WTA ttg NOS
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15
Thread: WTA ttg NOS
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/10878
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Kolonel
    Location
    JAKSEL
    Posts
    6,139
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 10 Hrs 46 Mins 25 Secs

    WTA ttg NOS

    tolong dong minta penjelasan sederhana teknis ttg NOS...

    cara kerjanya gmn?buat mesin standar aman ga?kl kita pencet tombol dia nyemprot brp lama?dll...

    thanks...

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Satu
    Posts
    427
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 9 Hrs 29 Mins 51 Secs
    prinsip kerjanya sama kyk doping.
    NOS tuh gas Nitrous yang kandungan oksigennya lebih banyak dari udara biasa.

    Cara kerjanya:
    -Tombol NOS ditekan
    -gas nitrous dari botol kecampur ama bensin
    -masuk ke ruang pembakaran lewat intake
    -menghasilkan ledakan yang lebih bertenaga.

    Bisa nambahin HP 50++, Berbahaya kalo dipakai berturut- turut. Bisa mengakibatkan kerusakan mesin kalo part-part dalem mesin tidak kuat.

  4. #3
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    nitrous... atau bekennya dari N2O ini sering disamakan dengan NOS atau nitrous oxide system. sebetulnya NOS adalah merk nitrous buatan Holley Motor Company...

    nitrous ini, apapun merknya prinsip kerjanya sama. nitrous yg mengandung N2O ini kondang di ajang balap terutama drag race n tuning di modifikasi mesin.

    cara kerjanya, nitrous yg berbentuk cair dalam tabung bertekanan ini cepet menguap di tekanan atmosphere. senyawa ini yg masuk ke combustion chamber ini pecah menjadi 2 unsur yaitu nitrogen dan oxygen... kadar oxygen di senyawa nitrous oxide ini melebihi 1/2 kadar oxygen di udara. bercampurnya oxygen ini dengan senyawa hidrokarbon yg selalu terdapat di bahan bakar seperti bensin, solar maupun alkohol ini menghasilkan tekanan kompresi yg ngedongkrak tenaga mesin dlm waktu instan selama nitrous ini masih berada di chamber... peranan nitrogen disini adalah sebagai pendingin... kompresi n output tenaga yg instan ini bakal menghasilkan panas yg meningkat instan juga... struktur diatomik nitogen di N2 ini sangat stabil sehingga boost besar pun memungkinkan...

    penggunaan purge valve yg sering dikatakan ''keren'' ini sebetulnya ada gunanya... purge valve ini fungsi utamanya sebagai alat pembuang angin di saluran. sehingga nitrous langsung berada di selenoid.

    tipe pemasangannya ada beragam

    1. wet system
    pemasangan diantara manifold n throttle body. atau single nozzle di saluran intake. pemasangan ini mencampurkan nitrous dan bahan bakar di nozzle sehingga dinamakan wet system... pemasangan ini relatif paling simple n settingan lebih mudah.

    2. dry system
    pemasangan ini membutuhkan extra injektor buat bahan bakar... pemansangan nozzle di saluran intake. nitrous akan bercampur dengan bensin di extra injektor ini, lalu kemudian bercampur lagi dengan injektor bahan bakar, baru masuk ke chamber. pemasangan n settingan lebih rumit karena setting air-fuel ratio lebih susah. carnya bisa dengan mengakali MAF sensor. nozzle ini biasanya diset dlm sudut 90 derajad.

    3. direct port system
    pemasangan yg paling rumit. ini membutukan pengeboran di manifold. pemsaangan yg langsung ke intake port mesin. prinsipnya mirip dengan wet system. cm nozzle yg bercampur bahan bakar+nitrous ini disalurkan secara mandiri ke tiap cylinder. ada lagi jenis direct system yg multi-point. ini menghasilkan tenaga paling besar. nitrous disalurkan memalui 1 nozzle utk 1 cylinder. ini juga memungkinkan pemasangan selenoid yg lebih besar.

    masuknya nitous ini via selenoid n fogger.. jenisnya pun beragam.

    pemakaian nitrous identik dengan kecepatan instan n tenaga instan. banyak yg terjadi di mesin utk menghasilkan ini. salah satu yg perlu diketahui, penambahan tenaga ini selain jg identik sama panas, identik juga dengan kenaikkan kompresi. kenaikkan kompresi ini yg bnisa mengakibatkan mesin berumur pendek.

    buat mobil n/a
    kompresi yg udah tinggi disarankan utk tidak memasang nitrous dengan settingan yg tinggi. ini sangat fatal buat mesin. hanya settingan rendah yg dianjurkan buat keawetan mesin di jangka panjang.

    buat mobil forced-induction
    baik turbo maupun supercharged. pemasangan nitrous juga harus diperhitungkan secara teliti sebagai mana hanya mesin n/a. walaupun mesin forced-induction udah berkompresi rendah, disaat boost masuk, kompresi naek drastis. ini menghasilkan lonjakan tenga yg besar. disaat kompresi tinggi oleh boost, pemakaian nitrous bisa fatal klo gak disertai timing, setting yg tepat. boost yg tinngi oleh turbo/supercharger, ditambah nitrous bisa berakibat komponen mobil rusak. mulai dari head, valves. sampe piston, conrod bahkan sampe crankcase klo extreme... ada juga yang sampai retaknya blok dikarenakan mesin gak bisa menahan lonjakan kompresi dan panas yg dihasilkan nitrous.

    pemasangan nitrous, apapun tipe n merknya. harus dipasang di orang yg mengerti dan ahli.

    merk terkenal seperti pencetus nitrous, NOS. sampe NX express, VENOM n merk laen2nya udh menbuat sytem nitrous... VENOM merupakan salah satu merk termahal disini. ini dikarenakan udah dilengkapi dengan modul utk mengatur settingan nitrousnya

  5. #4
    Letnan Dua
    Location
    straped tightly in a cefiro
    Posts
    1,442
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Mins 46 Secs
    wah lengkap banget fiz... seperti kamus berjalan.. thehehhee keren penjelasannya...

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    JAKSEL
    Posts
    6,139
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 10 Hrs 46 Mins 25 Secs
    waw thanks bgt ya buat penjelasan yg sangat komplit dan mudah dimengerti...
    pertanyaan berikutnya:
    - pasang NOS ini harus "merusak/merubah" komponen orisinil mesin ga?
    - kl buat bongkar pasang lebih efektif & efisien ga?

  7. #6
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,598
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 3 Days 17 Hrs 6 Mins 27 Secs
    Quote Originally Posted by yudhasatriaw
    waw thanks bgt ya buat penjelasan yg sangat komplit dan mudah dimengerti...
    pertanyaan berikutnya:
    - pasang NOS ini harus "merusak/merubah" komponen orisinil mesin ga?
    - kl buat bongkar pasang lebih efektif & efisien ga?
    setau gw nos musti ganti piston, klep dll deh supaya tahan lama, jadi klo pake nosnya lamaan lebih kuat.

    klo std semua ga bisa lama2.

  8. #7
    Kolonel
    Location
    Jakarta
    Posts
    9,782
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 12 Hrs 18 Mins 12 Secs
    yudah : byrin tuh nos gw...hehee

  9. #8
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by yudhasatriaw
    waw thanks bgt ya buat penjelasan yg sangat komplit dan mudah dimengerti...
    pertanyaan berikutnya:
    - pasang NOS ini harus "merusak/merubah" komponen orisinil mesin ga?
    - kl buat bongkar pasang lebih efektif & efisien ga?
    +50dk buat stock internal... tergantung kapasitas jg sih..

    bongkar pasang maksudnya apa??

  10. #9
    Letnan Kolonel
    Location
    JAKSEL
    Posts
    6,139
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 10 Hrs 46 Mins 25 Secs
    bongkar pasang, maksudnya misalnya org yg idealis thdp modif JDM gue rasa sungkan utk pake NOS, tp beda hal utk konsep balapan. jadi utk balapan NOS dipake, tp kl kontes NOS ga dipake... bongkar pasang gitu...

  11. #10
    Mayor
    Location
    JAKARTA...
    Posts
    3,154
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 2 Hrs 51 Mins 44 Secs
    Kalo pake Tabung Oxigen bisa ga ya?..

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Back to top