[share] Fungsi Busi dan masalah terkait [share]
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 8 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 74
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/101882
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Dua
    Location
    next to gaia, earth goddess
    Posts
    1,269
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 49 Mins 11 Secs

    [share] Fungsi Busi dan masalah terkait [share]

    sebelumnya ini thread yang pernah gw bikin di tetangga sebelah
    nih acuan wa ambil dan translate dari webnya ngk.com
    mohon dimaafkan kalo ada kesalahan

    mari dimulai,

    Pencerahan Tentang Fungsi Busi

    Busi adalah salah satu komponen penting dalam mesin.
    Bimbingan ini menjadi acuan bagi para teknisi, pehobi, atau mekanik balap dalam memahami, menggunakan, dan masalah busi. Informasi yang di dalam acuan ini dapat dijadikan sebagai patokan bagi semua tipe busi mesin empat langkah (internal combustion)
    Busi adalah “jendela” didalam mesin yang dapat digunakan untuk mencari informasi diagnostic keadaan ruang bakar (baca:AFR). Sebuah contoh termometer dokter yang digunakan untuk mengukur panas pasien, keadaan busi memperlihatkan gejala atau anomali kondisi dalam ruang bakar. Para tuner spesialist bisa membaca gejala ini sebagai pencarian sumber masalah yang biasa disebabkan oleh perbandingan udara dan bensin, percepatan percikan, carbon deposit,kualitas bensin (baca: octane)

    Spoiler for fungsi busi: Show
    FUNGSI AWAL BUSI: Busi mempunyai 2 fungsi utama :

    • Membakar campuran udara dan bensin
    • Mentransfer panas dari hasil pembakaran sesudah ke sebelum

    Busi mengalirkan energy listrik dan mengubah bahan bakar menjadi energy. Asupan sumber listrik harus cukup dari sistem pengapian untuk memercikan listrik antara gap busi (baca:katoda+anoda). Percikan tersebut disebut “Kinerja Pengapian Busi”
    Temperatur ujung busi harus terjaga pada suhu serendah mungkin untuk mencegah “Pre-ignition”(biasa disebut:ngelitik) tapi setinggi mungkin untuk mencegah “Fouling”(biasa disebut:miss ignite/fire) . Temperatur tersebut disebut “Kinerja Suhu Busi”.
    Perlu di ingat busi berkerja sebagai penukar panas dengan membuang panas berlebih keluar dari ruang bakar dan mentransfer panas energy ke sistem pendingin mesin. Kisaran panas dapat diukur melalui kemampuan busi untuk membuang panas
    Tingkat kemampuan busi mentransfer panas dapat dilihat melalui:
    • Panjang insulator busi
    • Volume gas sekitar insulator
    • Bahan elektroda ( tip busi “iridium,platinum,chopper,dll”) dan insulator porselen (kualitas bahan keramik)

    Kisaran panas busi tidak berkaitan dengan aliran tegangan listrik dari coil menuju busi. Tetapi, kisaran panas diukur melalui kemampuan busi untuk membuang panas berlebih dari ruang bakar. Tingkat kisaran panas dipengaruhi oleh beberapa faktor;
    - panjang insulator porselen dan kemampuannya untuk menyerap dan mentransfer panas ruang bakar
    - bahan insulator porselen dan bahan elektroda “iridium,platinum,chopper,dll”


    Spoiler for gambar kisaran suhu ujung busi: Show

    Berikut adalah gambar dari pengukuran tingkat panas dan aliran panas dari busi NGK

    Panjang insulator adalah jarak dari ujung elektroda (baca: firing tip) ke dasar insulator. Karena ujung elektroda adalah bagian terpanas busi biasanya disinilah tempat masalah terjadinya (Pre-Ignition) & (Fouling). Dimanapun busi digunakan baik di kapal,mobil,motor,bajak tanah,dll, ujung busi harus konstan berada pada suhu antara 500C – 850C. Jika ujung busi bertemperatur kurang dari 500C, insulator yang mengelilingi elektroda dimungkinkan tidak cukup panas untuk membakar carbon dan deposit dalam ruang bakar mengakibatkan penumpukan deposit dapat membuat (Fouling) yang nantinya berakibat pada (Miss Fire). Jika ujung busi lebih panas dari 850C maka busi akan overheated yang berakibat rusaknya insulator lebih-lebih melelehkan elektroda, hal tersebut akan mengakibatkan (Pre-ignition / Detonasi) dan merusakkan mesin. Tiap busi dengan kode identik tertentu mempunyai kisaran toleransi buang panas antara 70C hingga 100C di dalam ruang bakar. Perubahan gap busi akan menaikkan atau menurunkan suhu antara 10C hingga 20C



    Kondisi ujung busi dan keadaannya


    Ada tiga macam kriteria diagnostic dasar untuk busi : baik, terlalu dingin, terlalu panas. Batas antara suhu yang optimal dimana kondisi tersebut mempunyai karakteristik “cleansing”. Temperatur pada titik tersebut akan membakar tumpukan carbon dan deposit.

    Perlu di ingat bahwa panjang insulator akan menentukan factor kisaran panas busi, semakin panjang insulator semakin banyak panas yang diserap kemudian panas tersebut akan menjalar melalui “water jacket” dan silinder head. Busi panas menyimpan panas yang tinggi bekerja membakar oli dan carbon deposit di dalam ruang bakar dan tidak berhubungan dengan kualitas percikan atau percepatan percikan.

    Sebaliknya busi dingin mempunyai insulator pendek dan menyerap sedikit panas dari ruang bakar. Panas tersebut menjalar jarak pendek, dan membuat kinerja busi pada suhu rendah. Kisaran suhu rendah sangat dibutuhkan jika mesin mengalami modifikasi untuk performa tinggi, menderek beban berat, atau putaran mesin tinggi pada waktu yang lama. Busi dingin membuang panas dengan cepat, mengurangi potensi (Pre-ignition / detonasi).


    Spoiler for faktor internal dan eksternal masalah busi: Show

    Dibawah ini adalah daftar faktor yang mempengaruhi kisaran suhu busi. Indikasi atau kondisi ini mungkin dapat mempengaruhi kisaran suhu busi.
    Campuran udara/bensin berpengaruh serius terhadap performa mesin dan kisaran suhu optimal busi.
    •Campuran udara/bensin yang banyak (baca: rich mixture) membuat suhu di
    ujung busi turun dan mungkin dapat mengakibatkan fouling (miss ignite/fire)
    •Campuran udara/bensin yang sedikit (baca: lean mixture) membuat suhu di
    ujung busi tinggi, dapat mengakibatkan Pre-ignition / detonasi
    •Sangat penting untuk membaca anomali busi pada saat tuning mesin untuk
    mendapatkan hasil campuran udara/bensin yang optimal

    Rasio kompresi tinggi / forced induction juga membuat kisaran suhu busi dan temperatur ruang bakar menjadi naik
    •Kompresi tinggi dapat diperoleh dengan metode sebagai berikut:
    a)mengurangi volume ruang bakar (e.g.: piston jenong, kubah silinder head
    lebih kecil, slip head, dll)
    b)menambahkan forced induction (e.g.: NOS, Turbocharger, Supercharger)
    c)penggantian noken as (baca: camshaft)
    •Saat kompresi menjadi tinggi diperlukan busi dingin, bensin octane tinggi, dan
    perhatian khusus kepada timing pengapian dan campuran
    udara/bensin .

    Memajukan timing pengapian
    •Dengan mempercepat timing pengapian tiap -/+ 10 derajat dapat meningkatkan
    suhu kisaran pada busi 70 sampai 100 derajat celcius

    Perputaran mesin dan Beban
    •Peningkatan kisaran suhu ujung busi dapat terjadi sesuai dengan perputaran mesin dan beban berat. Saat berpergian dengan putaran mesin tinggi atau membawa beban berat, standarisasi busi dingin sangat disarankan
    Suhu temperatur sekeliling
    • Saat temperatur turun (udara dingin), kepadatan air di udara meninggi merubah rasio bensin membuat campuran menjadi banyak (baca: rich mixture)
    hal ini menyebabkan penurunan suhu mesin dan suhu kisaran ujung busi. Jadi aliran bensin harus diperkecil.
    • Saat temperatur naik(udara panas), kepadatan air di udara menurun sejalan dengan kurangnya kepadatan di intake, oleh karena itu aliran bensin harus diperbanyak
    Kelembaban
    • Campuran udara/bensin sebaiknya diset sedikit, tergantung keadaan udara sekitar.


    Barometric pressure/ Ketinggian
    •Mempengaruhi suhu kisaran ujung busi
    •Semakin tinggi geografis, semakin rendah kompresi mesin. Saat temperatur
    silinder turun begitu juga temperatur pada suhu kisaran ujung busi
    •Banyak mekanik mencoba “mengejar” (baca: mengakali) tuning dengan
    mengganti busi dengan busi panas
    •Cara lainnya adalah dengan menyetel campuran udara/bensin dengan menghambat aliran udara menuju ke mesin


    Spoiler for tipe pembakaran tidak normal: Show

    Tipe pembakaran yang tidak normal
    Pre-ignition , adalah penyalaan campuran udara/bensin sebelum titik koordinat toleransi penyalaan
    •Disebabkan oleh adanya titik panas pada ruang bakar… juga disebabkan (dipicu) terlalu majunya timing pengapian, busi terlalu panas, bensin octane rendah, campuran udara/bensin sedikit, kompresi terlalu tinggi atau gagalnya sistem pendinginan mesin dengan menaikkan octane, memasang busi dingin, perbanyak campuran bensin dapat mengatasi masalah tersebut
    •Dapat memundurkan timing pengapian dan mengecek sistem pendinginan mesin
    •Pre-ignition akan mengarah pada detonasi; pre-ignition dan detonasi adalah dua kejadian berbeda




    Detonasi , lebih banyak disebabkan oleh titik panas di ruang bakar. titik panas akan menyebabkan campuran udara/besin menyala sebelum waktunya. Pada saat piston bergerak keatas digerakkan oleh stang piston (connecting rod) tiba-tiba ledakan campuran udara/bensin akan memaksa piston turun kebawah. Jika piston tidak bisa naik keatas ( karena ada tekanan balik penyalaan udara/bensin premature) dan tidak bisa turun (karena ada putaran stang piston keatas), piston akan bergetar. Alhasil ketukan besi keras di dalam mesin terdengar. Inilah Detonasi.
    •Musuh utama busi selain Fouling
    •Dapat merusak insulator dan elektroda
    •Pre-igniton akan mengarah menuju detonasi
    •Bagian mesin mendapat kerusakan terparah saat “detonasi” dari suhu yang terlalu panas
    •Busi dapat rusak baik oleh terlalu tinggi atau rendahnya temperature dan detonasi
    Misfire , busi bisa juga dikatakan mis fire/ignite (tidak memercik) apabila tegangan coil tidak terkirim sempurna untuk membakar campuran udara/bensin di ruang bakar pada saat yang tepat titik mati atas/ TMA (baca: top dead center)
    •Busi dapat mengirim percikan lemah (atau tidak sama sekali) yang disebabkan oleh banyak hal…. Coil lemah, kompresi terlalu tinggi dengan setelan gap yang salah, busi basah atau terlalu kering, timing pengapian yang tidak sesuai, dll
    •Sedikit misfire dapat menyebabkan hilangnya tenaga mesin
    •Mesin menjadi boros, kurang tenaga, lebih-lebih merusak mesin


    Fouling , terjadi apabila kisaran suhu ujung busi tidak mampu membakar carbon deposit, oli didalam ruang bakar
    •Busi basah harus segera diganti
    •Busi kering bisa digunakan selama masih bisa dibersihkan
    •Sebelum mengganti busi berindikasi “Fouled” pastikan untuk memperbaikin sumber penyebabnya


    cendol kayaknya boleh tuh yang punya , ama om mod kalo bisa di sticky dong. hehehe
    Regards, kikosky

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    next to gaia, earth goddess
    Posts
    1,269
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 49 Mins 11 Secs
    RESERVED FOR EDITING

    btw general lee copas dari gw,

    thanks

  4. #3
    Sersan Mayor
    Location
    Gresik - Tg. Perak - Palangkaraya
    Posts
    779
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 57 Mins 10 Secs
    Sama dgn yg pernah ditulis oleh General Lee, ini link-nya http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=75280

  5. #4
    Letnan Dua
    Location
    next to gaia, earth goddess
    Posts
    1,269
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 49 Mins 11 Secs
    penting banget yah ??, kalo mau kopas monggo

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    bogor
    Posts
    6,691
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 38 Mins 44 Secs
    Quote Originally Posted by kikosky View Post
    iya itu punya gw, makanya nih orang diem-diem ngembat punya gw gak ngasih sumbernya lagi

    kalo di forum bokep setidaknya mereka ngasih info awal, "THANKS TO THE ORIGIN POSTER"

    walaupun tidak menyebutkan nama tapi yang jelas bukan kreasi si pengcopi
    ikut berduka atas pembajakannya..

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Gresik - Tg. Perak - Palangkaraya
    Posts
    779
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 57 Mins 10 Secs
    He he he, keknya tdk ada maksud bajak membajak. Sekedar sharing ilmu yg didapat dari mana aja.

    Gak pa pa lah, yg penting member newbie kek gw dikit2 nambah ilmu dari sini.

    Cheeeers....... gw kasih cendol deh

  8. #7
    Letnan Dua
    Location
    next to gaia, earth goddess
    Posts
    1,269
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 49 Mins 11 Secs
    Quote Originally Posted by yudha sby View Post
    He he he, keknya tdk ada maksud bajak membajak. Sekedar sharing ilmu yg didapat dari mana aja.

    Gak pa pa lah, yg penting member newbie kek gw dikit2 nambah ilmu dari sini.

    Cheeeers....... gw kasih cendol deh
    thanks bro

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    bogor
    Posts
    6,691
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 38 Mins 44 Secs
    Quote Originally Posted by kikosky View Post
    beh, cari aja ilmu yang kayak gw, gw yakin enggak ada. dan emang ini pembajakan

    tapi berhubung dah kasus lama, gw pikir yasudah lah kasus nenek moyang ngapain gw urusin hehehehe

    btw thank's good reputationnya
    sabar y boss.........btw thanks sharing ilmunya...

  10. #9
    Kopral Kepala
    Posts
    147
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    54 Secs
    Quote Originally Posted by kikosky View Post
    iya itu punya gw, makanya nih orang diem-diem ngembat punya gw gak ngasih sumbernya lagi

    kalo di forum bokep setidaknya mereka ngasih info awal, "THANKS TO THE ORIGIN POSTER"

    walaupun tidak menyebutkan nama tapi yang jelas bukan kreasi si pengcopi
    Quote Originally Posted by kikosky View Post
    beh, cari aja ilmu yang kayak gw, gw yakin enggak ada. dan emang ini pembajakan

    tapi berhubung dah kasus lama, gw pikir yasudah lah kasus nenek moyang ngapain gw urusin hehehehe

    btw thank's good reputationnya

    gak bermaksud offense sih bos, kalo sharing dan ga diakuin sebagai karyanya dia sih ga masalah....
    emang kalo nulis sumbernya lebih baik...

    tapi kalo ilmu ini bener2 dari bro, bukannya ini ada di website NGK yah ?

    http://www.ngksparkplugs.com/tech_support/spark_plugs/index.asp?mode=nml
    http://www.ngksparkplugs.com/tech_support/spark_plugs/p2.asp?mode=nml
    dst... ada 5 page

    ato mirip dengan :

    http://www.ngksparkplugs.com/techinfo/spark_plugs/techtips.asp
    http://www.ngksparkplugs.com/techinf...000&country=US
    dst... ada 5 page

    cuman emang bahasa inggris sih perlu effort untuk nerjemahin....

    Skalian ada FAQ nya nih : http://www.ngksparkplugs.com/techinf...200&country=US

    ama ada info lagi di sini http://www.ngk.com/sparkplug411.asp?kw=Bridging&mfid=1

    anyway gua ga bermaksud bertengkar ato cari2 masalah, toh bos kikosky juga ga mempermasalahkan....
    thanks udah sharing....

    gua traktir ente cendol deh - peace -

    regards,
    agus

  11. #10
    Brigadir Jendral
    Location
    buncit-jakarta
    Posts
    11,714
    Power
    65 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 15 Hrs 47 Mins 49 Secs
    mau nanya..

    gw kan pake busi iridium,denso..

    sistem karbu..

    dlu bensin selalu kebanyakan,,jadi ujung busi item basah..skrg ganti spuyer kecil,,skalian biar irit..tapi ujung busi kering banget,,warna agak abu....

    knp2 ato gpp? thx...

 

 
Page 1 of 8 12345 ... LastLast
GT Radial Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Volvo Clinic (ayo yang punya masalah share disini ya)
    By Volvo turbo in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 400
    Last Post: 27th May 2015, 18:12
  2. [SHARE] MASALAH ECU.
    By HB.Car.Computer in forum Diskusi Mesin
    Replies: 454
    Last Post: 28th June 2013, 22:30
  3. Replies: 68
    Last Post: 4th May 2013, 03:33
  4. Replies: 158
    Last Post: 5th February 2010, 14:36
Back to top