Waspada Membeli Mobil ( BMW ) Bekas Umur diatas 5 tahun , Mewah , Murah , Sih...TAPI

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 242 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 2411
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/104554
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Dua
    Posts
    1,268
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 17 Mins 36 Secs

    Exclamation Waspada Membeli Mobil ( BMW ) Bekas Umur diatas 5 tahun , Mewah , Murah , Sih...TAPI

    Sekitar sebulan ini gw hunting mobil BMW 2nd, targetnya seri 5 tahun '92-'96 (E34 Mesin M50B20). Pada pandangan pertama, BMW Seri 5 ini sangat menggiurkan, tongkrongan mobil mewah yang sangat kental, fitur lengkap, dan interior yang nyaman dan yang paling penting yaitu harga pasarannya pun cukup rendah, 30 jutaan untuk tahun 92-an dan 50 jutaan untuk tahun 95. Harga pasaran bekasnya lebih murah dari kijang!

    Hunting pun dimulai. Berhubung saya di Bandung, iklan mobil saya dapat dari iklan di koran P.R (Pikiran-rakyat). Iklan pertama yang saya datangi adalah BMW 520i tahun 93, warna merah maroon. Pas liat barangnya, eksterior, interior tampaknya masih OK, untuk mobil seharga 37,5jt rupiah.

    Gw jadi nyesel "Wah kenapa gak dari dulu yah ganti BMW, cuma 37,5 jt....seharga pasaran mobil kijang super '91 saya. Tapi kan BMW lebih nyaman dan gengsi PASTINYA"

    Tapi tunggu dulu...pas liat kolongnya , kok ada oli netes dari blok mesin. Baru inget kalau BMW 520i M50 ini 6 inline 6 (silinder segaris) , tapi mobil yang saya liat ini kok getaran ketika langsam, halusnya tidak jauh dengan mesin 4 silinder....Padahal mesin 6 silinder ketika langsam harusnya sangat halus nyaris tidak bergetar.

    "Hmmm jadi mikir-mikir lagi nih...."

    Oli menetes dari blok mesin bagian atas (silinder head) pertanda minimal packing silinder headnya sudah rusak...

    Getaran kasar ketika langsam salah satunya bisa disebabkan karena kompresi antara silinder sudah tidak seragam, ada yang sudah lemah. Istilah langsam(RPM 800) bergetar hebat buat Mesin Inline 6 itu mesinnya terlihat goyang karena getaran. Tandanya udah ada yang nggak normal, soalnya inline 6 normalnya pas langsam nyaris tak bergetar....

    Dan saya liat ujung saluran kenalpot saya colek dengan tangan cukup banyak sisa karbon yang menempel di tangan saya, untuk mobil karburator mungkin masih normal, tapi buat ukuran mesin teknologi Injeksi ini pertanda ada yang nggak beres di sistemnya.

    Wew...pertanda harus turun mesin itu sih. Liat di forum-forum otomotif, turun mesin BMW untuk mesin tipe ini biaya berkisar 5-20 juta tergantung kerusakan. Wah mau ngirit beli mobil murah bisa jadi boros buat biaya service....Batal deh beli mobil mewah 2nd yang dulu harga barunya USD 40.000(440 juta rupiah), males ah ngebener-benerin cari yang lain aja ah yang udah bagus. Yah kalau lagi beruntung biaya ngebenerin cuma beberapa juta, tapi kalau lagi buntung sampe kena belasan juta rupiah males juga.

    Nah Berhubung di Bandung yang jual mobil 2nd BMW seri 5 jarang , jadilah kemudian gw hunting BMW Seri 3 juga. Kondisi Seri 3 ternyata lebih parah, harga pasaran BMW seri 3 untuk tahun yang sama lebih tinggi untuk tahun 1992 sekitar 45 jutaan, tahun 95 60 jutaan, tahun 98 75 jutaan. Lebih parah kenapa? harga jual tinggi tidak menjamin kondisi barang bagus, hari ini saya mendatangi penjual yang hendak menjual mobil Seri 3 320i nya dengan harga 62 juta, TAPI, dengan kondisi oli menetes dan langsam bergetar parah untuk ukuran mesin inline 6. Lebih baik beli 520i yang 37,5 jt dong, rusaknya sama tapi murah he he....Ada juga sih yang mesinnya bagus 320i '95, tapi kemahalan ah, bodinya udah banyak goresan sana-sini, ada totol totol kayak ketumpahan cat segala, mintanya 65 juta, saya tawar 50 juta tidak dikasih, yah terserah yang jual aja lah, kalau harga segitu sih gw nggak mau beli.

    Pasti seneng kan kalau bisa beli mobil 2nd dengan harga relatif murah tapi KM rendah atau masih sangat rendah. Tapi kalau nggak bukti otentik ada Service Record dari bengkel resmi, KM rendah itu cuma rekaman angka yang tidak berarti. KM tinggi sebenarnya tidak masalah, tapi itu berarti butuh tambahan biaya untuk servis.

    Survey dari kondisi mobil, gambaran kasar keadaan mobil berdasarkan KM kira-kira:

    50-100ribu= Mobil masih bagus banget, interior hampir ada cacat. Mesin masih halus nyaris tak bergetar.

    100-200ribu=Interior masih bagus tapi kalau diperjhatikan lebih detail terlihat bekas aus dipake di sana-sini. Mesin mulai bergetar kasar dan biasanya butuh service besar.

    Biar yakin aslinya udah berapa KM gampang sih, musti keluar duit emang, general checkup aja di Bengkel Resmi BMW, nanti ketahuan kondisi mobil sebenarnya kayak apa. Relatif murah kok cuma 500 ribu tapi kita bisa tahu persis BMW yang akan kita beli BMW atau besi tua yang ada logo BMW alias "Bahan".

    Sampai saat ini masih hunting, belum nemu yang pas di hati dan juga pas di kantong soalnya he he.....

    Moral of the story : Membeli mobil bekas menyenangkan, terutama mobil mewah yang dulu harga barunya tidak terjangkau oleh gw. TAPI jangan sekedar tergiur oleh tongkrongannya yang mewah soalnya kalau salah pilih bisa-bisa lebih biaya servis mendekati atau lebih mahal dari harga mobilnya sendiri. Terutama kalau Beli BMW jangan cari yang murah, tapi cari yang bagus syukur-syukur dapet murah he he....

    Update:

    Katalog harga spare parts ori BMW : http://bmwfans.info/parts/catalog/

    Toko online yang jual spare parts KW BMW: http://www.pelicanparts.com/bmw/index.htm

    Perbandingan BBM : http://www.fueleconomy.gov/feg/findacar.htm

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kopral Kepala
    Location
    betawi
    Posts
    157
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    pertama dan S E T U J U

    bos, bantu up

  4. #3
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,555
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 13 Hrs 45 Mins 14 Secs
    Kayanya beli semua mobil 2nd harus berhati2 deh Bro gak cuma BMW aja yg perlu hati2... Tapi karena kebetulan saja pada umumnya BMW itu mobilnya pasti lebih advanced (bagian elektroniknya) dibandingkan mobil2 yang lainnya pada tahun yang sama.

    Cth yg paling diketahui oleh banyak org :
    Pd tahun 1993 - 1994 BMW di Indonesia sdh mengeluarkan Vanos engine, sedangkan pada mobil - mobil keluaran Jepang itu baru dikeluarkan sekitar tahun 2002, yah kalau menurut saya sih of course biaya perbaikan juga lebih tinggi... yah teknologinya juga lebih advance kok.

    But... above of all... ini cm pendapat gue, Happy hunting Bro... semoga dapet mobil yg Mak Nyosss...

  5. #4
    Kopral Kepala
    Posts
    140
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 5 Days 13 Hrs 37 Mins 28 Secs

    Angry

    Hehehe...jadi tergeliltik untuk nyeritain pengalam pribadi pula. Beberapa bulan yang lalu gw juga hunting mobil BMW khususnya 318i. Selama ini yang gw denger kalo BMW itu ngerongrong dan rewel dan ini ada bener ada engga-nya...singkat cerita setelah beberapa minggu puter2 Jakarta dan bolak balik poskota sabtu dan minggu akhirnya ada iklan yang menarik perhatian gw.."Dijual BMW E36 th 91" wah gw pikir perlu di cek nii apalagi diiklannya dia bilang BMW-nya matic. Singkat kata trus gw bersama istri meluncur ke tempat si penjual (kebetulan mobil ini memang buat bini berhubung mobil sebelomnya di jual ...) di daerah pondok gede. Awalnya rada ga percaya juga kalo yang jual BMW kok rumahnya di gang (sorry bukannya meremehkan yang tinggal di Gang tapi rada aneh aja gitu) dah ketemu rumahnya diintiplah dari luar garasi...wah keliatannya bodynya mulus dan bini langsung naksir. Trus ketemu ama yang jualnya ...pas di test starter kok rada susah ...hmmm tapi waktu itu masih berbaik sangka mungkin aki-nya gw pikir..

    Setelah berhasil di start akhirnya tuh mobil idup juga ...suara mesin halus... untuk interior yaaa lumayan lah mengingat mobil tahun 92-an ...ada perlu dilengkapi sana sini. Waktu itu kita ga bisa test drive berhubung gang jalan ke rumahnya lagi di betulin jadi mobil ga bisa keluar. Berhubung istri udah suka dan gw yang sebelomnya ga ada pengalaman dengan BMW akhirnya terjadilah tawar menawar...sehingga harga yang disepakati adalah 40 Jt dengan catatan bahwa radiator bocor dan yang ganti adalah kita (yang jual bilang bisa radiator dia yang ganti asal harga 42 jt dan gw pikir daripada gw kasih 42 jt tapi gue ga tau tuh radiator dia service apa engga mending gue yang ganti aja). Akhir kata terjadilah deal dan si penjual berjanji mengantar mobil ke kantor bini setelah proses pembayaran selesai.

    Keesokan harinya sesuai dengan kesepakatan gw transfer duit pembayaran mobil BMW itu setelah itu si penjual nganter tuh mobil ke tempat bini. Di tempat bini si penjual bilang lagi kalo radiator harus segera diganti dan istri gw meng-iyakan saja. Pas pulang kantor gw tinggal mobil gw di kantor dan bermaksud pulang bareng bini dengan mobil BMW-nya... baru kurang lebih 200m gigi berpindah dengan kasar diikuti dengan indikator seperti gambar bunga menyala, waduh gw pikir langusung gw telpon tuh yang jual trus dia bilang "oohh itu ga apa2 pak...hanya indikatior saja ...kalo ga nyala malah tarikanya ga enak" gue yang sebelumnya ga pernah punya pengalaman dengan hal ginian manut aja walaupun sedikit bertanya-tanya perasaan selama ini gue pake mobil eropa dengan logo bintang ga pernah kaya gini. Akhirnya kita jalan terus dan pas di tanjakan rada berasa tenaga berkurang trus gw pikir ...gpp deh nanti gw cek di bengkel transmisi....baru sekitar 500m kemudian temperatur naek...mentok...weleh2 apalagi ini dalam pikirian gue... trus gw kepinggir dan bener aja ternyata radiator bocor ...dan ga seperti mobil yang berlogo bintang ternyata untuk BMW itu untuk ngisi airnya harus dibunag dulu anginnya...weleh2..

    Singkat cerita selama perjalanan pulang (btw rumah kita di bogor) kita harus berenti 5 kali untuk ngisi air radiator (sempet beli aqua t\bolot yang literan sebanyak 6 botol untuk cadangan air )). Nah besoknya mobil gw bawa ke tempat sodara gw yang kebetulan jg pernah 15 tahun kerja di astra dan ini yang dia dapetin :
    - Radiator harus ganti baru = 2,5 jt
    - Transmisi harus overhaul = 7 jt an (ECU maticnya pernah diservice tapi ga tuntas jadi menambah parah kerusakan)
    - Selang2 air harus diganti semua
    - Ada beberapa bagian body part dan komponen mesin yang diakalin ...jadi harus dibalikin ke original (pedal gas diiket dengan cable ties )
    - tidak ada satupun lampu indikator yang nyala ...kecuali lampu dashboard

    Di samping itu banyak lagi part yang harus diganti dan usut punya usut rupanya si pemilik sebelumnya itu hanya mampu untuk beli BMW saja tapi tidak mampu untuk memeliharanya dan hal ini bisa dilihat dari cara dia memperbaiki sesuatu...banyak yang diakalin ...pake montir kampung ...

    Gw dag abis banyak untuk mobil itu ...mungkin bisa untuk beli satu mobil lagi...tapi berhubung istri udah suka yaa begimana lagi... satu hal yang gw akui dari BMW tarikan bawahnya enak banget ..bahkan mobil gw satunya yang berlogo bintang aja kalah renponsif dari BMW

    OK jadi kesimpulannya, BMW ga rewel kok asal kita mampu ngerawatnya atau dirawat dengan benar trus untuk beli mobil bekas apapun itu sebaiknya memang diamati dengan seksama ...jangan cuman tergiur tongkrongannya saja dan yang paling penting sediakan budget untuk perbaikan....namanya juga mobil bekas...ato kalo bisa beli mobil yang ada maintenance record-nya..seengaknya kita tau mana2 aja yang udah diperbaiki.

    aduuhhh cape nulisnya ...gitu dulu dah
    -

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    depok selataaaan
    Posts
    5,987
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 2 Days 21 Hrs 5 Mins 43 Secs
    bagus om infonya
    hehe

  7. #6
    Letnan Dua
    Posts
    1,147
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 4 Days 14 Hrs 57 Secs
    bener tu asal mampu ngerawatnya,bae2 aj pastu mblnya.

  8. #7
    Sersan Kepala
    Posts
    620
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Hrs 48 Mins 4 Secs
    memang kalo beli mobil seken sih musti bener2 jeli bos,
    khan kita ga tau history pemakai sebelumnya..

  9. #8
    Letnan Satu
    Location
    jateng jatim
    Posts
    1,775
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Mths 6 Days 7 Hrs 9 Mins 30 Secs
    yap.. bener kok bos.. mobil eropa kaya gituan kalo dirawat dgn baik pasti akan tetap prima..

    org2 yg punya mobil busuk gituan mungkin hanya maksain utk bli, ngejar gengsi sehingga lupa diri dan merasa tidak perlu merawat mobilnya..
    yang susah kalo mobilnya dijual dan dia sendiri ga sadar bahwa kondisi mobilnya udah ga karuan.. malahan kita dibilang ga taw ttg mobil dsb.. gitulah..
    kalo mobilnya bagus harganya mahal seharusnya wajar, tapi kalo mobilnya mawut harga mahal, ini yang menjijikkan..hehehe..

    pada intinya, berburu mobkas kalo kita mau sabar pasti dikasi yg terbaik koq bro.. jangan terpancing emosi waktu membelinya.. kadang tongkrongan luar oke,dalemnya udah ancur..

    happy hunting ya bro..

  10. #9
    Kapten
    Location
    jakarta,jogja,cilacap bolak balik
    Posts
    2,642
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 5 Days 23 Hrs 40 Mins 41 Secs
    untung gw make BMW ga pernah masalah dari dulu

    E36 punya ampe 2x,E46 ampe 4x(sisa 1 sekarang),E90 sekali,uda dijual pula

    kalo ngerawatnya bner si BMW tu cuma bawel di kaki kaki aja,soalnya keras suspensinya.

  11. #10
    Sersan Dua
    Location
    jakarta
    Posts
    234
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Yup, bmw nyaman kok, dan value for money nya bagus banget. th 2007 saya beli 523i e39 manual, mulus cuma 77,5 jt, km 97 rb. interior Mb tech bagus, cat mulus ori, semua berfungsi kecuali airbag, ganti sensornya 700 rb satu biji.

    dah itu selama setahun gak pernah ganti onderdil. kebutalan yg punya sebelumnya ngerti mobil dan ngerawat, jadi dpt bagus.

    Trus saya kasih premium selama setahun, mulai deh masalah, mobil ngempos. Benerin ganti ini itu habis 5,5 jt sama jasa. Tapi untuk ukuran 523 thn 97 itu servis mah murah, mobilnya enak banget cuma boros dan mesti di kasih minum pertamax minimal,

    jangan kapok bos nyari bmw cuma mesti hati-hati, cari mobil dari yg ngerti mesin dan ngerawat mobil aja, cherrs.

 

 
Page 1 of 242 12345 ... LastLast
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 5 users browsing this thread. (0 members and 5 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 41
    Last Post: 10th March 2014, 13:20
  2. WTA - Tips membeli mobil bekas tahun lawas
    By Irsyadfp in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 31
    Last Post: 11th May 2012, 09:43
  3. Replies: 10
    Last Post: 24th June 2011, 15:42
  4. Replies: 1589
    Last Post: 24th January 2010, 20:18
Back to top