mau share nih bos...

skalian bantu dompet kluarga ato pribadi..wkwkwkwk..

gw udh melakukan ini sejak kelas 3 sma,,naek holden sehari-hari..hasilnya?

SANGAT MEMUASKAN... (1:4 >> 1:6) dalkot premium 50% lebih irit



rules no.1

perpindahan gigi pada torsi ideal

rata-rata mobil memiliki torsi ideal di kisaran 1500-2500..aturlah perpindahan gigi di range ini..manual dan matik..jika terlalu tinggi akan membuat bensin terbuang cepat dan bila terlalu rendah,akan menyebabkan laju mesin berat sehingga membutuhkan injekan gas lebih dalam,selain itu juga dapat membuat girboks dan mesin cepet rusak..diusahakan untuk selalu menginjak gas dengan lembut dan konstan..

penemuan menyebutkan, berkendara pada kecepatan 60km/h pada gigi 3 dan gigi 5 konsumsi bbm jauh berbeda..pada kecepatan tersebut (konstan) gigi 5 menghemat hingga 35% bbm..


rules no.2

manfaatkan momentum kendaraan

ketika kendaraan diharuskan mengerem, dalam hal ini bukan pengereman mendadak. misal kita sudah melihat kendaraan depan mengerem atau berhenti dari jauh. akan lebih baik jika:

1.mengangkat gas perlahan..
2.mulai injak rem perlahan, tekan sedikit demi sedikit..
3. bila diharuskan berhenti, tekan rem pelan-pelan hingga mobil benar-benar berhenti
4. salah satu kegunaan 2 step pertama adalah, jika ternyata kita tak perlu untuk berhenti total, maka kita telah memanfaatkan momentum kendaraan. kita tak perlu menginjak gas dari awal lagi/ dalam untuk meraih kecepatan yang diinginkan.

rules no.3

tekanan angin ban itu krusial

selain faktor keselamatan, tekanan angin juga mempunyai peran besar pada konsumsi bbm..selalu mengecek angin tiap minggu untuk mengetahui tekanannya. langkah ini juga membantu mengecek bila terdapat bocor halus..untuk tipe pengemudi yang mengemudi rata-rata maksimum 60km/h, bisa mengisi tekanan angin hingga 34 psi..normalnya 32..akan membuat gesekan terhadap aspal berkurang,,sehingga mobil lebih enteng melaju..

rules no.4

perhatikan bobot muatan kendaraan

setiap penambahan 20kg, akan meningkatkan konsumsi bbm sebesar 1% (data from IDDC -indonesian defensive driving center-)

faktor-faktor lainnya tentu diperhatikan seperti memilih kondisi jalan dan kemacetan..

try and enjoy..thanks..