MASALAH CAMSHAFT...
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 20 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 199
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/11172
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Location
    tiltiltiltiltiltiltiltiltiltiltil
    Posts
    3,887
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 20 Mins 52 Secs

    MASALAH CAMSHAFT...

    hei semuanya... mau tanya niy... gw udah naik kem (bikinan solo)... tapi, kadang-kadang rpm bisa stabil, kadang mati sendiri gara-gara rpm-nya kecil sendiri, terus tau tau rpm-nya tinggi... gw udah nggedein gas-nya... tapi tetep ngga ngaruh... katanya siy... harus pake piggyback ya biar rpm-nya stabil... atau sekalian 4barrel ya... katanya ECU standardnya ngga nampung gitu... memang bener ngga siy kayak gitu...

    *mohon bantuannya ya*

    makasih...

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs

    Re: MASALAH CAMSHAFT...

    Quote Originally Posted by Q-PLY
    hei semuanya... mau tanya niy... gw udah naik kem (bikinan solo)... tapi, kadang-kadang rpm bisa stabil, kadang mati sendiri gara-gara rpm-nya kecil sendiri, terus tau tau rpm-nya tinggi... gw udah nggedein gas-nya... tapi tetep ngga ngaruh... katanya siy... harus pake piggyback ya biar rpm-nya stabil... atau sekalian 4barrel ya... katanya ECU standardnya ngga nampung gitu... memang bener ngga siy kayak gitu...

    *mohon bantuannya ya*

    makasih...
    mobilnya apa boss???
    ngeri juga kalo gitu yah???
    saran dari temen gw seh mending custom buatan luar tuh....

    wah bisa gagal dong proyek gw neh???

  4. #3
    Kolonel
    Location
    pd indah - bintaro PP
    Posts
    7,621
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 11 Hrs 22 Mins 45 Secs
    kayaknya masalah bisa kelar pake piggyback deh ply.. ky unichip gitu bisa ngebantu idle dikit2 yaaaa ga separah kaya kondisi skrg lo..

    mang brp durasi cam lo ply
    Maaf saya newbie kk...

  5. #4
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    mobilnya apa??

  6. #5
    Kapten
    Location
    jakarta selatan
    Posts
    2,655
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 14 Hrs 29 Mins 43 Secs
    kalau cam racing dengan durasi besar dirancang untuk menaikkan horsepower pada rpm tinggi, jadi intinya adalah menggeser power band mesin ke rpm yang lebih tinggi.

    akibatnya pada rpm rendah vacum dalam manifold menjadi anjlok membuat sensor vacum ( MAP )kesulitan membaca nilai yang benar ( tidak berlaku untuk flow meter ), juga pengisian silinder oleh campuran bahan udara menjadi berkurang drastis dan tidak stabil, maka umumnya mesin mesin dengan cam ber durasi besar, dan overlap ( saat klep in dan ex membuka bersamaan ) besar idle-nya rata-rata diatas 1000rpm, bahkan sampai 2000 rpm agar bisa stabil, dengan efek samping tenaga dan torsi pada rpm dibawah 4000-an jelek sekali.

    Tapi itu tidak masalah untuk mesin balap yang umumnya memang diandalkan untuk di-geber pada rpm tinggi, masalah timbul pada mobil harian karena karakteristik seperti itu sangat menjengkelkan terutama kalau lagi kena macet.

    Karena itu maka pabrikan membuat teknologi vitec, vvti, vanos, dll, yang merupakan gabungan karakteristik cam standar ( untuk rpm rendah ), dan cam racing ( untuk rpm tinggi ).

    Tidak ada solusi untuk bisa mendapatkan keduanya yaitu power rpm rendah dan idle bagus, serta power rpm tinggi yang oke..... harus memilih salah satu, jadi intinya cam racing hanya bisa bagus pada rpm tinggi, untuk kekurangan pada rpm rendah harus menerima apa adanya.

    Piggyback hanya sedikit menolong tapi tidak bisa menyelesaikan masalah secara keseluruhan.

  7. #6
    Kolonel
    Location
    pd indah - bintaro PP
    Posts
    7,621
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 11 Hrs 22 Mins 45 Secs
    waaaah makasih om nurik penjelasannya ... tuh ply dah lengkap kan.. hehehe

    mau nambahin dikit mungkin,kalo cam racing untuk vtec engine,masalah idle yg terlalu tidak stabil bisa sedikit lebih berkurang dibanding cam racing tuk mesin non vtec dgn durasi yg sama

    karena kalo diperhatiin.. cam lobe yg durasinya dbesarin lebih ke vtec lobe nya,jd yg lobe non vtec bisa lebih mild

    mohon koreksinya klo salah
    Maaf saya newbie kk...

  8. #7
    Kapten
    Location
    jakarta selatan
    Posts
    2,655
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 14 Hrs 29 Mins 43 Secs
    sedikit tambahan lagi... ( yang dimaksud disini bukan vtec sebagai trademarknya honda tapi sistem variabel, timing, lift dan duration untuk camshaft )

    kalau vtec ada baerbagai macam paling sederhana adalah hanya menggeser timing salah satu cam, dan yang paling komplit adalah menggeser timing, merubah duration, maupun lift pada kedua cam, memang pada mesin vtec efek buruk cam racing pada idle dapat diminimalkan sehingga batas yang bisa diterima untuk kendaraan harian, karena umunya cam vtec merupakan cam racing dengan durasi dan lift yang cukup tinggi, lalu pada idle lift dan durasi tsb, maupun timing overlap direduksi oleh mekanisme vtec.

    tapi tidak diharamkan untuk mengganti cam sistem vtec dengan duration dan lift yang lebih besar, karena power band bawah akan jauh lebih terjaga kualitasnya jika sistem mesin sudah menggunakan vtec.

  9. #8
    Kolonel
    Location
    pd indah - bintaro PP
    Posts
    7,621
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 11 Hrs 22 Mins 45 Secs
    iya abis kebetulan mainannya honda..jd ngomongnya ngarah langsung ke honda om hehehe..maklum

    waaaaah iya ternyata emang bner sistem vtec itu ngebantu ngejaga powerband bawahnya kalo kita pakai cam racing dgn durasi gede

    istilahnya tuk durasi yg sama besar, klo mslnya non vtec dah ga enak tuk harian ,brejet2 nya ga ketulungan, tapi yg vtec masih bisa di toleransi..begitu?
    Maaf saya newbie kk...

  10. #9
    Mayor
    Location
    tiltiltiltiltiltiltiltiltiltiltil
    Posts
    3,887
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 20 Mins 52 Secs
    mazkot: oo... kalo gitu gw ngerti, jadi harus pasrah ya... memang gitu ya kem-nya... tapi ngga gagal kan kem bikinannya... biar dipasang piggyback juga percuma ya... kalau pasang 4barrel gimana ya... apa sama aja...

    dhetz: heee.... mazkot itu nurik ya... gw baru ngeh... pantesan kasih spesifikasinya lengkap banget... det, thanks ya udah ngebantuin gw juga... iya tu gw dikasih tau kalau vtec naik kem ngga ada masalah pada idle-nya... aduh... masalah semakin rumit saja... huehuehuehue

    buat semua yang nanya gw tadi... mobil gw great... kemnya kalo ngga salah 28,0... apa 280 ngga tau yang bener yang mana....hehehe (lupa)...

    makasih...

  11. #10
    ID Tersangka Melakukan Penipuan
    Location
    Dki jakarta selatan
    Posts
    2,050
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 26 Mins 3 Secs
    cam lo 280 plii
    lo klo mau enak idlenya ganti head 4ag 20valve black top aja, soalnya itu head pake VVTi jd klo lo pake durasi camnya tinggi idlenya tetep stabil...

 

 
Page 1 of 20 12345 ... LastLast
Mitsubishi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Masalah-Masalah Yang Sering Terjadi Pada FWD
    By approved in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 6
    Last Post: 21st June 2012, 13:39
  2. 5K camshaft 68 ex DX'83
    By B 1901 CD in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 37
    Last Post: 7th April 2009, 14:15
  3. WTS : CamShaft suzuki dan CAmShaft toyota (type K) (ALL SOLD)
    By JRD in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 108
    Last Post: 16th September 2008, 20:37
  4. WTS : CAMSHAFT 66 TRD
    By wdhermawan in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 6
    Last Post: 18th May 2008, 22:50
  5. ask: camshaft
    By nyo-nyo in forum Diskusi Mesin
    Replies: 2
    Last Post: 16th February 2008, 18:23
Back to top