Repair Turbocharger--- When and How---
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 56
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/109329
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    Phone: 08179845168 - Klender Jakarta
    Posts
    2,613
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 23 Hrs 46 Mins 8 Secs

    Repair Turbocharger--- When and How---

    Thread ini sengaja gue buat utk tempat sharing dan berbagi ilmu sesama penggemar modifikasi, pemerhati automotive dan pencinta turbocharger… hehehehe
    Silakan saling bertukar pikiran dan saling ber-sharing deh yaaaa….

    Kapan kita memutuskan utk service turbo?
    Secara prinsip segala sesuatu yang dipakai pasti akan ada umurnya, sama seperti mesin mobil kita, ada istilah service berkala, ganti oli berkala.. Walaupun sebenarnya pilihan utk service atau tidak adalah pilihan si pemilik mobil. Kalau pemilik yang sayang dengan mobilnya, pasti berusaha sebisa mungkin utk mengikuti jadwal service, dengan pertimbangan mobil tetap akan bisa di pakai dalam jangka waktu lama dengan nyaman. Tetapi utk orang lainnya mungkin hanya sebatas pakai aja mobilnya, tunggu sampe rusak baru deh diputuskan bawa ke bengkel utk perbaikan, dan pada saat itu biasanya akan lebih mahal bukan??

    Begitu juga utk turbo. Mau diservice secara berkala boleh, atau mau dipakai sampe rusak baru di service juga boleh, tapi jangan kaget pada saat itu mungkin kerusakan sudah cukup parah, yang kalau dibetulin bisa memakan biaya cukup besar.

    Apa saja sih gejala2 turbo itu mulai rusak?
    1. Kalau menggunakan “boost meter” maka pada saat boost pressure ada penurunan dari biasanya, gejala itu perlu dipertimbangkan utk service turbo sih.
    2. Ada bunyi yang kurang wajar (kurang wajar loh ya, bukan “kurang ajar”)... hehehe
    3. Knalpot mulai berasap
    4. Oli mesin berkurang sedikit demi sedikit
    5. Ada rembesan oli dari turbo sendiri.

    Repair Turbocharger.
    Apa saja yang kita lakukan pada saat me-repair turbocharger.
    1. Analisa kerusakan.
    Hal pertama adalah mendengarkan keluhan dari pemilik Turbocharger. Apakah dilihat dari keseluruhan kondisi mesin, atau pun langsung lihat dari kondisi turbo itu sendiri.
    2. Pembongkaran.
    Diperlukan kehati-hatian, dan pengetahuan yang cukup. Karena bagian2 turbo itu banyak sekali, dari yang berbahan keras, sampai berbahan lunak /rentan. Bahkan ada bagian2 tertentu yang utk nge-bukanya harus di pukul (mukulnya bisa kayak mukulin maling ayam), tapi ya itu, salah pukul pun bisa berakibat fatal (gak mpe masuk penjara sih) tapi bisa berakibat gantiin turbo orang… hehehehe
    3. Pemeriksaan.
    setelah semua terbongkar, baru bisa diperiksa satu per satu bagian2 turbo, dari mulai bushing2, shaft, bearing housing, sampai ke kipas2nya… dan biasanya sebelum diperiksa pun housing turbo di sand blasting dulu. Untuk apa? Supaya kerak2 yang nempel pada turbo rontok. Dan setelah rontok baru lah terlihat jelas bagian2 yang sudah kemakan. Ini juga menjamin kualitas turbo setelah di repair bahwa kondisi benar2 bersih, tidak ada kerak yang tersisa, yang bisa merusak turbo kembali…
    4. Balancing rotor shaft.
    ini adalah proses paling penting dari service turbo. Secara ekstrim, walaupun semua spareparts turbo diganti dengan yang baru, tetapi tetap menggunakan rotor shaft lama yang belum di balancing, kemungkinan besar umur turbo tidak akan lama, akan bocor kembali.
    Prinsip kerja balancing utk turbo kurang lebih sama dengan balancing velg sih, tapi jangan coba bawa turbo ke tukang velg utk minta di balancing, ato bawa velg utk di balancing di mesin balancing turbo sih… hehehehe

    Sekali lagi thread ini adalah utk sekedar sharing aja yaaa, utk menambah ilmu pengetahuan kita masing2… ilmu gue masih jauh dibanding ma pakar2 turbo lain, tapi at least kita kan bisa saling melengkapi… heheheheh
    HYDRAPerformance
    HP: 08179845168
    BB Pin: 26A64B67

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,021
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 8 Hrs 5 Mins 3 Secs
    Location nya bos

    btw congratz .. sukses ya
     

  4. #3
    Kapten
    Location
    Phone: 08179845168 - Klender Jakarta
    Posts
    2,613
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 23 Hrs 46 Mins 8 Secs
    Alamat: Jl. I Gusti Ngurah Rai No.15
    kalo masih di daerah Jkt, kalo mau service bisa di bantu di ambil-antar kok...
    kalo luar kota biasanya pake kiriman paket... hehehehe

    Thx ya bos....
    HYDRAPerformance
    HP: 08179845168
    BB Pin: 26A64B67
     

  5. #4
    Kopral Dua
    Posts
    26
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Mins 31 Secs
    turbo ane blum mpe meler tapi mw di service aj coz wktu belinya 2nd...
    taksiran biayany berapa ya???ane pake turbo garret 4-1...

    thanx..sukses bwt HYDRA
     

  6. #5
    Kapten
    Location
    Phone: 08179845168 - Klender Jakarta
    Posts
    2,613
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 23 Hrs 46 Mins 8 Secs
    Quote Originally Posted by dads_Ek@yahoo.com View Post
    turbo ane blum mpe meler tapi mw di service aj coz wktu belinya 2nd...
    taksiran biayany berapa ya???ane pake turbo garret 4-1...

    thanx..sukses bwt HYDRA
    Kalo beli turbo second mang kayak beli kucing dalem karung kali yaaa..
    Giliran dapet kucing persia, untungnya setengah mati... begitu dapet kucing jalanan yang botak2.. pusing deh, kayak buang2 duit aja yaaa...

    4-1 kayaknya bukan type turbo-nya deh bro...
    Itu nomor yang terdapat di salah satu housing turbonya yaa???
    Kalo bisa di foto kirimin/ attach aja di sini... ato kalo gak langsung kirim juga selalu di terima kok bro... heheheheheh

    Thx...
    HYDRAPerformance
    HP: 08179845168
    BB Pin: 26A64B67
     

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    KELAPA GADING
    Posts
    5,277
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 22 Mins 33 Secs
    maw nanya, di preview atas di sebut turbo ada perawatan rutinnya, nah perawatan turbo itu apa aja sik??

    apakah jenis ball bearing bisa di repair?? jenis2 turbo apa ajah yg gak bisa di repair??


    repair turbo untuk TD 04, CT 09, dan RHB 5 brapa yah??


    tengkyu bwat jawabannya....
    ORIDO AUTOPARTS
    JDM USED PARTS collector
    +6285921334419
    Pin 27AAAE5A
     

  8. #7
    Kapten
    Location
    Phone: 08179845168 - Klender Jakarta
    Posts
    2,613
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 23 Hrs 46 Mins 8 Secs
    Sebenernya bukan perawatan rutin seperti mobil (service berkala gitu kali ya), tapi hanya utk pembanding aja... namanya barang dipake (mobil dipake) pasti ada kemakan-nya dikit2...
    Kalo utk turbo (anggep turbo baru lah ya) yang paling penting hanya tinggal segala sesuatu yang berhubungan dengan oli... Kualitas oli, jumlah oli, tekanan oli... ya at least mendingan ngejaga daripada dah terlanjur rusak kali yaaa...

    Untuk saat ini jenis turbo ball bearing belom bisa di service, karenanya juga sekarang dah mulai susah barangnya, denger2 sih ya di luar pun sudah mulai balik lagi, gak pake ball bearing lagi... mungkin karena gak bisa di repairnya itu kali yaaa...

    Utk biaya service tergantung kerusakan juga, tapi anggep aja kalo td04 kalo service, ganti repair kit baru, balancing, sand blasting, harga 2jt-an deh...
    Ya itu asal selama hanya ganti kit sih yaaa... kalo mpe kena parts laen pasti bisa lebih mahal, itu kembali lagi ke point tadi itu, kalo berkala service, ganti kit+balancing, mudah2an gak mpe kena ke yang laen2 kali yaaa...

    Thx...
    HYDRAPerformance
    HP: 08179845168
    BB Pin: 26A64B67
     

  9. #8
    Kapten
    Location
    selatan dari jakarta [AE92society]
    Posts
    2,445
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 4 Hrs 31 Mins 54 Secs
    turbo ballbearing emang ga ada repair kitnya bozz..

    kl sampe rusak ya mesti ganti catridge..
     

  10. #9
    Kapten
    Location
    Phone: 08179845168 - Klender Jakarta
    Posts
    2,613
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 23 Hrs 46 Mins 8 Secs
    Butuuuullll... Padahal turbo bagus tuh yaaa... Andai gue bisa me-repair turbo ball bearing...
    dah bolak balik coba utk repair masih blom berhasil trus sih... huhuhuuuuu
    Sampe rugi brp ball bearing tuh waktu itu... tapi namanya usaha, kalo gak gitu kan gak ketawan tuh yaaa... hehehehehe

    Mending turbo convensional, tapi di hybrid kali yaaaa... hehehehe
    HYDRAPerformance
    HP: 08179845168
    BB Pin: 26A64B67
     

  11. #10
    Kopral Dua
    Posts
    26
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Mins 31 Secs
    Quote Originally Posted by Hydra Performance View Post
    Kalo beli turbo second mang kayak beli kucing dalem karung kali yaaa..
    Giliran dapet kucing persia, untungnya setengah mati... begitu dapet kucing jalanan yang botak2.. pusing deh, kayak buang2 duit aja yaaa...

    4-1 kayaknya bukan type turbo-nya deh bro...
    Itu nomor yang terdapat di salah satu housing turbonya yaa???
    Kalo bisa di foto kirimin/ attach aja di sini... ato kalo gak langsung kirim juga selalu di terima kok bro... heheheheheh

    Thx...
    owh bozzz...kayaknya garret TDo4 deh..hehe..tapi,klo baru dinyalain aja ada semprotan cairan dari knalpot selnjutnya ga ada...hehe..
     

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Venom 300x250 Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. autoGlow body repair n dent repair..
    By adiprasangga in forum Jual Beli Barang Mobil Lain-Lainnya
    Replies: 3
    Last Post: 14th April 2012, 21:19
  2. Cari Turbocharger
    By goibsakti in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 14
    Last Post: 13th June 2010, 20:13
  3. wtb turbocharger e46
    By altec in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 1st August 2008, 07:52
Back to top