Cartens
RS Speed
Scuto Laminating Otostereo CS II - Dua Lima Autowork

Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Page 3 of 4 FirstFirst 1234 LastLast
Results 31 to 45 of 54
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/110116
  • Share on facebook
  1. #31
    Mayor
    Location
    South Jakarta
    Posts
    3,499
    Power
    26 
    Giro Point
    0
    Online
    1 Mth 6 Days 59 Mins 19 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    hmm..

    4 tahun lalu gw pernah punya masalah yang sama, mitsubishi tua gw overhead trus.
    kalo udah masalah overhead, air dan radiator akan menguras banyak waktu,tenaga, dan uang.
    coba beresin 1 - 1 aja dulu, cek mulai dari tutup radiator, ganti baru yang asli, selang selang radiator yang sudah mulai getas, lanjutan dengan cek termostat dan kipas/fan, dan jangan lupa juga kuras radiator, cek juga water pump.

    kalau mau sekalian turun mesin, mending cari bengkel/ mekanik rekomendasi bos, gak perlu ke dealer, bayar ongkosnya aja, spare part beli sendiri, bila ternyata silinder head sudah bengkok, mending cari yang 2nd, jgn pernah didouble packing heatnya...jamin dengan budget 4 jutaan kondisi mesin akan seperti baru dan sistem pendinginan dimesin tidak pernah bermasalah lagi.

    good luck

  2. #32
    Represented Member
    Location
    Zakarta - Utara
    Posts
    70,079
    Power
    132 
    Giro Point
    0
    Online
    3 Wks 5 Hrs 12 Mins 3 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by ponijan View Post
    Ferio ane jg pernah gitu ganti packing head bersihkan radiator beress dah
    sekarang uda mantap ya bro? wakakkakakakka =p
    VISIT OUR FORUM: JDM PARTS n AIRBBOM:
    http://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?f=112



    NANO TECHNOLOGY with AIRBOOM!!! SAVE your FUEL + IMPROVE your HORSE POWER engine.....


    email: lionel_maulana@yahoo.com

    CP: 08177 44 542 lionel

    INSTAGRAM: @otopartid

  3. #33
    Quote Originally Posted by lionel View Post
    kalo ampe mati total berarti uda overheat banget bro.... mesin otomatis mati sendiri kalo uda sampe overheat banget.....

    pasti ada yang bocor bro.... kalo ga ada yang bocor, ga bakal kering... itu intinya bro.... =)
    biasanya itu terjadi kebocoran di mn yah bos??
    soalnya saya udh mumet nyari g' ktmu2..
    pengaruhny ke mesin untuk sekala panjang ap bos??
    dan solusi yg tepat nya ap yach??

  4. #34
    Sersan Dua
    Posts
    203
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    sekedar share aja..
    city ane pernah gitu juga bos..
    air radiator & di reservoir abis terus..
    pas di chek di bengkel,head ga melengkung,ehh ternyata bloknya KEROPOS!!
    ini disebabkan karna pemakaian RADIATOR COOLANT!!
    mesin honda seri apapun (seri F, D, B maupun N) ga akan kuat pake coolant karna sifatnya mengkikis..
    mending pake air biasa bos..

    sekedar tips juga cara check tanpa harus bongkar :

    1. dalam kondisi mobil dingin, buka tutup radiator tengah, lalu stater mobil..kalo airnya muncrat berarti positif!!
    2. diamkan sampe panas dengan tutup radiator terbuka, saat kipas radiator nyala, coba di gas, air radiator muncrat atau ga..kalo muncrat positif nyebrang / blok keropos..

  5. #35
    Sersan Satu
    Location
    Desa yg banyak bulenya
    Posts
    382
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    3 Hrs 42 Mins 39 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by ponijan View Post
    Ferio ane jg pernah gitu ganti packing head bersihkan radiator beress dah
    Quote Originally Posted by lionel View Post
    sekarang uda mantap ya bro? wakakkakakakka =p
    Iya makin mantab aja apalagi diksh dopingnya si Bro ... Hahahahaaaaaa :eek:

  6. #36
    Kopral Satu
    Posts
    64
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    1 Hr 55 Mins 43 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by robby16 View Post
    hampir sama dengan kasus galant gw bos. cuma waktu itu masalahnya karena kipas radiator jalannya pelan. yang normal cuma kipas ac doang. posisi ac idup, tau2 mesin mati, begitu di idupin asap dari knalpot tebel bener, seperti kebakaran. ternyata berawal dari kipas, rusaknya sampe selang aer pecah, untungnya blok mesin ga melintir ato pecah. dari situ tiap mo berangkat kerja mesti buka kap mesin dulu, ngecek kipas jalan normal apa ngga
    klo kipas radiator jalannya pelan (motor lemah) apa nggak bisa dideteksi dr naiknya indikator temperatur dibanding biasanya bro?
    soalnya ane sih cm deteksi ada yg gak wajar cm dr indikator aja.klo biasanya indikator max naik 1/4 trus tiba2 diatas itu berarti ada apa2...
    mohon pencerahan para suhu...

  7. #37
    Kopral Satu
    Posts
    72
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Smile

    Quote Originally Posted by luk View Post
    PARA SENIOR-SENIOR YANG PUNYA PENGALAMAN AIR RADIATOR HABIS TERUS JADI SETIAP SEMINGGU SEKALI HARUS ISI TERUS, DAN G PUNYA PROBLEM NIH YANG DARI PERTAMA BELI INI MOBIL SAMPE SEKARANG YA GITU AJA TERUS DAN JUGA AIR RADIATORNYA KAYA ADA TANAH LIAT COKLAT2 GITU

    YANG SUDAH G LAKUIN KE BENGKEL :

    1. SUDAH KURAS AIR RADIATOR
    2. SUDAH CUCI RADIATOR 2X
    3. SUDAH CEK SELANG2 NYA TIDAK ADA YANG BOCOR
    4. SUDAH PAKE AIR COOLANT

    YA BEGITU LAH TAPI MASIH TETEP AJA AIR RADIATOR G BERKURANG DAN AGAK COKLAT GITU WALAU MEMANG KALO DI INDIKATOR TIDAK OVER HEAD TAPI DI RUANG MESIN PANAS BENER:mad:


    JADI PARA SOBAT BISA SHARE ATAU PUN BISA KHABARIN BENKEL TERBAIK DAN SOLUSI TERBAIKNYA AGAR PROBLEM SEPERTI INI DAPAT TUNTAS TAS TAS....:smt001

    MOBIL G CITY Z DAERAH RUMAH G DI JAKARTA BARAT NIH
    Coba Check :

    1. water pump dah aus apa belum...?? bocor halus sering terjadi disini.., jangan langsung percaya dengan rekomendasi bengkel untuk turun mesin..., turun mesin hanya dianjurkan untuk mesin yang mengalami totaled (piston, camsaft, seher, dsb...).

    2. jika indikator suhu di dashboard menunjukan normal tapi suhu aslinya melebihi panas NERAKA..atau sebaliknya indikator suhu menunjukan situasi NERAKA tp suhu asli normal >>>> check THERMOSTAT....karena curiga thermostat radiator anda sudah rapuh, thermostat biasa berada didalam jalur air sirkulasi radiator, fungsinya sebagai sensor panas suhu mesin dengan mediasi radiator.

    contoh : pada mobil eropa THERMOSTAT akan mengirimkan sinyal ke sensor pusat mesin apabila suhu mesin mulai mendekati batas toleransi dan mesin dimatikan secara otomatis apabila batas toleransi suhu max telah tercapai.

    3. jangan pakai RADIATOR coolant !!!! karena zat didalamnya berfungsi aktif terhadap metal, dengan kata lain cairan COOLANT akan mengangkat unsur lapisan besi yang sudah karat...dan bila unsur karat tersebut sudah habis, COOLANT akan terus mengikis lapisan besi dibawah karat sebelumnya dan proses ini terus berlanjut terus menerus hingga membuat lapisan metal semakin tipis.

    TIPS : gunakan air mineral untuk mengisi radiator, karena sifat air mineral adalah netral karena sudah di ozonisasi.


    4. Endapan seperti tanah liat bukanlah endapan Oli yang merembes ke radiator, tapi itu adalah unsur karat yang telah larut dengan coolant dan mengendap terus menerus sehingga mengental dan terlihat seperti tanah liat.

    5. Kasus Oli merembes ke radiator kemungkinan sangatlah kecil :
    - bila air masuk kesistem pelumasan..., oli akan menjadi encer dan itu sangat berpengaruh terhadap
    pelumasan piston, dimana jika hal ini berlanjut-batang piston akan keriting dan mesin jadi totaled alias gx
    bisa dihidupkan lagi kecuali turun mesin.

    Contoh : Besi panas 245 derajat celcius (batang piston) kalo disiram air yang suhunya relatif sejuk atau
    dingin...>>> hasilnya anda pasti tau adalah pasti bengkok.

    - bila Oli sudah tercampur dengan air..., maka masalah yang anda hadapi bukan hanya radiator tapi juga
    bakal ada masalah terhadap jeroan mesin.

    Tips : buat check yang satu ini..., lihat kondisi oli melalui sticky indikatornya, pegang olinya dan check apakah tetap normal kental atau makin encer, lakukan hal ini secara periodik untuk mengetahui hasilnya.

    Waspadai : Bila Oli semakin encer dan kuantitasnya Oli terus bertambah melebihi batas full kapasitasnya >> positif oli bercampur dengan air. (SARAN : TURUN MESIN).

    6. Block mesin memiliki Kisi-kisi tertentu dan terpisah satu sama lain dan salah satunya adalah jalur pendingin cair radiator. Jadi kemungkinan untuk rembes ke dalam mesin sangat kecil. apalagi untuk mobil anda yang baru berumur 10 tahunan.


    7. Saran teman-teman yang lain untuk check selang juga patut terapkan.


    PESAN :
    Turun Mesin hanya dianjurkan dalam hal :

    1. sekedar meremajakan mesin dengan cara mengganti jeroan mesin yang lama dengan yang baru.
    2. mesin mengalami totaled


    Semoga Bermanfaat, Terima Kasih.

  8. #38
    Prajurit
    Posts
    1
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by dimasip View Post
    Coba Check :

    1. water pump dah aus apa belum...?? bocor halus sering terjadi disini.., jangan langsung percaya dengan rekomendasi bengkel untuk turun mesin..., turun mesin hanya dianjurkan untuk mesin yang mengalami totaled (piston, camsaft, seher, dsb...).

    2. jika indikator suhu di dashboard menunjukan normal tapi suhu aslinya melebihi panas NERAKA..atau sebaliknya indikator suhu menunjukan situasi NERAKA tp suhu asli normal >>>> check THERMOSTAT....karena curiga thermostat radiator anda sudah rapuh, thermostat biasa berada didalam jalur air sirkulasi radiator, fungsinya sebagai sensor panas suhu mesin dengan mediasi radiator.

    contoh : pada mobil eropa THERMOSTAT akan mengirimkan sinyal ke sensor pusat mesin apabila suhu mesin mulai mendekati batas toleransi dan mesin dimatikan secara otomatis apabila batas toleransi suhu max telah tercapai.

    3. jangan pakai RADIATOR coolant !!!! karena zat didalamnya berfungsi aktif terhadap metal, dengan kata lain cairan COOLANT akan mengangkat unsur lapisan besi yang sudah karat...dan bila unsur karat tersebut sudah habis, COOLANT akan terus mengikis lapisan besi dibawah karat sebelumnya dan proses ini terus berlanjut terus menerus hingga membuat lapisan metal semakin tipis.

    TIPS : gunakan air mineral untuk mengisi radiator, karena sifat air mineral adalah netral karena sudah di ozonisasi.


    4. Endapan seperti tanah liat bukanlah endapan Oli yang merembes ke radiator, tapi itu adalah unsur karat yang telah larut dengan coolant dan mengendap terus menerus sehingga mengental dan terlihat seperti tanah liat.

    5. Kasus Oli merembes ke radiator kemungkinan sangatlah kecil :
    - bila air masuk kesistem pelumasan..., oli akan menjadi encer dan itu sangat berpengaruh terhadap
    pelumasan piston, dimana jika hal ini berlanjut-batang piston akan keriting dan mesin jadi totaled alias gx
    bisa dihidupkan lagi kecuali turun mesin.

    Contoh : Besi panas 245 derajat celcius (batang piston) kalo disiram air yang suhunya relatif sejuk atau
    dingin...>>> hasilnya anda pasti tau adalah pasti bengkok.

    - bila Oli sudah tercampur dengan air..., maka masalah yang anda hadapi bukan hanya radiator tapi juga
    bakal ada masalah terhadap jeroan mesin.

    Tips : buat check yang satu ini..., lihat kondisi oli melalui sticky indikatornya, pegang olinya dan check apakah tetap normal kental atau makin encer, lakukan hal ini secara periodik untuk mengetahui hasilnya.

    Waspadai : Bila Oli semakin encer dan kuantitasnya Oli terus bertambah melebihi batas full kapasitasnya >> positif oli bercampur dengan air. (SARAN : TURUN MESIN).

    6. Block mesin memiliki Kisi-kisi tertentu dan terpisah satu sama lain dan salah satunya adalah jalur pendingin cair radiator. Jadi kemungkinan untuk rembes ke dalam mesin sangat kecil. apalagi untuk mobil anda yang baru berumur 10 tahunan.


    7. Saran teman-teman yang lain untuk check selang juga patut terapkan.


    PESAN :
    Turun Mesin hanya dianjurkan dalam hal :

    1. sekedar meremajakan mesin dengan cara mengganti jeroan mesin yang lama dengan yang baru.
    2. mesin mengalami totaled


    Semoga Bermanfaat, Terima Kasih.

    Kalo kasusnya air masuk ke sistem pelumasan. 'Jeroan Mesin' apa aja yang mesti dganti?? Pencerahannya ditunggu..

  9. #39
    Prajurit
    Posts
    1
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Broder-broder sekalian..gw posisi di lampung.

    Gw pake boil yg udah lumayan berumur (eterna 90), selama ini gw pake gak ada masalah tp kemarin pas gw pake jalan kira-kira 400 km trus gw cek air di tampungan air ternyata berkurang, terus gw tambahin ...eh ternyata banyak juga habisnya ..hampir setengah botol aqua besar. Gw perhatiin di bagian bawah gak ada yg netes..gw cek olinya gak kecampur air..gw cek air di radiator juga gak kecampuran oli. Airnya berkurang kemana ya ?

    Sebelumnya Gw gak pernah otik-atik nih boil, eh tiba-tiba pas gw perhatiin dibagian mesin ternyata ada yg patah. posisinya deket selang radiator ada selang kecilnya 2 buah. Selang tersebut nyambungnya ke throtle, sekalian gw cabut. kok gak ngaruh di mesin ya. Apa fungsinya selang-selang yg kecil kecil itu ?

    Mohon pencerahan dari agan-agan sekalian mengenai kedua hal tersebuti ..makasih.

    salam didik.

  10. #40
    Prajurit
    Posts
    10
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    1 Hr 53 Mins 48 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    jd inget estillo 93' ane, problemnya kurang lebih sama..

    yang seperti itu adalah penyakit2 mobil lama, biasanya umur diatas 10tahun. mulai termakan usia, banyak yang uda waktunya rusak & minta dganti. kalo beres problem yang satu siap2 dateng problem yang lain, biar kata sebagus & se-keren apapun mobilnya, UMUR GA BS DIBOHONGIN. kl saran ane solusi paling aman DIJUAL AJA MOBILNYA BRO.. ^_^ anda bs terhindar dr pengeluaran berlebih untuk bengkel baik untuk yg sekarang atau dimasa yg akan datang & sebaliknya berpotensi mendatangkan profit, jg anda berkesempatan dapet mobil yang lebih baik & layak.

    kalo menurut ane kita beli mobil untuk diambil manfaatnya bukan beli problem..
    kalo problemnya uda terlanjur dateng apalagi kategorinya parah ya dijual aja masbro..

  11. #41
    Kapten
    Location
    http://www.facebook.com/HastaWS
    Posts
    2,963
    Power
    -20 
    Giro Point
    0
    Online
    5 Days 16 Hrs 15 Mins 6 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by khabibi View Post
    jd inget estillo 93' ane, problemnya kurang lebih sama..

    yang seperti itu adalah penyakit2 mobil lama, biasanya umur diatas 10tahun. mulai termakan usia, banyak yang uda waktunya rusak & minta dganti. kalo beres problem yang satu siap2 dateng problem yang lain, biar kata sebagus & se-keren apapun mobilnya, UMUR GA BS DIBOHONGIN. kl saran ane solusi paling aman DIJUAL AJA MOBILNYA BRO.. ^_^ anda bs terhindar dr pengeluaran berlebih untuk bengkel baik untuk yg sekarang atau dimasa yg akan datang & sebaliknya berpotensi mendatangkan profit, jg anda berkesempatan dapet mobil yang lebih baik & layak.

    kalo menurut ane kita beli mobil untuk diambil manfaatnya bukan beli problem..
    kalo problemnya uda terlanjur dateng apalagi kategorinya parah ya dijual aja masbro..
    dengan catatan ada dana buat beli mobil baru tapi banyak kok malah yang cari "bahan" buat dijadiin monster

  12. #42
    Prajurit
    Posts
    10
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    1 Hr 53 Mins 48 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Sekedar share nih..

    untuk urusan air radiator/cadangan radiator abis melulu sebenernya penyakit yang sangat lazim untuk mobil2 yang sudah berumur, sampai seringkali diabaikan orang untuk masalah yang satu ini, paling umum solusinya ya msti rajin2 ngisi air radiator. padahal biang kerok masalah ini bs jadi memang sepele semisal selang rembes atau bocor atau bs jg sangat serius seperti engine block pecah/retak/keropos atau packing head yang udah bocor sampai cairan coolant masuk dlm jeroan mesin bercampur dengan oli dsb.

    kalo kebetulan mengalami problem seperti ini sebelum ke bengkel ada baiknya dilakukan pengecekan2 terlebih dahulu secara mandiri, setidaknya untuk mencari tahu dimana letak masalahnya. biar bagaimanapun biaya perbaikan akan jd lebih ringan kalo langsung ketemu letak kerusakannya bkn dengan cara meraba2, atau bilamana mungkin bs ditangani sendiri tanpa harus ke bengkel.

    1. cek selang radiator, sambungan2 & klem apakah terlihat ada rembesan cairan/bekas rembesan cairan coolant. bila ada bs jd disitu letak kebocorannya. selang radiator tidak hanya ada di bagian depan dan samping mesin tetapi kadangkala ada yang di belakang/bawah mesin seringkali tertutup oleh komponen mesin lainnya semisal manifold, throtle body, dinamo dll, kl terjadi kebocoran didaerah situ seringkali sulit terdeteksi selain karena rembesannya seringkali ga banyak (bocor dikit) begitu cairan keluar langsung menguap tanpa bekas kena panas blok mesin, jd ga keliatan kalo bocor. ganti selang radiator yang sudah terlihat tua, lembek, pecah, sobek dsb dengan yang baru.

    2. cek kondisi tutup radiator.
    - Bukalah tutup radiator mobil
    - Isilah radiator mobil sampai penuh
    - Cabut Selang pada mulut tutup radiator yang mengarah ke tabung radiator
    - Tutup kembali tutup radiatornya
    - Mulai hidupkan mobil anda
    - Mulailah dengan menggas mobil RPM SPEEDOMETER 2000-3000 konstan atau terserah anda
    - Jangan menunggu mesin mobil sampai panas dengan ditandai mulai hidupnya kipas motor radiator
    - Dan lihatlah apakah ada air yang keluar dari mulut radiator yang mengarah ke tabung radiator, kalau ada air yang keluar berarti Tutup radiator mobil anda harus segera di ganti karena seal tutup radiatornya sudah rusak.

    3. cek kipas radiator apakah jalan/tidak apakah jalan tapi on/off nya lama, jalan tapi pelan dsb.

    4. cek oli mesin, kalo warnanya hitam, coklat tua mengkilat seperti lazimnya oli, berarti aman. kalo warnanya abu2, seperti lumpur, atau seperti susu berarti cairan radiator udah bercampur dengan oli, solusinya overhaul mesin, sekalian overhaul minta ganti seal2 & paking yang udah tua seperti seal noken-as, seal kruk-as, seal klep, dan seal paking untuk menghindari bocornya kompresi. Jg jangan lupa sekalian skir klep. Biaya overhaul rata2 1-2jt diluar spare part.

    5. cek Kompresi bocor, kompresi bocor memasuki jalur air sehingga air menyembur, air mengalami panas berlebih. Cara testnya dengan cara menstarter kendaraan dengan tutup radiator terbuka, apabila air menyembur dari mulut radiator, atau sekedar ada lonjakan di air radiator saat distarter, termasuk jg adanya gelembung2 udara yang keluar secara konstan pada air radiator, berarti ada kebocoran kompresi.

    6. cek radiator apakah kondisinya kotor/tidak, radiator yang kotor menyebabkan proses pelepasan panas dari radiator ke udara kurang sempurna sehingga akumulai panas menjadikan temperatur mesin tinggi. jg termasuk dicek jg apakah dibagian itu ada yang bocor atau tidak utamanya pada bekas2 patri/tambalan kalo ada..

    7. kalo dirasa bocornya cairan coolant alus, sulit dilihat coba panteng gas mesin saat panas di rpm tinggi sampai redline dikit gpp, buat cek kebocoran kadang kebocoran baru bs terlihat lebih besar/deras saat tekanan cairan coolant sedang tinggi, rpm tinggi gunanya untuk menaikan tekanan yang dihasilkan waterpump, ditambah panas mesin yang udah hot akan menyebabkan tekanan cairan coolant menjadi extra tinggi. Kalo ada selang radiator/sambungan yang kondisinya udah lapuk & rapuh biasanya akan jebol kena tekanan air, atau kalo ada kebocoran biasanya akan lebih terlihat jelas pada kondisi itu.

    SELAMAT BERJUANG, SEMOGA KETEMU PENYAKIT MOBILNYA DAN LEKAS SEMBUH...

  13. #43
    Brigadir Jendral
    Location
    Kantin DENSUM
    Posts
    13,046
    Power
    77 
    Giro Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Wk 5 Days 1 Hr 27 Mins 43 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by khabibi View Post
    Sekedar share nih..

    untuk urusan air radiator/cadangan radiator abis melulu sebenernya penyakit yang sangat lazim untuk mobil2 yang sudah berumur, sampai seringkali diabaikan orang untuk masalah yang satu ini, paling umum solusinya ya msti rajin2 ngisi air radiator. padahal biang kerok masalah ini bs jadi memang sepele semisal selang rembes atau bocor atau bs jg sangat serius seperti engine block pecah/retak/keropos atau packing head yang udah bocor sampai cairan coolant masuk dlm jeroan mesin bercampur dengan oli dsb.

    kalo kebetulan mengalami problem seperti ini sebelum ke bengkel ada baiknya dilakukan pengecekan2 terlebih dahulu secara mandiri, setidaknya untuk mencari tahu dimana letak masalahnya. biar bagaimanapun biaya perbaikan akan jd lebih ringan kalo langsung ketemu letak kerusakannya bkn dengan cara meraba2, atau bilamana mungkin bs ditangani sendiri tanpa harus ke bengkel.

    1. cek selang radiator, sambungan2 & klem apakah terlihat ada rembesan cairan/bekas rembesan cairan coolant. bila ada bs jd disitu letak kebocorannya. selang radiator tidak hanya ada di bagian depan dan samping mesin tetapi kadangkala ada yang di belakang/bawah mesin seringkali tertutup oleh komponen mesin lainnya semisal manifold, throtle body, dinamo dll, kl terjadi kebocoran didaerah situ seringkali sulit terdeteksi selain karena rembesannya seringkali ga banyak (bocor dikit) begitu cairan keluar langsung menguap tanpa bekas kena panas blok mesin, jd ga keliatan kalo bocor. ganti selang radiator yang sudah terlihat tua, lembek, pecah, sobek dsb dengan yang baru.

    2. cek kondisi tutup radiator.
    - Bukalah tutup radiator mobil
    - Isilah radiator mobil sampai penuh
    - Cabut Selang pada mulut tutup radiator yang mengarah ke tabung radiator
    - Tutup kembali tutup radiatornya
    - Mulai hidupkan mobil anda
    - Mulailah dengan menggas mobil RPM SPEEDOMETER 2000-3000 konstan atau terserah anda
    - Jangan menunggu mesin mobil sampai panas dengan ditandai mulai hidupnya kipas motor radiator
    - Dan lihatlah apakah ada air yang keluar dari mulut radiator yang mengarah ke tabung radiator, kalau ada air yang keluar berarti Tutup radiator mobil anda harus segera di ganti karena seal tutup radiatornya sudah rusak.

    3. cek kipas radiator apakah jalan/tidak apakah jalan tapi on/off nya lama, jalan tapi pelan dsb.

    4. cek oli mesin, kalo warnanya hitam, coklat tua mengkilat seperti lazimnya oli, berarti aman. kalo warnanya abu2, seperti lumpur, atau seperti susu berarti cairan radiator udah bercampur dengan oli, solusinya overhaul mesin, sekalian overhaul minta ganti seal2 & paking yang udah tua seperti seal noken-as, seal kruk-as, seal klep, dan seal paking untuk menghindari bocornya kompresi. Jg jangan lupa sekalian skir klep. Biaya overhaul rata2 1-2jt diluar spare part.

    5. cek Kompresi bocor, kompresi bocor memasuki jalur air sehingga air menyembur, air mengalami panas berlebih. Cara testnya dengan cara menstarter kendaraan dengan tutup radiator terbuka, apabila air menyembur dari mulut radiator, atau sekedar ada lonjakan di air radiator saat distarter, termasuk jg adanya gelembung2 udara yang keluar secara konstan pada air radiator, berarti ada kebocoran kompresi.

    6. cek radiator apakah kondisinya kotor/tidak, radiator yang kotor menyebabkan proses pelepasan panas dari radiator ke udara kurang sempurna sehingga akumulai panas menjadikan temperatur mesin tinggi. jg termasuk dicek jg apakah dibagian itu ada yang bocor atau tidak utamanya pada bekas2 patri/tambalan kalo ada..

    7. kalo dirasa bocornya cairan coolant alus, sulit dilihat coba panteng gas mesin saat panas di rpm tinggi sampai redline dikit gpp, buat cek kebocoran kadang kebocoran baru bs terlihat lebih besar/deras saat tekanan cairan coolant sedang tinggi, rpm tinggi gunanya untuk menaikan tekanan yang dihasilkan waterpump, ditambah panas mesin yang udah hot akan menyebabkan tekanan cairan coolant menjadi extra tinggi. Kalo ada selang radiator/sambungan yang kondisinya udah lapuk & rapuh biasanya akan jebol kena tekanan air, atau kalo ada kebocoran biasanya akan lebih terlihat jelas pada kondisi itu.

    SELAMAT BERJUANG, SEMOGA KETEMU PENYAKIT MOBILNYA DAN LEKAS SEMBUH...
    nice inpoh

    no.5, lonjakan di air saat distarter...maksud pas mesin baru start/nyala, airnya nyembur?
    DENSUM CLASSIC

  14. #44
    Kapten
    Location
    http://www.facebook.com/HastaWS
    Posts
    2,963
    Power
    -20 
    Giro Point
    0
    Online
    5 Days 16 Hrs 15 Mins 6 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by jo2f View Post
    nice inpoh

    no.5, lonjakan di air saat distarter...maksud pas mesin baru start/nyala, airnya nyembur?
    Maksudnya saat mesin baru nyala mungkin..

  15. #45
    Kopral Kepala
    Location
    Libo
    Posts
    129
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    23 Hrs 12 Mins 49 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    yg di maksut dengan block korosi tu seperti apa sih?
    mohon pencerahannya para suhu disini..
    bila perlu dgn gambar block yg korosi biar jelas

 

 
Page 3 of 4 FirstFirst 1234 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTB part xtrail , tabung cadangan air radiator
    By learn to drive in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 24th September 2012, 13:52
  2. account hilang melulu
    By rajin+pandai in forum Saran Kritik & Pertanyaan
    Replies: 5
    Last Post: 11th June 2010, 13:55
  3. Replies: 27
    Last Post: 16th January 2009, 10:00
  4. ngelitik melulu
    By ehem in forum Diskusi Mesin
    Replies: 43
    Last Post: 18th June 2008, 22:07
  5. Help: HU reset melulu
    By Username in forum Diskusi Instalasi
    Replies: 6
    Last Post: 10th October 2005, 15:30
Back to top
Silikon Motorsport