin yang standarnya dah berturbo, karena pasti pabrikan dah ngetes sampe puluhan ribu km dengan dana seabrek dan insinyur jagoan, jadi hasilnya jaminan mutu, tinggal dari situ kita mau modif seberapa banyak.

  8. #7
    Sersan Dua
    Posts
    203
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 15 Hrs 21 Mins 25 Secs
    Modif na mulai dari ganti komponen luaran seperti header knalpot, air filter, coil, busi, mulai sentuh mesin port/polihsh manifold dan head, naikin kompresi, ganti kem n per katup, ganti piston, stang piston yang enteng dan kuat, dst..

    Modif turbo yah harus komplit, header buat turbo, turbonya, blow off valve, waste gate, intercooler (kalo boost tinggi wajib), pipa2 dari turbo ke intercooler ke mesin, fuel system upgrade (pump, regulator, line, injektor), trus harus tuning mesinnya deh..

    Kalo modif na bisa nyicil kalo turbo harus langsung keluar banyak duit

  9. #8
    Kopral Kepala
    Posts
    147
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by RETROtuning View Post
    Yg udah2 mlh jd kontroversi bos.....
    Quote Originally Posted by RLX View Post
    Biasanya seh PANAS nih yg ginian.

    Cocok2an aja lah,,, Selera,,,
    Quote Originally Posted by satyaganteng View Post
    n/a vs turbo .... = berantem yang ada huahuahuahuahua

    gw mah mau turbo mau n/a yang penting nyaman dan enak dikendarai ...
    Aduhhhh masak seh berantem? jangan donk yah? kek orang yg ga berpendidikan aja, ayo donk, jangan berdebat.....debat sehat boleh dengan kepala dingin....masak kita kita bisa modif ampe jutaan - ratusan juta, tapi ga bisa debat sehat dengan kepala dingin.....jangan terbawa emosi yah?

    ini cuma pendapat

    TIDAK BOLEH MENJELEK-JELEK KAN ORANG LAIN ATAUPUN PENDAPAT NYA, NANTI SAYA MINTA PAK MOMOD UTK HAPUS POSTINGAN YG MENJELEK JELEK KAN ORANG LAIN ATAUPUN PENDAPAT NYA, yang boleh disini mengemukakan pendapat nya tentang kesukaan nya (kalo kesukaan nya otomatis ngomong yg bagus2 donk)

  10. #9
    Sersan Kepala
    Posts
    517
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    numpang tanya, pisang goreng pak edi dimana ya ?

    ups salah posting maaf

  11. #10
    Kopral Kepala
    Posts
    147
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by dexza View Post
    saya pernah punya mbl performance N/A n turbo
    n/a: DC2
    turbo evo, 2jz

    hmm kalo driving mbl N/A kadang kangen bgt denger suara blow off n hentakan turbo
    sebaliknya pas drivin turbo car, suka kepikiran teriakan vtec on n kekaguman terhadap mesin vtec tsb

    hmmm ribet ya kalo lbh suka yg mana kalo hrs bener2 milih.....mungkin tuk jkt n kegunaan saya...N/A kali d.
    Tp tuk TS keperluan, rasa penasaran, dana, dll yg menjadi penentu saya rasa..ribet lah mutusinnya
    Quote Originally Posted by dailyfastrwd View Post
    Kalo na dimodif sampai ganti komponen internal mesin maka pasti kenyamanan dan kehalusannya turun jauh, karena standar dari pabriknya itu pasti sudah yang optimal untuk segala kondisi.

    Sementara kalo pasang turbo di mesin n/a, asal boostnya rendah sehingga gak perlu rubah settingan mesin secara drastis masih bisa tetap nyaman dan halus karena internal mesin tidak ada yang diganti.

    Dan ini sering dilakuin sama pabrikan (walau biasanya pabrikan upgrade internal mesinnya biar gak ada warranty issue), misal Mitsubishi 4G63 (mesin eterna 2000cc) yang di eterna na standar 140 hp kalo gak salah, pas udah di eterna vr4 dan di lancer evo 1-9, standar bisa 280hp. Nah naikin hp 2x lipat begini kalo pake na pasti mesinnya dah gak bisa buat street harian. Tapi kalo buat pasang turbo di mesin na tanpa ganti internal mesin sih mungkin yang aman cuma targetin 30an% naiknya.

    Soal dana relatif sama lah, tergantung seberapa ganas maunya.

    Yang jelas pasang turbo masih bisa pertahankan kenyamanan (sampai hp naik sekitar 30%), sementara ngincer kenaikan tenaga yang sama dengan na pasti dah turun kenyamanannya.

    Kalo gw pilih cari mesin yang standarnya dah berturbo, karena pasti pabrikan dah ngetes sampe puluhan ribu km dengan dana seabrek dan insinyur jagoan, jadi hasilnya jaminan mutu, tinggal dari situ kita mau modif seberapa banyak.
    Quote Originally Posted by dailyfastrwd View Post
    Modif na mulai dari ganti komponen luaran seperti header knalpot, air filter, coil, busi, mulai sentuh mesin port/polihsh manifold dan head, naikin kompresi, ganti kem n per katup, ganti piston, stang piston yang enteng dan kuat, dst..

    Modif turbo yah harus komplit, header buat turbo, turbonya, blow off valve, waste gate, intercooler (kalo boost tinggi wajib), pipa2 dari turbo ke intercooler ke mesin, fuel system upgrade (pump, regulator, line, injektor), trus harus tuning mesinnya deh..

    Kalo modif na bisa nyicil kalo turbo harus langsung keluar banyak duit
    Lihat lah ke-3 postingan di atas.......

    Bagus!
    Tidak aneh2
    Terutama tidak menjelek-jelekkan!
    Ini contoh postingan yg bagus di thread ini

 

 
Page 1 of 14 12345 ... LastLast
Vkool Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. VTEC Honda & VVTi Toyota
    By AP in forum Automotive
    Replies: 362
    Last Post: 22nd August 2013, 09:46
  2. Perbandingan Twin Cam n VTEC terus VVTI dengan I-VTEC
    By voquer in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 13
    Last Post: 4th August 2013, 13:21
  3. VTEC VVTi Control Module
    By acadia in forum Diskusi Mesin
    Replies: 0
    Last Post: 8th April 2009, 11:47
  4. Replies: 61
    Last Post: 3rd June 2008, 11:38
  5. VTEC vs VVTi
    By white_corolla88 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 313
    Last Post: 1st May 2008, 03:03
Back to top