[SEJARAH] Lalu-lintas Indonesia.

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 22
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/102600
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Satu
    Location
    29,92 hpa
    Posts
    1,808
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 17 Hrs 56 Mins 42 Secs

    [SEJARAH] Lalu-lintas Indonesia.

    1. Mengapa Nomor Polisi Jakarta itu di kode dengan Huruf “B”?

    Penggunaan tanda nomor kendaraan bermotor di Indonesia, terutama di Jawa, merupakan warisan sejak zaman Hindia Belanda, yang menggunakan kode wilayah berdasarkan pembagian wilayah karesidenan. Awalnya tidak ada orang Indonesia yang memiliki mobil. Dan biasanya orang-orang Indonesia yang kaya adalah orang yang tinggal disekitar pelabuhan, mereka biasanya adalah saudagar nasional dan internasional, yang kedua adalah orang-orang yg menjadi juragan perkebunan, sebagai “ndoro” perkebunan tidak heran bila uang mereka banyak. Sampailah saatnya orang kaya pertama di Indonesia memiliki mobil, dan orang pertama tersebut adalah orang Banten (pelabuhan) maka mobilnya di beri kode “A”. diikuti nomor. nantinya bila ada orang Banten yg punya mobil tinggal nomornya saja yg diberi nomor urutannya, tetapi kode awalnya tetap “A”. Selanjutnya orang Batavia (betawi, pelabuhan) yang membeli mobil, sesuai urutan abjad, maka mobil orang ini oleh pemerintah Belanda di beri kode “B” diikuti nomor .., selanjutnya semua mobil duta dan consul diberi kode C yg saat ini menjadi CD. Kemudian seorang “ndoro” perkebunan di Bandung membeli mobil maka di kode “D”, orang kaya Cirebon (pelabuhan) juga kemudian beli, maka “E”, orang kaya Bogor (perkebunan) juga beli, maka “F”, orang kaya Pekalongan (pengusaha kain) kemudian beli, maka “G”, orang kaya Semarang (pelabuhan) juga beli mobil, maka nomor polisinya “H”. dst…

    Kira-kira apa yang kita pikir tentang Huruf “Z” (Tasik) dan kota-kota yg sudah tidak kebagian abjat alphabet tunggal? seperti AA (Kedu), AB (Jogya). Apakah mereka adalah orang-orang kaya belakangan? belum tentu karena “Z” untuk Tasik adalah hasil modifikasi kepolisian belakangan ini. termasuk “W” untuk Jombang yg sebelumnya menggunakan “L” juga, sama dengan Surabaya. Tetapi sebagian besar memang menggambarkan urutan orang-orang yg “berhasil kaya” di Indonesia.

    2. Mengapa Jembatan2 jalan raya buatan Belanda, tahan lama?

    Sebenarnya konstruksinya hampir biasa-biasa saja, tetapi Belanda merancang jembatan, bagaimana mobil yg akan melaluinya bisa pelan-pelan. Maka jalan masuk jembatan dan keluar jembatan itu harus dibuat menikung, bila perlu malah menikung tajam 90 derajat agar kendaraan mau-tidak mau mengerem kendaraannya. Alhasil mereka masuk ke jembatan dengan pelan-pelan, keluar jembatan pun mereka pelan-pelan karena jalan masih menikung. Akhirnya jembatanpun menjadi awet. Bahkan ada yg tahan 100 tahun lebih. Bandingkan dengan jembatan-jembatan buatan setelah itu.

    3. Mengapa Jarak antar kota di Jawa rata-rata 60 km?

    Perhatikan: Jakarta - Bogor 60 km, Bogor - Sukabumi 60 km , Sukabumi - Cianjur 60 km, Cianjur - Bogor 60 km, Cianjur - Bandung 60 km, Bandung - Garut 60 km, Garut - Tasik 60 km, Rangkasbitung - Banten 60 km dst. (atau sekitar 60 an lah.he..he.. peace.). Mengapa 60 km? Karena Pemerintah Belanda saat itu merancang jarak kota, juga mempunyai peri-kehewanan, yaitu memikirkan kuda. Kuda standard itu setelah berjalan 60 km perlu istirahat besar (beda dengan kuda modif, ), yaitu makan dan minum dan istirahat cukup. Nah untuk bisa minum dan makan, sebaiknya ditempat itu sudah ada daerah yg dihuni manusia, sehingga biasanya ada sumur, ladang, lapangan, alun-alun sehingga tersedia air dan rerumputan yg bisa disabit untuk si kuda.:cool::cool:

    4. Mengapa mobil tanpa hidung / moncong dibuat..:confused::confused:

    Mobil dengan hidung (bagian mesinnya didepan), sebenarnya lebih nyaman dan lebih aman dari pada mobil tanpa hidung (bagian mesinnya dibawah jok pengemudi), mengapa? kedua jenis mobil ini, dengan kecepatan yang sama bila terjadi tabrakan frontal maka tingkat melukainya thdp pengemudi akan lebih parah yg tanpa hidung, dan biasanya menggencet si pengemudi. Berbeda dengan mobil yg punya moncong. Sebagian dari sedan Honda bahkan telah didesign mengurangi impact orang yang ditabrak juga. Mobil-mobil berhidung zaman dulu umumnya bumpernya full besi, sehingga orang yang tertabrak saat kecepatan diatas 45 km/jam bisa meninggal. Pada saat pemerintahan Jepang masih berkuasa di Indonesia, banyak orang Indonesia yang mengemudikan kendaraan mengantuk, hal ini banyak menimbulkan kecelakaan. Mobil menabrak rumah, pohon bahkan menabrak orang yg sedang berjalan di tepi jalan. Disinyalir penyebabnya adalah suasana kabin yang cukup senyap, nyaman, tidak panas, karena mesinnya didepan, ditambah lagi pada saat itu si pengemudi banyak yang kekurangan gizi yg berakibat saat mengemudikan kendaraan sering mengantuk, maklum zaman penjajahan, kebutuhan gizi amatlah kurang. Para petinggi Indonesia saat itu akhirnya mengusulkan kepada pemerintahan Jepang agar mendesain mobil yang tidak mudah membuat ngantuk, yaitu yang tidak nyaman, taruh saja mesinnya dibawah pengemudi. Para engineer Jepang terheran-heran dengan usulan ini. Tapi rancangannya tetap diselesaikan. Jadilah saat itu mobil dengan mesin di bawah pengemudi, agar berisik, tidak nyaman, dan yg “hot” lagi adalah di bawah pengemudi ada pemanas. jadi deh supirnya pada melek. Kalau masih ada yang mengantuk ya memang bawaan bayi kali ya. Juga sang supir mikir terus “mobil ini tidak ada moncongnya kalau nabrak aku bisa gepeng” (qodar ya.), setidaknya ini membuat mereka terjaga saat mengemudi.

    Saat ini banyak sekali mobil tanpa moncong berkeliaran di jalan raya, bahkan bisa dikatakan juga mobil rakyat.



    Ijo2nya gan..dah lama nih!!

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor
    Location
    J-Town
    Posts
    3,690
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Hrs 2 Mins 22 Secs
    nice info....

  4. #3
    ID Ini Dicurigai Melakukan Penipuan di http://modifika.si/586663
    Location
    Unknown
    Posts
    28,627
    Power
    134 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 4 Hrs 39 Mins 17 Secs
    nice inpo gan

  5. #4
    Letnan Kolonel
    Location
    [A Salvo] Auto Community || Soshified
    Posts
    5,216
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 46 Mins 56 Secs
    oh begitu toh...nice inpo bos

  6. #5
    Letnan Satu
    Location
    magelank,sala3,bali,now at karawaci
    Posts
    1,816
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    gw ngakak abis abis baca sejarah mobil tanpa mncong.....hahahahahahaha

    nice bro!!!hehehe

  7. #6
    Letnan Dua
    Location
    next to gaia, earth goddess
    Posts
    1,269
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 49 Mins 11 Secs
    emang deh, nothing more oppressing than between the native oppressor it self.

    yah itu buktinya pemerintahan lokal yang bikin mesin kolong

  8. #7
    Jendral
    Location
    Bandung
    Posts
    47,828
    Power
    153 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 15 Hrs 58 Mins 14 Secs
    wah nice story.......

  9. #8
    Honoured Member
    Location
    dirumah....tidur...sendiri...
    Posts
    5,828
    Power
    62 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 18 Hrs 55 Mins 25 Secs
    nice post boz..

  10. #9
    Brigadir Jendral
    Location
    West Jakz
    Posts
    12,185
    Power
    140 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 32 Mins 58 Secs
    wah nice info..jd tau deh skrg

  11. #10
    Jendral
    Location
    B-A-T-I-K city
    Posts
    31,547
    Power
    158 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 12 Hrs 25 Mins 21 Secs
    thanks inponya bos

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Sejarah Mitsubishi Galant di Indonesia
    By Complex in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 1171
    Last Post: 27th April 2017, 16:35
  2. Sejarah Mitsubishi Lancer di Indonesia
    By Complex in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 73
    Last Post: 22nd July 2014, 17:40
  3. Replies: 30
    Last Post: 20th February 2014, 15:06
  4. Parkir Lawan Arus Dekat Lampu Lalu Lintas Lagi
    By Rear_Disc in forum Automotive
    Replies: 6
    Last Post: 20th February 2014, 10:30
  5. Replies: 194
    Last Post: 19th October 2010, 08:52
Back to top